Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats 10 Persen Warga Minahasa Belum Kantongi e-KTP - Fajar Manado

10 Persen Warga Minahasa Belum Kantongi e-KTP

10 Persen Warga Minahasa Belum Kantongi e-KTP
Kepala Disdukcapil Minahasa, Drs Riviva Maringka MSi
Tondano, Fajarmanado.com — Kendati berbagai cara dan kemudahan telah dilakukan, namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa masih belum berhasil menuntaskan perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-El).

Data yang diperoleh dari Kantor Disdukcapil Minahasa, terkuak masih ada sekitar 10 persen dari jumlah penduduk Minahasa wajib mengatongi identitas diri yang dikenal dengan sebutan  e-KTP ini, belum juga melakukan perekaman.

“Perekaman yang kami lakukan sudah di angka 90 persen. Dan kami akan terus bekerja mengerahkan semua sumber daya yang ada supaya semua warga Minahasa melakukan perekaman KTP-el,” ujar Kadis Dukcapil Minahasa, Drs Riviva Maringka, MSi kepada Fajarmanado.com di Tondano, Selasa (3/7/2018).

Maringka memastikan bahwa instansi yang dipimpinnya terus berusaha memberikan yang terbaik dalam hal melayani masyarakat. Tidak ada pembedaan kategori pelayanan bagi masyarakat yang miskin dan yang kaya.

Baca Juga :  KNPI Kritisi Kinerja Bapem Perda DPRD Minahasa

“Semuanya kami berikan kesempatan yang sama dalam pelayanan. Tidak ada pandang bulu bagi semua lapisan masyarakat. Apalagi dalam mengurus semua administrasi kependudukan. Catat, semuanya tidak dipungut biaya alias gratis,” jelasnya.

Pelayanan yang diberikan Disdukcapil juga tidak mengenal waktu. Sekalipun jam kantor telah selesai, jika kasih ada yang mengantri maka pelayanan tetap dibuka.

“Kami tetap akan memberikan pelayanan untuk perekaman sampai seluruh pemohon mendapatkan pelayanan tanpa mengenal waktu sekalipun larut malam,” tegas Maringka.

Dalam menuntaskan perekaman data e-KTP,  Disdukcapil Minahasa tidak mengenai hari libur kerja. Libur hanya diberlakukan bagi pegawainya apabila hari ibadah.

Bahkan, tak terhitung lagi instansi teknis di bidang kependudukan ini melakukan mobile pelayanan perekaman data sampai ke kecamatan-kecamatan dan desa kelurahan.

Baca Juga :  Hebat..! Ditata Dalam APBD-P 2018, Ini Besaran Dana Duka di Minahasa

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Royke Mewoh kepada sejumlah wartawan mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan peninjauan di Kantor Disdukcapil Minahasa terkait pelayanan yang diberikan.

“Saya telah meninjau kinerja Disdukcapil, dan memang pelayanan yang seperti itulah yang diharapakan. Mudah-mudahan semua masyarakat yang belum memiliki e-KTP akan segera melakukan perekaman,” singkatnya.

Mewoh mengingatkan, e-KTP wajib dikatongi oleh segenap warga negara Indonesia, termasuk masyarakat Minahasa yang berusia 17 tahun ke atas dan atau mereka yang sudah menikah.

“KTP elektronik ini menjadi syarat utama dalam pengurusan berkas untuk keperluan masyarakat. Ya, termasuk mereka yang memperoleh bantuan sosial dari pemerintah,” ujar Mewoh, yang juga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kaban PMD) Provinsi Sulut ini.

Penulis : Fiser Wakulu

Editor    : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan