Akhirnya, Ijazah SMA 2016 Sudah Ada

Langowan, Fajarmanado.com – Ini kabar gembira bagi ribuan siswa SMA yang lulus tahun 2015/2016. Tak kurang empat bulan menunggu, akhirnya ijazah kelulusan kini sudah bisa dijemput di sekolah.

“Ijazah sudah ada. Sekarang tim penulisan ijazah sedang melakukan tugas mereka,” kata Kepsek SMA Negeri 1 Langowan, Drs Herie Pajow dan Kepsek SMA Negeri 1 Kawangkoan Dra Dezy Moniung, MPd, Senin (19/9).

Ditemui terpisah, Pajow dan Moniung senada menyatakan bahwa penulisan nama-nama siswa yang lulus pada ijazah butuh kehati-hatian karena Kemendiknas tidak memberikan blangko ijazah cadangan yang cukup pada setiap sekolah.

“Tim penulisan ijazah kami sedang melakukan tugas. Agar tidak keliru atau ada yang terlewatkan saya sudah sarankan untuk ditulis berdasarkan abjad, mulai dari nama-nama yang berawalan huruf A,” jelas Moniung saat dihubungi di Kawangkoan.

Penjelasan senada, juga disampaikan Pajow. Namun, saat ditemui di Langowan, tadi siang, dia mengatakan siswa yang sudah sangat membutuhkan ijazah mereka bisa datang langsung di sekolah.

Para siswa SMA dan sederajat tamatan tahun 2015/2016, yang diumumkan akhir April lalu, belum mendapatkan langsung ijazah mereka. Tak heran, ketika acara penamatan yang rata-rata digelar awal Mei silam, penyerahan ijazah hanya berupa simbolis.

Ketika mendaftar dan melanjutkan studi di perguruan tinggi, mereka hanya berbekal Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dari sekolah bersangkutan. Begitu pun, yang melamar pekerjaan, terutama para lulusan dari sekolah kejuruan.

“Saat ini, kalau memang sudah perlu, silahkan datang mengambil langsung di sekolah. Karena ijazah, sebaiknya harus diambil siswa yang lulus masing-masing, jangan diwakilkan. Kecuali orang tua atau wali sah yang tercatat dalam administrasi sekolah,” jelas Pajow.

(den/ely)