Wagub SK-IvanSa Tabur Bunga di Makam AJS

Kawangkoan, Fajarmanado.com – Ziarah ke makam para mantan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) mewarnai rangkaian acara HUT Provinsi Sulut ke-52, 23 September 2016 ini.

Tak heran, Wakil Gubernur (Wagub) Drs Steven Kandouw datang di kawasan Objek Wisata Relegi Bukit Kasih Kanonang, Selasa (20/9).

Namun, SK, sapaan politisi PDI Perjuangan yang datang didampingi Wabup Ivan Sarundajang (IvanSa) ini tidak datang untuk melihat pesona wisata alam Bukit Kasih tetapi memimpin ziarah di makam mantan Gubernur Drs Adolf Joke Sondakh (AJS), yang berada di bagian timur kawasan objek wisata di Desa Kanonang Dua, Kecamatan Kawangkoan Barat ini.

Sebelum Wagub tiba sekitar pukul 11.00 Wita, Wabup IvanSa sudah menunggu di atas bukit di mana makam AJS. Di sana, juga sudah lebih dulu muncul Ny. Sientje Sondakh-Mandey, isteri almarhum yang mantan anggota DPD RI dan Inggried Sondakh, anggota DPRD Sulut, yang juga anak kandung almarhum.

Setelah mendengar laporan, Wagub langsung dijemput IvanSa, Sekdakab Jefry Korengkeng dan keluarga almarhum AJS, yang mantan Ketua DPD I Golkar Sulut ini. Mereka pun menuju makam, yang dihiasi taman bunga di sekelilingnya.

Usai memberikan penghormatan, Wagub meletakkan karangan bunga, kemudian menabur bunga di atas makan, diikuti Wabup IvanSa. Suasana tampak hening. Tak terdengar suara orang bercakap-cakap. Sementara raut wajah SK dan IvanSa tampak sedih, sebagaimana keluarga almarhum yang berbaris berdiri di sisi barat makam mantan gubernur AJS.

Telihat hadir pula pada ziarah tersebut, antara lain, Asisten I Drs Jhon Palandung, Kadis Diknas Sulut Drs Gammy Kawatu dan Kadis Perhubungan Sulut Drs Joi Oroh.

Sementara dari Kabupaten Minahasa, juga tampak Kadis Perdagangan Minahasa Ir Dolfie Kasenda, Kadis Sosial Drs Royke Kaloh, Kaban BP4K Ir Suban Torar, Kabag Umum Drs Jhon Tendean,MM, Kasatpol PP Minahasa Meidie Rengkuan,SH MAP, Sekcam Kawangkoan Barat Heppy Lumintang, SH, Danramil Kawangkoan Tompaso, Kaposek Kawangkoan Iptu Darta Bambang Daipaha, para Lurah dan Hukum Tua se Kecamatan Kawangkoan Raya.

(den)