Hore..! DPD RI Setuju 7 DOB Sulut Masuk Prolegnas

Jakarta, Fajarmanado.com – Ini kabar gembira bagi tujuh wilayah calon Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Semuanya kita dorong bersama untuk dimasukkan dalam Prolegnas atau Program Legislasi Nasional,” kata Ketua Tim Kerja DOB Komite I DPD RI Wilayah Timur I, Benny Rhamdani.

Rhamdani mengatakan hal itu  ketika membacakan laporan pada Rapat Kerja Konsolidasi Nasional Pembentukan DOB di Gedung Nusantara V DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10).

Ke tujuh DOB Sulut yang dibacakan itu, yakni, Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR), Provinsi Nusa Utara, Kota Langowan, Kota Tahuna, Kabupaten Sangihe Selatan, Kabupaten Minahasa Tengah (Minteng) dan Kabupaten Minahasa Barat (Minbar).

Sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pemekaran daerah akan ditindaklanjuti dengan pembuatan Peraturan Pemerintah (PP) tentang desain besar tata ruang dan PP tentang pemekaran/pembentukan daerah.

“Nama-nama yang dibacakan tadi akan kita dorong masuk dalam Prolegnas,” ujar senator asal Sulut ini, yang sotak disambut tepuk tangan peserta dan pengunjung.

Rapat Kerja DPD RI bersama Kemendagri tersebut mengundang semua kepala daerah pengusul DOB. Usai pembacaan nama-nama DOB dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara DPD RI dengan pemerintah daerah pengusul.

Ketua Komite I DPD RI Drs H Akhmad Muqowan menegaskan, undangan bagi kepala daerah pengusul tidak dapat diwakili karena akan menjadi kredit poin terhadap keseriusan mereka menunjukkan komitmen untuk memekarkan daerah yang diusulkan.

“Sebetulnya ada beberapa daerah yang sudah masuk dalam pembahasan tapi kepala daerahnya, Bupati atau walikotanya tidak pernah nongol sehingga memunculkan keraguan kami melanjutkannya,” ungkannya kepada Fajarmando.com di depan Gedung Nusantara V, sebelum acara.

Menurut Muqowan, pihaknya berkomitmen kuat untuk memperjuangkan pemekaran daerah. “Jadi kepala-kepala daerahnya harus komitmen juga dong. Mari hadir dan kita deklarasikan (DOB) secara nasional,” pintanya.

Sementara tampak hadir dari jajaran Pemprov Sulut Asisten I John Palandung dan Ketua Komisi I DPRD Novie Mewengkang.  Juga tampak Bupati Talaud Sri Wahyuni.

Sedangkan Minahasa, yang mengusulkan tiga DOB tampak hanya diwakili Wakil Bupati Ivan Sarundajang bersama Ketua DPRD James Rawung, SH (PDIP) beserta Denny Kalangi (Demokrat) Ivonne Andries (Golkar) dan Novita Rewah, juga dari Fraksi Golkar.

(ely)