Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Astaga..! Aktivitas Gunung Lokon Meningkat, Wali Kota Tomohon Minta Warga Waspada - Fajar Manado

Astaga..! Aktivitas Gunung Lokon Meningkat, Wali Kota Tomohon Minta Warga Waspada

Astaga..! Aktivitas Gunung Lokon Meningkat, Wali Kota Tomohon Minta Warga Waspada

Tomohon, Fajarmanado.com – Aktivitas vulkanologi Gunung Lokon di  Kota Tomohon terdeteksi mengalami peningkatan. Pos Pemantau Gunung Api Lokon mengabarkan aktivitas kegempaan salahsatu gunung api di jazirah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini meningkat dalam tiga hari terakhir.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Lokon, Farid mengatakan, reaksi vulkanologi tersebut terjari sejak hari Kamis (02/11/2017) dan terus meningkat hingga pagi ini, Sabtu (04/11/2017).

“Jadi sampai Sabtu pagi ini, aktivitas kegempaan Gunung Lokon menunjukan adanya migrasi magma dan gas menuju ke arah yang lebih dangkal, artinya terjadi akumulasi tekanan,” ujarnya kepada wartawan di Tomohon, siang ini.

Baca Juga :  Pejabat Eselon Tiga dan Empat Teken Perjanjian Kinerja Pemkot Tomohon

Menurut dia, jika aktivitas kegempaan tersebut terus berlanjut, kemungkinan akan diikuti dengan letusan. Untuk itu pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Sejak Jumat (03/11/2017) untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Meski demikian Farid menegaskan, status Gunung Lokon masih dalam level waspada. Masyarakat dilarang beraktivitas di radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Lokon.

“Kami terus memantau aktivitas Gunung Lokon ini, kita tunggu perkembangannya namun kami terus berharap aktivitas gunung ini tidak akan berlanjut,” paparnya.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak pun menghimbau masyarakat agar tetap waspada, terutama warga sekitar Kecamatan Tomohon Utara yang berada tepat di kaki Gunung Lokon.

Baca Juga :  Wali Kota Eman Harap UMKM Dapat Meningkatkan Stabilitas Ekonomi Makro

Untuk itu, Eman berharap masyarakan tetap mendengar interuksi dari pemerintah setempat mengenai perkembangan status  gunung Lokon, yang saat ini tidak diperbolehkan beraktivitas di lokasi kawah gunung yang sedang aktif ini.

“Saya juga harapkan kepada seluruh instansi terkait agar senantiasa menginformasikan perkembangan secepatnya untuk diketahui masyarakat, serta melakukan langkah-langkah sesuai prosedur yang ada namun tetap berhati hati dalam menjalankan tugas,” kata Eman.

Penulis : Prokla Mambo

Editor    : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan