Wujudkan Masyarakat Jelas Sejahtera, Pra Musrenbang Digelar

Ratahan, Fajarmanado.com — Tahun 2019 dipatok sebagai tahun perwujudan masyarakat yang Jelas Sejahtera untuk Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Persiapan realisasi melalui sejumlah strategi pembangunan pemerintahan bakal dituangkan dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 yang sudah akan disiapkan pihak pemerintah kabupaten (Pemkab).

Mengawalinya, gelaran pra musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) sebagai salah satu langkah penyusunanan tersebut, sudah dibahas sejak awal pekan hingga kemarin, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai motor kegiatan tersebut.

Kegiatan Pra Musrenbang sendiri mengambil tema akselerasi pembangunan untuk peningkatan pertumbuhan disegala bidang dalam mewujudkan masyarakat yang jelas sejahtera, turut diikuti oleh semua perangkat daerah di lingkungan pemkab.

Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra Robby Ngongoloy mengatakan, kegiatan pra musrenbang membahas tentang penentuan skala prioritas pembangunan, termasuk infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi, terutama program yang bersentuhan langsung dengan pelayanan terhadap publik.

“Semua yang bersentuhan dengan pelayanan publik dan kemajuan daerah menjadi prioritas pada tahun depan untuk masyarakat yang jelas sejahtera,” ungkap sekda.

Selain itu dia menjelaskan, kegiatan ini pada prinsipnya untuk memberikan pemahaman tentang cara pengisian rencana kerja (renja) perangkat daerah tahun 2019, berbasis online dengan menggunakan sistem elektronik atau e-planning yang diinput melalui website resmi pemkab. “Pra musrenbang ini merupakan perwujudan dari keselarasan rancangan kerja perangkat daerah, dengan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui usulan musrenbang baik ditingkat desa dan kecamatan dari dari berbagai aspek yang ada mulai dari aspek kewenangan, prioritas penanganan, alokasi, volume dan pagu indikatif,” beber Ngongoloy dihadapan peserta musrenbang.

Dia berharap agar setiap satuan kerja agar dapat bertindak profesional dalam membuat perencanaan untuk akurasi akselerasi percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas agar dapat mewujudkan masyarakat Mitra yang jelas sejahtera. “Hasil pra musrenbang nantinya akan terkompilasi, tersinkronisasi dan selaras prosesnya dengan prioritas pembangunan daerah 2019 dengan rencangan pembangunan infrastruktur, peluang investasi produk unggulan dan inovasi daerah guna mewujudkan masyarakat Mitra yang jelas sejahtera,” tukasnya.

“Bappeda sebagai koordinator perencanaan daerah dapat memastikan prioritas pembangunan daerah direncanakan hingga ke level rencana kerja anggaran,” sambung sekda. Sedangkan, kegiatan pra musrenbang tersebut ditutup oleh Assisten III Sekda Bidang Keuangan dan Administrasi Umum, Piether Owu.

Penulis : Didi Gara