Perayaan Satu Abad Desa Tumbak Sukses Digelar

Posumaen, Fajarmanado.com – Acara syukuran hari ulang tahun ke-100 Desa Tumbak dan Desa Tumbak Madani, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang dilaksanakan pada sabtu (21/4/2018) kemarin,sukses digelar.

Kepala kecamatan Posumaen Jemmy Walukow mengatakan saya atas nama pribadi dan keluarga beserta semua jajaran baik pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara Dan Pemerintah Kecamatan Posumaen mengucapkan selamat kepada segenap jajaran Pemerintah dan warga desa Tumbak. Kiranya pertambahan usia ini semakin memacu semangat berkarya dalam menjadi komponen pembangunan daerah di Minahasa Tenggara.

Walukow sendiri mengatakan, dalam undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dijelaskan bahwa setiap desa diberikan keleluasan untuk mengatur kewenangannya sendiri, baik kewenangan berdasarkan hak asal usul, kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan yang ditugaskan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Sangat diharapkan pembangunan desa akan lebih parsitipatif dan akomodatif dalam pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Djemmy sapaan akrabnya.

Mantan sekretaris Dinas ketahanan pangan mitra ini menambahkan, dalam membangun daerah tidak bisa dilakukan secara parsial atau terpisah melainkan dibutuhkan sinergitas mulai dari kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

“Sangat diharapkan masyarakat dan pemerintah Minahasa Tenggara termasuk didalamnya Desa Tumbak untuk terus bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam menuju percepatan pembangunan di Kabupaten Minahasa Tenggara,” ungkap Walukow.

Walukow menyampaikan bahwa mengingat tahun ini akan dilaksanakan Pilkada serentak se Indonesia, yang juga melibatkan masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara termasuk Desa Tumbak, maka mari bersama-sama untuk dapat mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada di daerah ini.

“Tetaplah menjadi masyarakat yang baik dan cerdas, serta menjunjung tinggi jati diri masyarakat Sulut, dan mampu menjaga Kondusifitas keamanan dan memelihara keharmonisasi kerukunan dalam berdemokrasi,” imbaunya.

Turut hadir Wakil Ketua Komite I DPD RI Benny Rhamdani, Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, Sekda Minahasa Tenggara Robby Ngongoloy, M.Si, Camat Pusomaen Djemmy Walukow, Anggota DPRD Mitra, Jeksen Mokat, Corry Kawulusan,Alkindi Bilfaqi, hukum tua dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Penulis : Didi Gara