Baru Diresmikan, Pemkot Tingkatkan Status RSUD Anugrah Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com — Meski baru beberapa bulan resmi memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), namun Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon tengah berupaya meningkatkan fasilitas pelayanan RSUD Anugerah Tomohon.

Rumah sakit yang berada di Kelurahan Tumatantang I Kecamatan Tomohon Selatan itu, kini tengah diupayakan Pemkot Tomohon ditingkatkan statusnya dari Rumah sakit tipe D Pratama menjadi rumah sakit tipe D.

Perlu diketahui, Kota Tomohon adalah satu dari 10 daerah di Indonesia yang mendapatkan alokasi dana pembangunan dari Kementerian Kesehatan untuk.membangun rumah sakit, yang merupakan juga program Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

Fasilitas kesehatan tersebut masih bersifat tipe D Pratama. Untuk itu, Pemkot Tomohon sementara berupaya memrposes menjadi Rumah Sakit tipe D yang pelayanannya hampir sama dengan RS tipe C.

“Ya, saat ini RSUD Kota Tomohon proses peralihannya dari tipe D Pratama menjadi tipe D, sedang berjalan. Saat ini tinggal menunggu ijin operasionalnya,  berarti ketika sudah menjadi RS tipe D, segala fasilitas dalam RS tersebut secara umum akan ditingkatkan,” kata Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw M Biomed, Rabu (12/9/2018).

Diungkapkannya, untuk pelayanan pasien di RS ini tentunya melayani pasien BPJS dan pasien umum, bahkan selama bulan agustus pihaknya menyediakan pelayanan kesehatan secara gratis sehingga mencapai 2000 an pasien rawat jalan yang datang memeriksakan kesehatannya, disamping itu 100 an pasien rawat inap.

“Perekembangan dan kemajuan Rumah sakit ini dipastikan kedepan akan lebih baik lagi, ini dibuktikan dengan penambahan fasilitas pembangunan RS untuk pelayanan kelas dua sehingga ketika RS ini sudah tipe D pastinya segala fasilitas telah menunjang,” ujarnya.

“Untuk diketahui saat ini sebagai persyaratan pelayanan tipe D Pratama, RS ini masih menyediakan pelayanan kelas tiga,” tambah Direktur RSUD Pratama Anugerah Jerry Bororing.

Sementara itu Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc saat berkoordinasi dengan jajaran Dinas Kesehatan baru-baru ini, mengatakan, pihaknya terus berupaya dalam menunjang sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, terlebih masyarakat Kota Tomohon.

“Pembangunan rumah sakit ini merupakan upaya dalam peningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta untuk menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat,” jelas Lolowang.

Penulis: Prokla Mambo