Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Ngongoloy Bakal Jadi Plh Bupati Mitra Sehari - Fajar Manado

Ngongoloy Bakal Jadi Plh Bupati Mitra Sehari

Ngongoloy Bakal Jadi Plh Bupati Mitra Sehari
Ratahan, Fajarmanado.com — Robby Ngongoloy bakal menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Mitra meskipun hanya sehari pada Senin (24/9/2018), pekan depan.

Peluang Ngongoloy, yang kini menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Mitra itu terbuka pelantikan James Sumendap, SH dan Jouke Legi, pasangan pemenang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mitra pada 27 Juni 2018, dijadwalkan nanti akan dilakukan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE atas nama Mendagri pada 25 September mendatang.

Seperti diketahui, Gubernur Olly telah memastikan pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mitra akan dilaksanakan bersama pemenang Pilkada serentak 2018 di lima kabupaten/kota lainnya di daerah Nyiur Melambai lainnya.

Sementara itu, masa jabatan James Sumendap sebagai petahana resmi akan berakhir pada 23 September depan.

Baca Juga :  Diduga Beda Pilihan, Oknum Kumtua Terpilih Ini Larang Warga Buka Usaha

Oleh karena itulah dipastikan bakal terjadi kekosongan jabatan bupati pada 24 September nanti.

“Akan ada kekesongan jabatan pada tanggal 24 September mendatang, apabila pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih nanti tanggal 25 (September 2018),” kata Kepala Badan Pemerintahan dan Otonomi Daerah Mitra, Novri Raco.

Untuk itu, lanjut Raco, kekosongan jabatan nantinya bakal kemungkinan besar diisi pelaksana harian (Plh) karena tidak boleh ada kekosongan jabatan bupati walau hanya satu hari.”Kemungkinan bakal ada Plh Bupati pada 24 September mendatang,” tambahnya.

Adapun untuk sejumlah pejabat yang disiapkan untuk Plh Bupati, nama Sekkab Mitra Robby Ngongoloy berpeluang besar sebagai pejabat senior.Namun, lanjut dia, Pemkab Mitra tetap masih menunggu petunjuk dari provinsi karena gubernur yang menentukan.

Baca Juga :  Sumendap Lantik 97 Hukum Tua di Kabupaten Mitra

“Bisa saja Sekkab menjabat Plh. Namun tetap kami menunggu instruksi dari gubernur. Karena beliau yang berwenang menetukan Plh Bupati Mitra,” jelas Raco.

Saat ini, lanjut Raco, Pemkab tengah mematangkan persiapan pelantikan. “Kami sudah lakukan rapat panitia pelantikan nanti. Karena saat pelantikan akan langsung digelar paripurna DPRD,” tandasnya.

Sementara itu, Sekkab Mitra Robby Ngogoloy mengatakan dirinya tetap mengikuti instruksi dari gubernur. “Siapa pun Plh nya itu harus berdasarkan keputusan gubernur,” katanya.

Terpisah tokoh masyarakat Semuel Montolalu, SH berharap siapapun yang akan menjadi pejabat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) untuk tetap menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku.

Penulis : Didi Gara

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan