Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Sambut BPK, Wali Kota Eman Minta PD Kota Tomohon Kerja Proaktif - Fajar Manado

Sambut BPK, Wali Kota Eman Minta PD Kota Tomohon Kerja Proaktif

Sambut BPK, Wali Kota Eman Minta PD Kota Tomohon Kerja Proaktif
Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Jimmy Feldir Eman, SE Ak bersama Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan menyambut Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (6/2/2019), pagi tadi.

Tim BPK yang diterima di Aula Sekretariat Kota Tomohon tersebut turun dengan formasi lengkap enam orang.

Mereka adalah Penanggung jawab Tim, Tangga Muliaman Purba,Wakil penanggung jawab Amin Adab Bangun, Ana Muftiani selaku pengendali teknis, Yulianti Suwarsi selaku Ketua Tim serta Muhammad Kelik Juniarto dan Fitri Annisa Pharmahersa selaku anggota tim.

Wali Kota Jimmy Eman mengatakan, kehadiran Tim BPK di Kota Tomohon ini, sesuai surat tugas adalah untuk melaksanakan pemeriksaan selama kurun waktu 35 hari.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menyampaikan selamat datang dan selamat bekerja Tim BPK perwakilan sulut di Kota Tomohon.

“Seperti yang sudah menjadi komitmen kita bersama, pemerintah melalui seluruh perangkat daerah terus berupaya untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini,” katanya.

Target itu, menurut Wali Kota, bukan hanya dengan bicara melainkan dibarengi dengan action. “Saya juga sangat berharap akan mendapat banyak petunjuk dari Tim BPK,” imbuhnya.

Baca Juga :  ODS Mandagi Pimpin Rapat Forum Perangkat Daerah RKPD Tahun 2020

Lebih lanjut, Wali Kota Jimmy Eman mengatakan, tahun 2018 Kota Tomohon memiliki 34 Perangkat daerah. Namun di Tahun 2019 tinggal 33 perangkat daerah minus Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan, meski masih ada dana kelurahan yang harus di kelola.

Seiring dengan kedatangan tim BPK ini, Jimmy Eman mengingatkan setiap kepala perangkat daerah harus responsif dan proaktif.

“Jika ada data atau dokumen yang dibutuhkan (BPK), saya minta harus langsung ditindak lanjuti untuk diserahkan,” tandasnya.

Sementara itu, Ana Muftiani, mewakili tim BPK juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Tomohon Jimmy Eman dan seluruh rakyat Tomohon yang telah menerima tim secara resmi untuk melakukan pemeriksaan selama 35 hari ke depan.

Untuk itu atas nama seluruh tim, lanjut dia, tugas timnya kali ini adalah untuk mengaudit.

“Ini merupakan tugas rutin kami untuk melakukan pemeriksaan setiap tahun.karna ini sesuai protap BPK dengan tim berbeda-beda untuk menilai setiap Pemerintah Daerah,” jelas Ana Muftiani.

Baca Juga :  DPRD Tomohon Sosialisasikan Perda Tentang Bangunan Gedung

Berkaitan dengan pemeriksaan administrasi keuangan, dirinya berharap kepada para bendahara ketika di panggil BPK untuk dimintai keterangan wajib hadir. Siapa pun yang dipanggil BPK harus langsung datang menghadap Tim BPK, tidak perlu takut.

BPK mengingatkan agar selama pemeriksaan, pejabat yang nantinya tugas luar harus seijin BPK. Begitu pula Kepala Perangkat Daerah yang keluar daerah harus seijin BPK.

Lebih jauh, Ana Muftiani mengingatkan, apabila para bendahara penerimaan dan pengeluaran ketika dipanggil tim BPK untuk pengambilan bukan berarti ada penyimpangan tapi hanya untuk membawa sampel.

Ana Muftiani menambahkan, Tomohon telah meraih WTP 5 kali secara beruntun. Namun prestasi ini jangan sampai membuay lengah.

“Oleh karena itu kehadiran kami di Kota Tomohon bertujuan ingin agar Pemerintah Daerah setiap tahunnya semakin baik,” ujar Ana Muftiani

Sementatq Sekretaris Kota (Sekkot)Tomohon Ir.Harold V Lolowang, MSc mengatakan, perjalanan dinas ke luar daerah sangat-sangat selektif dan akan berkoordinasi dengan Tim BPK.

Lolowang juga mengharapkan agar setiap Perangkat Daerah menugaskan satu kontak person. Serta para Kepala Perangkat Daerah mengaktifkan HP/WA 1 kali 24 jam.

Penulis: Prokla Mambo

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan