Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Dibuka Bupati Roy Roring, Kesbangpol Sosialisasi Pemilu 2019 - Fajar Manado

Dibuka Bupati Roy Roring, Kesbangpol Sosialisasi Pemilu 2019

Dibuka Bupati Roy Roring, Kesbangpol Sosialisasi Pemilu 2019
Suasana pembukaan Sosialisasi Pemilu 2019 yang dibuka Bupati Roy Roring di Aula Pusgiat Tondano, Selasa (19/3/2019) siang tadi.
Tondano, Fajarmanado.com — Pemilu 2019 tinggal 28 hari. Kesbangpol Minahasa pun menggelar sosialisasi pesta demokrasi lima tahunan ini di Aula Pusgiat Tondano, Selasa (19/3/2019).

Hebatnya, sosialisasi Pemilu yang akan dihelat 17 April 2019 ini melibatkan peserta mulai dari semua 25 camat, 227 kepala desa, 43 lurah beserta para ketua BPD dan LPM desa dan kelurahan.

Bahkan, sosialisasi yang dibuka Bupati Minahasa, Ir Royke Oktavian Roring, MSi ini, melibatkan narasumber dari semua stakeholder terkait, mulai dari KPUD dan Panwas sampai pihak Polres, Kodim 1302 Minahasa dan Kejaksaan Negeri Tondano.

Bupati Roy Roring mengatakan, Pemilu adalah momen fundamental lima tahunan yang sangat menentukan arah pembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :  Rano Lewo Telan Korban Pria Lansia, Diduga Ini Penyebabnya

Karena itulah, ia menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak konstitusi dengan menyalurkan hak pilih sesuai dengan hati nurani.

Sukses tidaknya Pemilu, lanjut dia, sangat ditentukan oleh peranserta aktif masyarakat agar bisa berjalan aman, damai dan lancar.

Roy Roring mengingatkan bahwa Pemilu kali ini agak beda dan rumit dibanding lima tahun sebelumnya. Pemilu sebelumnya, pemilihan legislatif dan presiden wakil presiden dilaksanakan terpisah, tapi Pemilu 2019 ini serentak.

“Jadi ada lima surat suara yang akan dicoblos. Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota,” jelasnya.

Hanya surat suara presiden wakil presiden dan DPD RI yang menggunakan foto, lainnya cuma nomor urut dan nama calon.

Untuk itulah, Bupati Roy Roring berharap agar peserta sosialisasi harus mencermati penjelasan dari para narasumber, kemudian menjelaskan kembali kepada keluarga, tetangga dan masyarakat di desa dan kelurahan masing-masing.

Baca Juga :  Wah..! Setahun Lebih, Tugu Laka Lantas Sonder Tak Kunjung Dibangun

Pada kesempatan itu, Ketua KPUD Minahasa Lord Malonda SPd menjelaskan teknis dan tata cara pencoblosan.  Semisal, jika mencoblos tanda gambar partai peserta pemilu dan nomor urut atau nama calon di partai yang sama dianggap sah, namun surat suaranya sah adalah milik partai.

“Tapi, kalau satu surat suara yang dicoblos pada dua partai berbeda, maka dinyatakan rusak atau tidak sah,” jelasnya.

Selain Lord Malonda, tampil juga sebagai narasumber, Ketua Panwas Minahasa Rendy Umboh, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Warouw, Dandim Minahasa dan Kasie Intel Kejari Tondano.

Penulis: Fiser Wakulu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan