Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Pelantikan Tim Saber Pungli Di Mitra Sukses Digelar - Fajar Manado

Pelantikan Tim Saber Pungli Di Mitra Sukses Digelar

Pelantikan Tim Saber Pungli Di Mitra Sukses Digelar
Ratahan, Fajarmanado.com — Bupati Mitra James Sumendap SH (JS), secara tegas mengatakan, akan memenjarakan siapapun jajaran Pemkab Mitra, mulai dari pejabat, staf, hukum tua dan perangkat desa, kepala sekolah dan guru yang melakukan pungutan liar (Pungli) dalam bentuk apapun.

Hal ini diungkap JS, saat memberikan sambutan, usai melantik Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) di Minahasa Tenggara, yang digelar di Gedung Sport Hall, Ratahan, Rabu (28/3), kemarin.

“Jangan coba-coba lakukan pungli, kalau kedapatan saya akan penjarakan,” tegas JS.

Dia juga menantang Satgas Saber Pungli yang baru dilantik, untuk langsung bekerja mulai hari ini, mengecek pergerakan keuangan semua SKPD, desa dan sekolah.

“Saya tantang tim saber pungli, setiap kali menangkap atau Operaso Tangkap Tangan (OTT) yang melakukan pungli, saya hibahkan gaji 3 bulan saya pada tim,” ujar Sumendap.

Baca Juga :  Surat Terbuka Untuk KPU Mitra Dari Ustad Kohar Sampage

Dia juga meminta tim, didalamnya ada Kapolsek dan Inspektorat, untuk memeriksa proses pencairan dana desa (Dandes).

“Karena ada laporan penarikan uang secara gelondongan, dan setelah dandes cair tak sampai satu minggu sudah ditarik Kumtua dari bendahara desa. Ini tidak boleh. Periksa rekening koran bendahara apa betul bertahan di rekening bendahara atau sudah diambil kumtua,” papar JS.

Lanjut bupati dua periode ini, pengelolaan dandes sudah sangat ketinggalan.

“Kita di sekretariat dan SKPD sudah sistem online pencairannya atau sudah non tunai, sementara pepengelolaan keuangan desa masih tunai,” ulas JS.

JS menerangkan, tugas hukum tua memfasilitasi pembangunan, mensukseskan pembangunan, dengan bekerja sama dengan masyarakat.

“Nanti kita akan pantau sistem transaksi keuangan. Rekening desa di PMD kita pantau.
Contoh kalau ada pencairan Rp50 juta, tim saber pungli akan turun periksa untuk apa uang itu digunakan. Jadi kita cek semua dipakai untuk apa, dan lengkap dengan nota-nota. Demikian juga di sekolah-sekolah. Jangan coba-coba kepsek ambil uang di bendahara jika tak bisa dipertangungjawabkan,” tandas JS.

Baca Juga :  Dana Desa Gairahkan Pembangunan Di Desa Kuyanga Satu

Dia juga berpesan, jangan sampai melanggar juknis, sebab otomatis terjadi pungli disana.

“Jadi jangan coba-coba. Saber pungli akan cek transaksi semua realissi keuangan semua, mulai SKPD, desa bahkan sekolah,” pungkas sang arsitek pembangunan Mitra dihadapan seluruh Kepala SKPD Pemkab Mitra, hukum tua, dan kepala sekolah.

Sebelumnya JS, telah mempercayakan Wakil Bupati Mitra Drs Jocke Legi membuka kegiatan ini, dan dilanjutkan dengan materi dari Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK, dan Kajari Minsel I Wayan Eka Miartha SH, dan ada juga Dandim 1302 Minahasa Letkot (Inf) Slamet Raharjo, serta Sekda Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi.

Penulis : Didi Gara

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan