Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Waspada..! Gelombang Tinggi Mengancam Perairan Laut Sulut - Fajar Manado

Waspada..! Gelombang Tinggi Mengancam Perairan Laut Sulut

Waspada..! Gelombang Tinggi Mengancam Perairan Laut Sulut
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Manado, Fajarmanado.com — Ini patut diwaspadai nelayan Sulawesi Utara (Sulut). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, mengeluarkan peringatan dini gelombanh tinggi untuk dua hari ke depan, dari Rabu (24/4/2019) sampai Kamis (25/4/2019).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror mengatakan, ada tiga wilayah berpeluang terjadi gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter (rough sea) di Sulawesi Utara.

“Di antaranya, Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Talaud, dan Perairan Kepulauan Sangihe,” ujarnya seperti dikutip dari rilis tertulis, Selasa (23/4/2019).

Menurut Ricky, tinggi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter (moderate sea) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian Barat, Laut Sulawesi bagian Tengah, Perairan Timur Bitung, dan Laut Maluku bagian Utara.

Baca Juga :  Ricky Toemandoek Apresiasi Kementerian ATR/BPN Menata Ruang di Sulut

“Peringatan dini gelombang tinggi ini untuk dua hari ke depan, mulai Rabu (24/4/2019) sampai Kamis (25/4/2019),” kata Ricky.

Ia mengimbau perahu nelayan maupun kapal pesiar agar memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

Perahu nelayan berisiko tinggi jika melaut dengan kondisi kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Lalu, kapal tongkang akan berbahaya jika melaut dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kemudian, kapal feri dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter disarankan tidak berlayar.

Baca Juga :  Operasi Senyap, Polda Sulut Tangkap Pegawai Honorer dan Sita 40 Paket Sabu di Manado dan Bali

Selanjutnya, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar berisiko tinggi melaut jika dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Kompas.com, siang tadi.

Terkait hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang meminta masyarakat waspada terhadap ancaman gelombang tinggi ini.

“Terkait laporan cuaca yang diterbitkan BMKG diimbau bagi masyarakat pengguna transportasi laut agar mewaspadai cuaca angin kencang dan gelombang pasang yang terjadi,” tandasnya.

Editor : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan