Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Dukcapil Go Digital 2019, Wali Kota Eman Sebut untuk Memudahkan Masyarakat Tomohon - Fajar Manado

Dukcapil Go Digital 2019, Wali Kota Eman Sebut untuk Memudahkan Masyarakat Tomohon

Dukcapil Go Digital 2019, Wali Kota Eman Sebut untuk Memudahkan Masyarakat Tomohon
Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman mengatakan pemerintah daerah sangat apresiatif memberi perhatian terhadap penyelenggaraan, penerbitan, dan pemanfaatan data kependudukan dalam rangka menjamin hak-hak sipil dan keabsahan pribadi setiap warga negara.

Wali Kota Jimmy Eman mengungkapkan hal tersebut saat membuka Launching Dukcapil Tomohon Go Digital 2019 dan Sosialisasi, ditandai dengan pemukulan Tetengkoren di Aula lantai III Mall Pelayanan Publik, Tomohon, Selasa (28/5/2019).

Launching dilakukan dalam bentuk peluncuran aplikasi e-Dukcapil Tomohon versi 1.0. Dalam aplikasi ini, masyarakat bisa mengakses melalui lewat mobile app atau mendownload android app google play (e-Dukcapil Tomohon).

“Jadi masyarakat Kota Tomohon di mana saja, kapan saja, bisa cek data pribadinya, bisa cek dokumen yang diproses, apakah sudah selesai atau belum, bisa melihat persyaratan pengurusan dokumen dan tidak perlu buang waktu datang bertanya tentang persyaratan di Kantor Dukcapil,” jelas Jimm Eman.

Baca Juga :  Buka Pelayanan Darurat, Kominfo Tomohon Siapkan Call Centre 112

Menurut Wali Kota, hal itu tentu dapat mempermudah, karenah masyarakat dapat mendownload formulir dukcapil untuk bisa diprint sendiri dirumah dan bisa juga memanfaatkan TRC-Pelangi Dukcapil atau Tim Reaksi Cepat-Pelayanan Langsung Jadi di Dukcapil.

“Untuk itu saya mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA), sebagaimana telah dicanangkan oleh pemerintah yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan dan sadar melayani demi membahagiakan rakyat,” pinta Jimmy Eman.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kota Tomohon, Albert J Tulus SH mengatakan, program ini diluncurkan sebagai komitmen wali kota dan wakil wali kota Tomohon untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam satu tempat melalui Mall Pelayanan Publik (MPP)

MPP disiapkan Pemkot Tomohon untuk melayani hampir semua jenis pelayanan, termasuk Disdukpencapil diberi fasilitas oleh walikota melayani semua jenis pelayanan di Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran.

Baca Juga :  Semua Fraksi DPRD Menyetujui Ranperda Pengelolaan BMD Tomohon

“Tahun ini, demi melayani masyarakat yang lebih baik, maka hari ini Walikota Tomohon berkenan akan melaunching Dukcapil Tomohon Go Digital Tahun 2019,” ujar Kadis.

Ia menambahkan, masarakat bisa juga mengirim pesan untuk bertanya tentang pelayanan Dukcapil atau meminta pelayanan perekaman KTP Elektronik di rumah, terutama bagi penduduk yang berkebutuhan khusus atau lansia dan yang sakit.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jimmy Eman menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akte Perkawinan kepada perwakilan masyarakat.

Turut hadir, sebagai sarasumber pada acara sosialisasi, Sekretaris Dinas Dukcapil dan KB Sulut Drs Wendy Karwur MAP, mewakili Dirjen Dukcapil Adjrun Rahmad, mewakili Kejari Tomohon Kasubsi A Seksi Intelejen Negeri Tomohon Mariska J S Kandouw SH MH, Asisten Kesra Tomohon Drs O D S Mandagi, Asisten Perekonomian Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, serta jajaran Pemkot Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan