Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Tingkatkan Pendapatan Petani, Tombasian Atas Satu Bangun Jalan Kebun - Fajar Manado

Tingkatkan Pendapatan Petani, Tombasian Atas Satu Bangun Jalan Kebun

Tingkatkan Pendapatan Petani, Tombasian Atas Satu Bangun Jalan Kebun
Ilustrasi jalan yang dibangun dengan dana desa.
Kawangkoan Barat, Fajarmanado.com — Usai menuntaskan pembangunan infrastruktur publik di wilayah pemukiman, kini Dana Desa 2019 Desa Tombasian Atas Satu, Kecamatan Kawangkoan Barat, Minahasa diprioritaskan membangun akses jalan perkebunan.

Hukum Tua (Kumtua) Desa Tombasian Atas Satu, Jhony Tooy Wowor mengatakan, sesuai kesepakatan bersama pemerintah dan masyarakat melalui musyawarah desa, alokasi pembangunan infrastruktur dari dana desa 2019 diarahkan membangun akses jalan perkebunan.

Ketersediaan jalan representatif ke wilayah perkebunan, lanjutnya, diyakini akan mendorong kinerja masyarakat untuk mengolah lahan-lahan perkebunan.

“Dengan adanya jalan yang representatif, akan dapat menekan biaya mobilisasi bahan-bahan pertanian, mulai dari pupuk sampai hasil panen,” katanya kepada Fajarmanado.com di Desa Tombasian Atas Satu, Selasa (28/5/2019) malam.

Tahun 2019, APBDes Tombasian Atas Satu, yang merupakan hasil pemekaran dari Desa Tombasian Atas, ini bernilai total Rp.1,034 miliar lebih. Terdiri dari, dana desa Rp.702 juta, alokasi dana desa (ADD) Rp.300 juta dan sisanya bersumber dari dana bagi hasil pajak dan retribusi.

Baca Juga :  Korupsi KPUD Minahasa Masuk Kejaksaan, Ini Tersangkanya

“Saat ini kami sementara membangun drainase dan rabat beton menuju pekuburan umum dan perkebunan di sekitarnya, karena 20 persen dana desa sudah memdapat rekomendasi pencairan,” ujar Tooy, sapaan familiar Kumtua Tombasian Atas Satu ini.

Sesuai dengan Rancangan Anggaran Pembangunan (RAP), total Rp.702 juta dana desa 2019 dialokasikan membangun 400 meter jalan konstruksi rabat beton di antara Kantor Desa dan pekuburan umum Tombasian Atas Satu, yang juga akses jalan perkebunan.

“Ini merupakan program lanjutan karena tahun lalu kami sudah membangun 412 meter di lokasi itu,” jelasnya.

Baca Juga :  Wah..! Setahun Lebih, Tugu Laka Lantas Sonder Tak Kunjung Dibangun

Di sisi jalan tersebut, kini tengah dituntaskan pengerjaan drainase sepanjang 350 meter dari total 475 meter yang akan dibangun tahun ini.

“125 meter lainnya, akan dibangun di jalan akses ke perkebunan Apela, yang ada di sisi lain desa,” paparnya.

Di ruas jalan tersebut, menurut Tooy, juga menjadi lokasi pengerasan jalan sepanjang 400 meter menuju perkebunan Apela. Konstruksi jalan yang akan dibangun sampai di wilayah berbatasan dengan Desa Kayuuwi itu, adalan Lapen (Lapis Penetrasi).

“Dana desa tahun ini ada pula yang akan dialokasikan membangun talud sepanjang 40 meter di depan kantor desa,” jelas pria yang dikenal selalu tampil simpati dan dialogis ini.

Penulis: Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan