Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Hebat..! Tahun Ini, Desa Touure Dua Punya Gedung Kemasyarakatan Permanen - Fajar Manado

Hebat..! Tahun Ini, Desa Touure Dua Punya Gedung Kemasyarakatan Permanen

Hebat..! Tahun Ini, Desa Touure Dua Punya Gedung Kemasyarakatan Permanen
Penampakan progres pembangunan tahap pertama Gedung Kemasyarakatan Desa Touure Dua ketika dijadikan lokasi Pelantikan Perangkat Desa se Kecamatan Tompaso Barat, akhir Januari 2019 lalu.
Tompaso, Fajarmanado.com — Desa Touure Dua, Kecamatan Tompaso Barat, Minahasa dipastikan akan memiliki gedung kemasyarakatan pada tahun 2019 ini.

Hukum Tua (Kumtua) Desa Touure Dua, Sammy Oping memastikan, dengan disetujuinya APBDes Touure Dua tahun 2019 maka pembangunan gedung permanen berbentuk aula yang berukuran panjang 24 meter dan lebar 14 meter milik Desa Touure Dua dapat dirampungkan.

“Tahun ini, sesuai hasil musyawarah desa yang dituangkan dalam APBDes, maka dana desa 2019 akan dialokasikan sebesar 400 juta lebih untuk merampungkan atau menuntaskan pembangunan gedung kemasyarakatan,” katanya kepada Fajarmanado.com di Tompaso, Rabu (29/5/2019).

Sammy Oping mengatakan, pembangunan gedung serba guna tersebut telah dimulai tahun 2018. Dana desa yang dialokasikan tahap pertama, sebesar rp.325 juta lebih dan tahap kedua di tahun 2019 ini naik menjadi Rp.400 juta lebih.

Baca Juga :  Wah..! Setahun Lebih, Tugu Laka Lantas Sonder Tak Kunjung Dibangun

“Total anggaran membangun gedung itu mencapai sekitar 840 juta. Namun kami dukung dengan swadaya masyarakat. Tahun lalu nilai swadaya mencapai sekitar 100 juta (rupiah). Makanya, apabila anggaran yang dialokasikan tahun ini tak cukup akan ditambah dengan swadaya masyarakat. Karena target pemerintah dan masyarakat, harus rampung tahun ini,” paparnya.

Selain digunakan untuk merampungkan gedung kemasyarakatan, menurut dia, dana desa sebesar Rp.711 juta lebih tahun 2019, juga akan dialokasikan merehab jalan desa dengan konstruksi aspal lapis penetrasi (Lapen).

“Ada sekitar 170 meter jalan di bagian tengah desa kami ini yang mulai rusak sehingga perlu diaspal kembali sebagaimana hasil musyawarah desa,” ujarnya.

Pantauan Fajarmanado.com, separoh  ruas jalan yang memanjang utara ke selatan di bagian tengah Desa Toure, terutama separoh di bagian selatan menuju rumah Kumtua, terpantau sudah mulai berlubang. Material batu telah terlepas dari eratan aspal sehingga berserakan di jalan. Bahkan, di beberapa tempat telah tampak berlubang dan digenangi air bila hujan.

Baca Juga :  Motivasi Masyarakat, Desa Kaima Berinovasi Tanam Rica dan Bangun GSG

“Pengaspalan kembali ruas jalan ini bukan keinginan saya. Itu hasil musyawarah desa,” kata Kumtua, yang terkesan familiar ini.

Disinggung soal pemanfaatan gedung kemasyarakatan tersebut Sammy Oping menyebut akan digunakan multi fungsi atau semacam gedung serba guna (GSG). Mulai dari tempat pertemuan, olah raga sampai acara syukuran, baik pemerintah maupun masyarakat.

“Gedung itu nantinya akan diserahkan kepada Bumdes untuk mengolahnya,” ungkapnya.

Penulis: Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan