Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Bawaslu Minut Gelar Media Gathering - Fajar Manado

Bawaslu Minut Gelar Media Gathering

Bawaslu Minut Gelar Media Gathering

Kalawat,Fajarmanado.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara menggelar media gathering bersama puluhan awak media biro Minahasa Utara, Kamis (13/6) di hotel Sutan Raja Kalawat. Acara yang dikemas santai dan penuh keakraban ini bertujuan untuk memaparkan hasil pengawasan Bawaslu selama pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

Ketua Bawaslu Minahasa Utara Simon Awuy mengatakan, kesuksesan penyelenggaran Pemilu di Minahasa Utara tak lepas dari peranan media yang sangat aktif dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait aturan dan mekanisme sehingga pelaksanaan Pemilu, mulai dari tahapan hingga penetapan hasil Pemilu bisa berjalan lancar dan aman.

“Tidak bisa di pungkiri berkat peran media yang terus menyebar luaskan dan membantu bawaslu dalam memberikan laporan awal terkait adanya dugaan pelanggaran di Minahasa Utara, sehingga sejumlah kasus pelanggaran Pemilu bisa di usut secara cepat dengan keterlibatan media di dalamnya.”kata Awuy.

Senada dikatakan komisioner Bawaslu bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan antar lembaga Rahman Ismail SH menuturkan, pelaksanaan media gathering ini selain mensosialisasikan kinerja Bawaslu selama mengawal pelaksanaan Pemilu, juga untuk persiapan menghadapi Pilkada yang tahapannya akan dimulai september mendatang. Pihaknya berharap sinergitas dan hubungan baik antara wartawan dan Bawaslu yang saat ini telah terjalin dengan baik, akan terus berlanjut hingga pelaksanaan Pilkada tahun 2020 mendatang.

“Dalam waktu dekat kita akan masuk pada tahapan Pilkada Minahasa Utara, untuk itu kami sangat berharap hubungan yang telah terjalin dengan baik ini, akan memberikan dampak positif dalam mengawal pesta demokrasi pemilihan kepala daerah tahun 2020 mendatang.”terang Ismail.

Sementara itu, komisioner Bawaslu bidang hukum dan penindakan Rocky Ambar mengatakan, dari sejumlah kasus pelanggaran Pemilu yang ditangani Bawaslu Minut, ada beberapa yang informasi awalnya diperoleh dari media massa. Untuk itu pihaknya sangat mengapresasi kinerja awak media di Minahasa Utara yang kritis dalam menyajikan informasi selama pelaksanaan Pemilu.

“Selama pelaksanaan Pemilu, ada beberapa kasus pelanggaran Pemilu yang kami tangani seperti, pelanggaran adminisitrasi, pelanggaran pidana, pelanggaran etik. Dari sejumlah kasus tersebut selain laporan dari masyarakat, ada juga yang kami lakukan investigasi yang informasi awalnya kami peroleh dari media.” Ujar Ambar.

Prestasi dan sinergitas Bawaslu Minahasa utara dengan wartawan mendapat apreseasi dari komisioner Bawaslu Sulawesi Utara Supriyadi Pangelu. Bahkan ia berencana untuk memberikan reward atau penghargaan kepada insan pers yang telah berperan aktif dalam mengawal proses demokrasi di Minahasa Utara.

“Hubungan baik antara Bawaslu dan insan pers yang dilakukan oleh Bawaslu Minahasa Utara ini patut diapreseasi dan bisa menjadi contoh bagi kabupaten kota lain. Kesuksesan Bawaslu dalam mangawasi pelaksanaan Pemilu di Minahasa Utara tak lepas dari peran media massa, untuk itu pemberian reward kepada wartawan perlu dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja mereka dalam membantu tugas Bawaslu mengawal pelaksanaan Pemilu, mulai dari tahapan hingga pleno penetapan hasil pemilu.”kata Pangelu.

Ia berharap, hubungan yang baik ini akan terus terjalin hingga pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang. Peran serta media massa dalam mengkritisi kinerja penyelenggara Pemilu juga sangat diharapkan demi peningkatan kinerja untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

 

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan