Wawali SAS Sebut Program KKBPK untuk Menangani Masalah Kependudukan

Tomohon, Fajarmanado.com — Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (PPKBD) Kota Tomohon menggelar Pertemuan Kelompok Kerja Kampung KB Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan, di BPU Pangolombian, Tomohon Selatan, Rabu (19/6/2019).

Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menjelaskan, program KKBPK sebagai wujud menangani permasalahan kependudukan, sehingga Kampung KB memiliki tujuan untuk meningkatkan kwalitas keluarga dengan memberdayakan kehidupan positif masyarakat dalam perlindungan menuju keluarga sejahtera yang aman, rukun dan damai.

“Pokja Kampung KB dimaksudkan untuk menjadi sarana menanggulangi permasalahan dengan menemukan solusi bagi peningkatan kehidupan keluarga dalam berbagai sektor, sehingga kesejahteraan tercapai. Pokja KB dirintis sebagai jaringan pada masyarakat untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKBD Kota Tomohon Sjerly Bororing, SP, SIP, MM menjelaskan, program ini merupakan penjabaran dari instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam meningkatkan kwalitas keluarga dan Kota Tomohon meliputi 6 Kampung KB, termasuk di Kelurahan Pangolombian yang diharapkan memberikan hasil positif dalam pembangunan keluarga sejahtera serta menjadi Kampung KB Teladan.

“Tujuannya untuk mencari solusi terhadap permasalahan program KKBKK, sehingga mampu diatasi secara bersama. Terkait hal ini maka diperlukan diskusi dengan melibatkan instansi yang memiliki hubungan kinerja menjaga kwalitas keluarga,” ujar Bororing.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Tomohon Selatan Ronald Kalesaran SE, perwakilan perangkat daerah terkait, Lurah Pangolombian Jouce M Sarese SH, para peserta yang dilibatkan yakni tokoh agama, tokoh masyarakat, serta Kader KB maupun Pokja KB Kelurahan Pangolombian.

Penulis: Prokla Mambo