Rakor Pemerintah Kecamatan Belang Sukses Digelar

Belang, Fajarmanado.com – Rapat Kerja jajaran pemerintah kecamatan Belang dengan para hukum tua se kecamatan Belang, ketua BPD Desa,Sekretaris Desa dan Ketua TP PKK Desa setempat kecamatan Belang Sukses Digelar.

Dalam rakor ini dibahas beberapa Permasalahan yang sementara dihadapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) khususnya dikecamatan Belang dalam tahapan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut), persoalan penyakit masyarakat dalam mengkonsumsi minuman keras (Miras) serta Antisipasi kebakaran hutan saat musim kemarau dibahas bersama dalam Rapat Koordinasi (Rakor)pada Rabu (04/09/ 2019) kemarin di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Borgo Satu Kecamatan Belang.

Hadir dalam rakor ini, Pemerintah Kecamatan Belang yang dihadiri Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bersama Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 1302-12/Belang PELDA Jhonny F. Runtuwene dan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Belang IPTU Marto Dewata,Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Mitra Jani Rolos serta Camat Belang Munira bin Ali, SE.

Pemkab Mitra melalui Asisten I Jani Rolos S.Sos, berpesan agar seluruh pejabat pemerintah baik yang ada Desa maupun Kecamatan untuk mampu berkoordinasi dengan masyarakat dan instansi terkait dalam rencana program-program pembangunan, kemasyarakat dan keamanan serta penggunaan Anggaran Dana Desa ( ADD ) yang sudah disalurkan jangan sampai terdapat permasalahan dalam penggunaannya.

Camat Belang Munira bin Ali yang membuka kegiatan rakor ini menjelaskan, untuk tahapan pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di Kecamatan Belang masih boleh dikatakan aman dan kondusif.

“Untuk tahapan selanjutnya perlu dukungan TNI-Polri dalam pengamanan pada hari H nanti pada tanggal 24 September 2019,”ujar Munira.

Lebih lanjut Mantan Kepala Bidang penempatan dan produktifitas di dinas nakertrans mengajak kepada semua warga masyarakat yang di kecamatan Belang untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban teristimewa dalam rangka menjelang pemilihan Hukum Tua secara serentak di kabupaten Minahasa Tenggara.

“Jika ada informasi atau berita-berita yang berkaitan dengan Pemilihan Hukum Tua, supaya jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya kepada pihaknya, dan dihadapkan dengan cuaca panas serta angin kencang saat ini, kami berharap agar masyarakat tidak sembarangan untuk membakar hutan karena dampaknya akan berakibat pada masyarakat serta wilayah kita,”katanya.

Sementara itu kapolsek Belang IPTU Marto Dewata juga melaporkan tentang situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) ditiap Desa di Kecamatan Belang agar bisa dikoordinasikan dulu dengan pihak Kepolisian, dan bila ada kasus yang bisa diselesaikan dengan kekeluargaan supaya diselesaikan lebih dahulu tanpa harus dilimpahkan ke pihak Kepolisian.

“Kami menghimbau kepada setiap Kumtua agar pro aktif dalam menghambat peredaran minuman keras di Belang,”Katanya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut antara lain Kabag Kepemerintahan Mey Batubuaya Kepala TPI Kecamatan Belang Theresia Kindangen, BPP Kecamatan Belang Nontje Saumana, SP, Para Hukum Tua dan BPD ,serta Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat se Kecamatan Belang.

Penulis : Didi Gara