Sudah Pengajuan SP2D, Pemkab Minsel Segera Salurkan Dana Sertifikasi Guru

Amurang, Fajarmanado.com – Kabar gembira untuk 1.057 guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Minahasa Selatan. Pasalnya, dalam dekat ini dana sertifikasi guru PNS triwulan I tahun 2017 akan dibayar. Bahkan, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Minsel telah mengajukan SP2D di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Minsel.

‘’Jadi, mudah-mudahan tak meleset pekan depan sudah dibayarkan oleh BPKAD Minsel dan langsung melalui rekening masing-masing guru penerima dana sertifikasi tersebut,’’ujar Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Minsel, DR Fietber S Raco melalui Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Calvyn Mamoto, S.Pd MPd belum lama.

Menurut Mamoto, bahwa pengusulannya sudah sejak pekan kemarin. Berarti setelah SP2D terbit maka pembayarannya langsung disalurkan melalui rekening guru tersebut.

‘’Total dana sertifikasi berasal dari APBD 2017 berjumlah 11.444.001.000 miliar. Dana sertifikasi guru PNS masing-masing TK berjumlah 56, SD berjumlah 641 dan SMP berjumlah 360. Jumlah keseluruhan adalah 1.057 guru se-Minsel,’’kata Mamoto.

Mamoto menjelaskan lagi, mohon guru penerima dana sertifikasi untuk terus mengecek rekening di Bank Sulutgo. Supaya, berjalan lancar maka dimohonkan para guru penerima tak malas mengecek rekeningnya di bank terdekat.

‘’Diakuinya, soal dana sertifikasi guru sudah tertata di APBD 2017. Hanya saja, terjadi keterlambatan pembayaran. Tapi, karena sudah pengajuan SP2D. Maka berharap janji Bupati Tetty Paruntu untuk mensejahterahkan guru tak pernah pudar,’’ungkap Mamoto lagi.

Ditemui secara terpisah, sejumlah guru penerima dana sertifikasi mengaku gembira. ‘’Memang, awalnya sudah terlambat pembayaran dana sertifikasi guru tersebut. Namun, bila kabar baik diatas berhembus melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Minsel. Berarti, kita segera menikmati mulai pekan depan,’’sebut  guru-guru namun meminta namanya tak ditulis.

Dari pantauan wartawan Fajarmanado.com ruangan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dipenuhi dengan berkas-berkas. Dan informasi yang diterima, bahwa tinggal tunggu pembayaran oleh BPKAD Minsel. Bahkan, instansinya telah mengajukan SP2D.

(andries)