Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Ada Kenaikan Signifikan, Masa Uji Parkir Palang Otomatis 1 Bulan - Fajar Manado

Ada Kenaikan Signifikan, Masa Uji Parkir Palang Otomatis 1 Bulan

Ada Kenaikan Signifikan, Masa Uji Parkir Palang Otomatis 1 Bulan
Fery Keintjem, SE, Ak

Manado, Fajarmanado.com – Masa uji coba portal parkir palang otomatis di pasar Bersehati Manado, akan dilakukan selama 1 bulan, terhitung sejak tanggal 9 Oktober 2018.

Hal ini dikatakan oleh Direktur PD Pasar Manado, Fery Keintjem, SE, kepada awak media, Jumat (12/10/2018), bertempat di Mel Cafe Kompleks Ruko Citraland Manado.

“Maksud dan tujuan pemasangan portal parkir palang otomatis di pasar Bersehati, yang pertama untuk menghilangkan Pungli, kedua demi keamanan kendaraan roda dua dan roda empat.
Ketiga, harus diakui bahwa di pasar Bersehati masih ada pedagang yang tidur ditempat jualan, untuk menghilangkan itu salah satu cara dengan membebankan parkir kepada pedagang, dan keempat untuk meningkatkan PAD,” jelas Fery Keintjem.

Baca Juga :  Program 'Sabuah Lansia' Wujud Kepedulian Pemkot Manado

Dilanjutkannya, yang menjadi landasan hukum pemberlakuan portal parkir di Pasar Bersehati adalah Perda Kota Manado nomor 1 tahun 2013 tentang Pasar. Dimana untuk pengolahan parkir di wilayah Pasar, menjadi tanggungjawab PD Pasar.

“Dasar aturan sudah jelas, jadi ini bukan pungli, justru transparansi pengelolan parkir di Pasar Bersehati. Sebelum penerapan pirtal parkir plang otomatis, pendapatan parkir hanya sekitar Rp.400.000,-, setelah diberlakukan plang otomatis ada peningkatan signifikan. Kenapa waktu masih parkir manual tidak dipersoalkan, justru saat diberlakukan palang otomatis baru dipersoalkan, padahal tarifnya sama,” ungkap Fery Keintjem.

Baca Juga :  Sambut HUT ke-85, KGPM Perkokoh Komitmen Iman di Tengah Realitas Kebangsaan

Menurutnya, hasil uji coba pada hari pertama (Selasa, 9 Oktober 2018), motor yang masuk area parkir 7.500 unit, mobil 1.091 unit. Untuk hari kedua, tanggal 10 Oktober, motor 8.125 unit, mobil 1.100 unit. Jika jumlah motor yang masuk per hari dikalikan Rp.3.000,- dan jumlah mobil dikalikan Rp.5.000,-.

“Berdasarkan data uji tersebut, berapa pemasukan per hari dari parkir khusus di Pasar Bersehati. Setelah uji coba dan menerima aspirasi masyarakat serta pedagang; tentunya akan ada koreksi kedepan, demi peningkatan kualitas pelayan bagi pedagang dan juga pembeli, serta meningkatkan PAD,” pungkasnya.

 

(Jones Mamitoho)

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan