Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Ada yang Mendaftar Tapi Pilkada Minahasa 2018 Tidak Ada Calon Perseorangan

Ada yang Mendaftar Tapi Pilkada Minahasa 2018 Tidak Ada Calon Perseorangan
Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon
Tondano, Fajarmanado.com — Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa tahun 2018 dipastikan tidak akan ada pasangan calon dari jalur perseorangan atau independen.

Kertas suara yang disebarkan di bilik-bilik suara hanya terdiri dari pasangan calon (Paslon) yang diusung oleh partai politik tertentu atau gabungan partai politik.

Pasalnya, hingga Rabu (29/11/23017) tengah malam kemarin pukul 24.00, tidak ada bakal calon perseorangan yang memenuhi persyaratan ketika mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa. Ada satu Paslon independen yang mengajukan berkas pencalonan.

Sejak pendaftaran dibuka, Sabtu (25/11/2017) Paslon itu adalah Grety Kawilarang-Gerard Mentang. Mereka datang sikitar pukul 23.58 Wita tadi malam. “Namun setelah berkas diverifikasi sampai pukul 04,30 Wita, sayangnya berkas mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum ((KPU) Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon kepada Fajarmanado.com, Kamis (30/11/2017), pagi tadi.

Berkas Paslon Grety-Gerald Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berdasarkan aturan karenba formulir B1 KWK atau daftar nama-nama pendukung pasangan calon perseorangan dalam pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah hanya tersebar pada lima kecamatan, padahal seharusnya 13 dari 25 kecamatan yang berada di Kabupaten Minahasa.

Selain itu, lanjut dia, jumlah dukungan dalam bentuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) seharusnya minimal 23.362 atau 8,5 persen dari penduduk Minahasa namun yang dimasukkan hanya 670 KTP.

Disamping itu, kata Tinangon, juga tidak memiliki formulir B2 KWK atau rekapitulasi jumlah dukungan calon perseorangan dalam pemilihan bupati/ wakil bupat serta daftar dukungan tidak disertai dukungan dalam bentuk Softcopy pada Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

“Untuk itu, dalam pemeriksaan berkas kami nyatakan TMS,” tegas Ketua KPU Kabupaten Minahasa Meidy Tinangon, Kamis, dini hari tadi sekira pukul 04.00 Wita.

Menurutnya, tidak ada tambahan waktu bagi bakal calon yang dinyatakan TMS, kecuali tinggal perbaikan. Sehingga pihak KPU langsung menyatakan menolak serta tak ada proses lanjutan.

“Dipastikan tak ada calon dari jalur perseorangan. Tinggal menunggu dari Partai Politik dan atau Gabungan Partai Politik,” ungkap Tinangon.

Penulis: Fiser Wakulu

Editor   : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan