Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Atasi Banjir, Pemerintah Desa Teremaal Bangun Drainase

Atasi Banjir, Pemerintah Desa Teremaal Bangun Drainase
Hukum Tua Desa Termal, Lea Mangaehe

Likupang Barat,Fajarmanado.com – Guna mengantisipasi banjir yang sering terjadi jika curah hujan tinggi, masyarakat Desa Teremaal Kecamatan Likupang Barat membangun drainase yang dananya bersumber dari Dana Desa (Dandes) Tahun Anggaran (TA) 2017.

Kepala desa Teremaal, Lea Mangaehe mengatakan, pembangunan drainase sepanjang 344 meter itu dianggarkan Rp323.599.529, namun karena selesai pekerjaan anggarannya masih tersisa, maka pemerintah desa bersama BPD bersepakat untuk menambah volume pekerjaan sehingga panjang drainase yang dibangun menjadi 368,5 meter.

“Dengan dibangunnya drainase atau saluran air ini, air hujan bisa mengalir ke saluran air sehingga luapan air hujan pun tidak lagi membanjiri pemukiman maupun tumpah ke jalan. Pembangunan yang bersumber dari dana desa tahap ini sudah sesuai dengan keinginan dan garapan masyarakat.”katanya

Lea menjelaskan, program ini merupakan usulan dan musyawarah seluruh masyarakat, mengingat banyak pemukiman masyarakat  yang dibawah perbukitan , sehingga bila hujan turun, air selalu meluap dan membanjiri rumah warga. Ia menambahkan, pembangunan dan rehabilitasi drainase ini dilaksanakan melalui musyawarah desa.

“Kami sudah melaksanakan pembangunan ini dan sebagai pemerintah desa kami sangat beryukur karena masyarakat sangat antusias dan memberikan respon yang baik atas adanya pembangunan drainase ini. Selain pekerjaannya sesuai aturan, volume pekerja ini juga melebihi ukuran yang direncanakan.”jelasnya.

Terpisah, tokoh masyarakat desa Teremaal, Salmon Tatengkeng mengatakan, saat ini masyarakat desa Teremaal Kecamatan Likupang Barat mulai merasakan manfaat dana desa. Karena, dana desa yang merupakan program nawacita presiden Jokowi ini manfaatnya sangat besar untuk membangun infranstruktur desa, khususnya di desa Teremaal yang saat ini telah membangun drainase dengan menggunakan dana desa tersebut.

“Kami merasa bersyukur, karena, dana desa bisa langsung dirasakan oleh masyarakat dan pemanfaatannya cukup bagus dan langsung menyentuh kebutuhan masyarakat, apalagi masalah drainanse ini memang sudah menjadi prioritas pembangunan desa, “kata Tatengkeng.

Ia pun tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah, khususnya pemerintah desa yang dinilainya telah berkomitmen dan peduli terhadap kondisi desanya.

”Kami berterima kasih, masyarakat di desa ini benar-benar terbantu dengan adanya pembangunan di desa ini,”ungkapnya.

Lanjut Tatengkeng, pihaknya sangat menyesalkan sikap oknum tertentu yang sengaja menyebarkan informasi bohong soal pembangunan di desa Teremaal, padahal pembangunan yang dilaksanakan sudah sesuai aturan dan pengelolaan anggarannya dilakukan secara transparan.

“Kami masyarakat sangat mendukung pemerintah yang saat ini sedang giat-giatnya membangun desa. Informasi soal penyimpangan penggunaan dana desa adalah berita hoax atau bohong yang hanya ingin melemahkan semangat pemerintah untuk melakukan pembangunan di desa. Yang berhak menilai penyimpangan suatu pekerjaan bukanlah masyarakat, melainkan aparat pemerintah yang dalam hal ini inspektorat sebagai lembaga audit internal.”pungkasnya.(Adv)

 

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan