Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Belum Cairkan BOK, Kinerja BPKAD Minsel Dipertanyakan

Belum Cairkan BOK, Kinerja BPKAD Minsel Dipertanyakan
Drs Roby Sangkoy, MPd

Amurang, Fajarmanado.com – Kinerja Badan Pengelola Keuangan dan Kas Daerah (BPKAD) Minahasa Selatan (Minsel) kembali dipertanyakan, pasalnya hingga pertengahan tahun 2017 ini Biaya Operasional Kesehatan (BOK) untuk 17 Puskesmas di Minsel belum juga dicairkan, padahal Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik untuk kesehatan sebesar Rp 11,3 milyar sudah terparkir di rekening kas daerah. 

Menyikapi permasalahan ini, anggota komisi III DPRD Minsel Drs. Roby Sangkoy MPd, angkat bicara. Ia menyayangkan sikap kepala BPKAD yang terkesan menyepelekan penyaluran BOK ini padahal seluruh Puskesmas sangat membutuhkan dana tersebut untuk pemenuhan kebutuhan obat dan kebutuhan lainnya yang mempunyai kaitan erat dengan pelayanan kesehatan.

“Apalagi alasan kepala BPKAD untuk tidak mencairkan dana oprasional untuk Puskesmas, sedangkan dana non fisik untuk kesehatan Minsel tahun 2017 sebesar Rp 11,3 miliar sudah ada di kas daerah. ’’tanya Sangkoy.

Sangkoy juga mempertanyakan janji Kepala BPKAD Minsel Denny Kaawoan, SE MSi yang menyatakan akan segera menyalurkan dana oprasional Puskesmas. Ingat, akibat belum dibayarkan dana BOK , rata-rata Puskesmas di Minsel lambat dalam pelayanan, karena mereka tak bisa melaksanakan tanggungjawab dengan baik lantaran tak memiliki anggaran.

“Harus diingat juga bahwa, akibat keterlambatan BOK ini, BPJS Minsel belum bisa menyerahkan kartu BPJS dan KIS kepada masyarakat Minsel, untuk itu sebagai wakil rakyat saya mendesak agar BPKAD segera menyalurkan dana BOK ini agar pelayahan kesehatan tidak terhambat.”tegas Sangkoy.

Sangkoy menambahkan, menurut pernyataan kepala bagian keuangan Susan Umboh, SE, saat bertemu di kantor DPRD Minsel beberapa waktu lalu, bahwa dana BOK ini sudah masuk ke kas daerah sejak 6 juni lalu. Ia menduga dana BOK ini sudah digeser untuk kegiatan lain sehingga penyalurannya terhambat.

 

Penulis: Andries Pattyranie

Editor : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan