Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Beritndak Anarkis di Kantor KPU Minahasa, Brimob Polda Sulut Turun Tangan - Fajar Manado

Beritndak Anarkis di Kantor KPU Minahasa, Brimob Polda Sulut Turun Tangan

Beritndak Anarkis di Kantor KPU Minahasa, Brimob Polda Sulut Turun Tangan
SIGAP : Suasana simulasi penanganan aksi masa anarkis yang diperagakan personil Polres Minahasa.
Tondano, Fajarmanado.com — Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa di kompleks Stadion Maesa Tondano didemo oleh puluhan orang. Sayangnya, aksi protes unjuk rasa yang terjadi pada Jumat (5/1/2018) tadi sekira pukul 09.00 Wita, berujung anarkis.

Massa mengawali aksi anarkis dengan menyerang membabi buta kepada aparat kepolisian yang sedang berjaga di depan Kantor KPU Minahasa. Aksi tersebut terpicu akibat ketidakpuasan para pendukung salah satu calon yang kalah pada saat penghitungan suara dan penetapan calon bupati dan wakil bupati. Mereka mendesak KPU Minahasa untuk lakukan penghitungan ulang.

Sebelum terjadi aksi anarkis oleh salah satu pendukung, tim negosiator dan Dalmas yang dilengkapi dengan alat pam lebih dulu menenangkan massa agar tidak bertindal anarkis. Namun situasi tidak terkendali lagi, lantaran pendukung sudah melakukan pelemparan menggunakan batu, botol serta membakar ban didepan kantor KPU.

Baca Juga :  KNPI Minahasa Dukung OD Pecat Kepsek

Karena aksi tersebut dinilai berpotenai semakin kacau Polres Minahasa meminta bantuan kepada Pasukan Huru Hara (PHH) Brigade Mobile (Brimob) Polda Sulut, untuk lintas ganti dengan tim Dalmas dan membentuk formasi bershaf, melaksanakan pendorongan massa serta menembakan water canon juga memadamkan ban yang di bakar.

Setelah tim PHH melakukan penindakan, akhirnya akhirmas massa bubar dengan sendirinya. Selanjutnya tim kesehatan Polres Minahasa langsung melakukan pertolongan kepada korban aksi anarkis.

Baca Juga :  Keluyuran Bawa Sajam, Polisi Amankan Pria Papakelan

Namun, adegan yang berlangsung di halaman Mapolres Minahasa tersebut hanya simulasi Sispam kota dalam rangka menghadapi pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018 di Minahasa.

Dalam Simulasi tersebut, personil Polres memperagakan tentang penanganan terhadap aksi massa yang berujung anarkis di kantor KPU Kabupaten Minahasa.

Giat simulasi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung, SIK di dampingi oleh Kabag Ops Res Minahasa Kompol Achmad Sutrisno.

Juga dihadiri oleh seluruh personil Res Minahasa dan jajarannya serta para unsur Forkompida Kabupaten Minahasa, para Kadis, ketua Panwas dan Ketua KPU Minahasa.

Penulis : Fiser Wakulu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan