Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Bertemu Satgas 115 Ilegal Fishing, Olly Sebut KKP Lambat Terbitkan Izin Tangkap Ikan - Fajar Manado

Bertemu Satgas 115 Ilegal Fishing, Olly Sebut KKP Lambat Terbitkan Izin Tangkap Ikan

Bertemu Satgas 115 Ilegal Fishing, Olly Sebut KKP Lambat Terbitkan Izin Tangkap Ikan
Gubernur Olly Dondokambey, SE, didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. Ronald Sorongan, MSi dan Wakil Ketua DPRD Sulut, Wenny Lumentut, SE saat berdialog dengan Satgas 115 Ilegal Fishing di Minut, Kamis (15/11/2018) sore.
Kolongan, Fajarmanado.com — Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE bertemu dengan Tim Satgas 115 anti illegal fishing di Kolongan, Minahasa Utara (Minut), Kamis (15/11/2018) sore.

Di depan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap KKP Zulficar Mochtar, Gubernur Olly mengungkapkan lambannya proses keluarnya izin tangkap ikan bagi kapal nelayan oleh KKP.

Diketahui, izin tangkap ikan bagi kapal nelayan di bawah 30 GT berada di pemerintah provinsi. Sementara, untuk kapal nelayan di atas 30 GT berada di KKP.

Olly mengatakan, sejumlah regulasi yang dikeluarkan oleh KKP menjadi penyebab terpukulnya industri perikanan di jazirah paling utara Pulau Sulawesi ini.

Baca Juga :  Jaga Inflasi Jelang Natal, Gubernur Olly Menawarkan 4K

Oleh karena itulah, Gubernur Olly mengaku telah mengeluarkan izin tangkap ikan sementara untuk kapal-kapal yang telah memenuhi persyaratan, yang perizinannya sementara berproses di KKP.

Kebijakan ini dilakukan agar para Anak Buah Kapal (ABK) bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Kalau tidak beroperasi, ABK akan menganggur sehingga tidak mendapatkan penghasilan,” kata Gubernur¬† Olly.

Sampai saat ini, menurut dia, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut sudah mengeluarkan 36 izin melaut untuk mengatasi lambannya perizinan.

“Dari 36 kapal yang diberikan izin sementara, sudah ada 9 kapal yang dikeluarkan izin oleh pusat,” beber Olly.

Baca Juga :  Mulai Disidang Hari Ini, PKPI Siap Ladeni Gugatan Ganti Rugi Rp.553 Juta Bart Senduk

Gubernur Olly berharap nantinya ada kesepakatan bersama dengan KKP untuk mempercepat pengurusan izin bagi kapal yang memenuhi kelengkapan persyaratan sehingga tidak perlu dikeluarkan lagi izin sementara agar bisa memberikan pasokan ikan kepada industri perikanan Sulut.

Meski demikia, Gubernur Olly menyatakan siap mendukung seluruh kebijakan KKP asal ada komunikasi yang baik antara KKP dengan pemerintah daerah.

Dalam pertemuan tersebut, Olly terpantau didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, Ir Ronald Sorongan, MSi dan Wakil Ketua DPRD Sulut, Wenny Lumentut, SE.

Penulis: Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan