Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Brandon Mamengko: Modoinding Dapurnya Indonesia Timur

Brandon Mamengko: Modoinding Dapurnya Indonesia Timur
Modoinding, Fajarmanado.com — Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi kekayaan sumber daya alam sangat besar. Di antara 15 kabupaten/kota di daerah Nyiur Melambai ini, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi besar di sektor pertanian. Yakni, Kecamatan Modoinding.

Brandon Mamengko, Pemuda Minsel, menyarankan Modoinding sebagai destinasi agrowisata unggulan harus terus dijaga dan dikembangkan.

Selain mempunyai pemandangan yang indah, katanya, Modoinding juga menjadi dapur Indonesia Timur yang mampu menjadi sumber pangan yang memadai.

“Kita harapkan, pertanian di Modoinding semakin maju, dengan teknologi, akses pasar dan managemen pertanian yang modern, kita optimis Modoinding sebagai dapurnya Indonesia bisa kita wujudkan”, tutur Brandon kepada Fajarmanado.com di Modoinding, baru-baru ini.

Brandon mengatakan, wilayah Modoinding yang subur, telah menjadi andalan pertanian Sulut, khususnya di bidang tanaman hortikultura. “Modoinding berperan besar dalam menggerakkan ekonomi rakyat Sulut khususnya di salahsatu kabupaten yang dibentuk sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Minahasa ini.

Disebutkan, produksi hortikultura dari Minsel, selama ini tak hanya dikonsumsi masyarakat Sulut, tapi juga dikirim ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan di ekspor ke luar negeri.

Di antaranya kentang produksinya sekitar 70.000 ton setiap kali panen, sebagian besar dijual keluar daerah. Begitu juga bawang daun mencapai 49.500 ton, wortel 7.000 ton, tomat, 11.000 ton, yang dipanen minimal tiga bulan sekali.

Produksi hortikultura tersebut, antara lain dikirim ke Papua, Kalimantan Timur (Kaltim), Gorontalo, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Maluku. Sedangkan untuk ekspor antara lain ke Philipina Selatan, Australia, dan Malaysia.

Oleh karena itulah, Brandon mengharapkan, Minsel yang dalam hal ini Kecamatan Modoinding sebagai pusat penghasil hortikultura atau disebut dapurnya Indonesia, harus terus mendapat perhatian serius dari pemerintah provinsi maupun pusat.

Penulis: Ismail Arjuna

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan