Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Bupati ROR Hadiri Rakor Penerapan e-Planning di Jakarta - Fajar Manado

Bupati ROR Hadiri Rakor Penerapan e-Planning di Jakarta

Bupati ROR Hadiri Rakor Penerapan e-Planning di Jakarta
Bupati Minahasa Ir Royke Oltavianus Roring, MSi di sela Rakor Penerapan e-Planning dalam rangka Penyusunan Dokumen RPJMD dan RKPD tahun 2018 di Jakarta, Senin (8/10/2018).
Tondano, Fajarmanado.com — Bupati Minahasa Ir Royke Oltavianus Roring, MSi (ROR) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penerapan e-Planning dalam rangka Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018 di Jakarta, Senin (8/10/2018)

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah tersebut digelar di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta.

Rakor diikuti 171 daerah di Indonesia yang melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 ini, dibuka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, diwakili Sekjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI Drs Hadi Prabowo MM.

Baca Juga :  Wah..! Dua Pria Ditemukan Tewas di Tempat Berbeda

Selain para bupati, wali kota dan Gubernur, kegiatan tersebut juga dihadiri para Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi, Kabupaten dan Kota masing-masing.

Ketua Panitia Pelaksana, yang juga Plt Dirjen Bangda Kemendagri Diah Indrajati memaparkan, sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) diwajibkan menjadi data pembangunan daerah.

“SIPD akan memperkuat pilar-pilar instrumen pembangunan daerah berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 98 tahun 2018, yang merupakan penyempurnaan dari Permendagri nomor 8 tahun 2018,” jelasnya.

Sementara, Hadi Prabowo, saat membuka kegiatan mengatakan, pembangunan Daerah merupakan bagian dari Pemerintah Provinsi dan Pusat.

Baca Juga :  Minahasa Masih Tetinggal, Martinus Manengkey Sebut Inilah Solusinya

“Bagi daerah yang sudah E-Planing dapat mengintegrasikan dengan Kemendagri dan daerah yang belum dapat memanfaatkan E-Planing agar dapat menyusun dokumen KLHD dan aspek pelaksanaan untuk mewujudkan tata kelola yang lebih baik,” kata Prabowo.

Sementara Bupati Minahasa Royke Roring menilai kegiatan ini sangat penting dan wajib diikuti untuk perencanaan pembangunan Kabupaten Minahasa lima tahun kedepan.

“Untuk menjamin mantapnya pembangunan Kabupaten Minahasa kedepan, kegiatan ini adalah salah satu hal penting yang harus dicermati,” ujarnya, yang saat itu didampingi Kepala Bappelitbangda Minahasa Drs Donald Wagey MBA.

Penulis: Prokla Mambo

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan