Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Calon Independen Talaud Wajib Didukung 1.900 KTP

Calon Independen Talaud Wajib Didukung 1.900 KTP
Talaud, Fajarmanado.com – Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah di Kabupaten Kepulauan Talaud yang menempuh jalur Independen pada Pilkada 2018 wajib memenuhi persyaratan administrasi dan didukung minimal 10.900 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ketua KPU Talaud, Dra Velma Sumee kepada Fajarmanado.com, Rabu (23/08/2017) mengungkapkan, sesuai persyaratan calon yang siap maju melalui jalur Independent mesti mengumpul 10 persen dari total jumlah penduduk.

“Jadi kalau jumlah penduduk ada sekira 109 ribu jiwa maka calon dari Jalur Independen, butuh sekira10.900 e-KTP,” ucap Sumee saat ditemui di Melonguane.

Ia menjelaskan, sebelum KPU melakukan verifikasi faktual data KTP calon Independent, kandidat terlebih dahulu harus memasukkan  berkas jumlah KTP ke KPU.

KPU melakukan verifikasi secara faktual dengan metode sensus door to door terhadap nama pemilik KTP yang masuk tersebut. “Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya KTP ganda yang dikumpulkan kandidat,” katanya

“Saat verifikasi kita akan tanya langsung ke warga, apakah ia memang memberikan KTP untuk mendukung kandidat, atau tidak dan kita akan verifikasi apakah masuk dalam DPT atau tidak,” sambung Sumee.

Sumee memastikan akan mudah menemukan KTP ganda yang dimasukkan ke KPU karena penerbitan kartu identitas diri warga negara saat ini sudah berbasis online.

“Jadi akan mudah dicek, apalagi sudah ada dasar dari laporan masyarakat,” ujarnya sambil mrngharapkan peranserta masyarakat untuk menciptakan Pilkada 2018 yang berkwalitas.

Penulis : Jasman

Editor    : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan