Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Cegah Penyebaran DBD, Pemkab Minahasa Akan Gelar Garakan Bersih - Fajar Manado

Cegah Penyebaran DBD, Pemkab Minahasa Akan Gelar Garakan Bersih

Cegah Penyebaran DBD, Pemkab Minahasa Akan Gelar Garakan Bersih
Kabag Humpro Minahasa Drs Moudy Pangerapan, MAP
Tondano, Fajarmanado.com — Seiring Instruksi Bupati Minahasa Ir Roy Oktavian Roring, MSi untuk melakukan gerakan penanggulangan Demam berdarah (DBD), maka Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Minahasa segera melaksanakan ‘Gerakan Bersih-bersih lingkungan’ secara serentak di seluruh wilayah Tanah Toar-Lumimuut.

Kepala Bagian Humas dan Protokol (Kabag Humpro) Setdakab Minahasa Drs Moudy Pangerapan, MAP, mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan serentak pada Jumat, 11 Januari 2019 mulai pukul 07.00 Wita.

Hal tersebut sesuai surat edaran bernomor 005/004/sekt-eko-sda yang ditandatangani Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng mengatasnamakan Bupati Minahasa tertanggal 9 Januari 2019.

“Pelaksanaan Kerja bakti atau bersih-bersih akan difokuskan pada wilayah-wilayah yang berpotensi mewabahnya DBD serta membersihkan wadah-wadah yang dapat menjadi genangan air,” kata Pangerapan kepada wartawan, Kamis, (10/1/2019), tadi siang.

Baca Juga :  Lagi, Bupati ROR Beri Santunan Duka Secara Langsung

Melalui surat tersebut, menyampaikan bahwa Pimpinan OPD dapat melibatkan seluruh ASN di lingkungan kerja masing-masing dengan membawa peralatan kerja bakti.

Sementara kepada para Camat diingatkan dapat menginstruksikan seluruh Hukum Tua/Lurah bersama perangkat untuk mengajak masyarakat membersikan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan agar menginstruksikan seluruh sekolah untuk membersikaan lingkungan sekolah masing-masing.

“Bagi Desa atau Kelurahan yang memiliki kesepakatan waktu kerja bakti agar dapat menyesuaikan sesuai waktu yang disepakati. Khusus Kepala Dinas Kesehatan agar menginstruksikan para kepala puskesmas untuk melakukan fogging di wilayah yang rawan DBD,” jelasnya

Baca Juga :  Bupati ROR Kunjungi Kapal Militer Milik AS

“Khusus Kepala Dinas Lingkungan Hidup agar mengatur pembagian wilayah untuk mobil pengangkut sampah,” sambungnya.

Pangerapan menambahkan bahwa kerja bakti ini akan di pantau oleh Asisten I diwilayah Dapil III, Asisten II di wilayah Dapil II, Asisten III Dapil I dan Inspektur Daerah di wilayah Dapil IV.

“Hasil pemantauan akan dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa,” pungkas Pangerapan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, Bulan Januari 2019 berjalan ini, sudah ada 20 warga yang dinyatakan positif DBD.

Sementara untuk data sepanjang tahun 2018 lalu, terdapat 249 warga yang positif DBD. Sembilan diantaranya meninggal dunia.

Penulis: Fiser Wakulu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan