Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Cuaca Ekstrim, VAP Himbau Masyarakat Minut Waspada

Cuaca Ekstrim, VAP Himbau Masyarakat Minut Waspada
Kabag Humas Yansen R Tulung

Airmadidi,Fajarmanado.com – Hujan disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) berpotensi menimbulkan bencana alam. Untuk itu, Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) menghimbau masyarakat untuk selalu waspada menghadapi cuaca ektrim ini guna menghindari dampak buruk dari bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Himbauan Bupati ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Minahasa Utara Yansen R Tulung, Rabu (7/2). Ia mengatakan, cuaca ekstrim yang terjadi selang sepekan ini berpotensi menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor. Untuk itu masyarakat yang berdomisili di daerah rawan bencana seperti di pinggiran sungai maupun di daerah perbukitan diminta untuk selalu waspada dan selalu memantau kondisi sekitar guna meminimalisir resiko jika terjadi bencana.

“Bencana memang tidak bisa kita hindarkan, namun resiko atau dampak dari bencana itu, bisa kita minimalisir dengan meningkatkan kewaspadaan dan peka terhadap keadaan sekitar.”kata Tulung.

Tulung mengingatkan agar masyarakat untuk selalu mendoakan agar Minut terhindar dari musibah akibat cuaca ekstrim. Dia juga menghimbau kepada pemerintah desa agar terus berkoordinasi dengan kecamatan jika terjadi bencana.

“Bupati menghimbau masayarakat bersama pemerintah desa untuk tetap menjaga lingkungan dengan melakukan monitoring. Jika terjadi bencana segera laporkan ke kecamatan, begitu juga kecamatan langsung laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah.”terangnya.

Juru bicara Pemkab Minut ini menambahkan, efek cuaca ekstrim ini juga akan berdampak terhadap gelombang laut, untuk itu nelayan diminta berhati-hati disaat melaut.

“Badai bisa saja terjadi disaat nelayan berada di tengah laut, untuk itu nelayan harus lebih waspada. Bila gelombang tinggi, dan tanda – tanda akan ada badai sebaiknya nelayan jangan melaut.”imbuhnya.

 

Penulis :Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan