Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Cuaca Ekstrim, Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Cuaca Ekstrim, Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Bitung, Fajarmanado.com – Hujan deras yang mengguyur Kota Bitung akhir-akhir ini membuat sejumlah lokasi terancam banjir dan tanah longsor. Berkaca dari pengalaman beberapa tahun terakhir ini, warga yang tinggal di daerah rawan banjir dan tanah lonsor harus waspda dan bisa mengambil langkah-langkah antisipasi.

“Cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini harus diwaspadai oleh masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan tanah longsor. Pengalaman banjir yang melanda Kota Bitung beberapa tahun terakhir ini, menjadi pelajaran berharga untuk mengambil langkah-langkah antisipasi dari aemua elemen masyarakat Kota Cakalang,” ujar Jerry Lumare, Pemerhati sosial yang juga Sekretaris Gema Porodisa Kota Bitung, Sabtu (16/12).

Lumare meminta baik masyarakat maupun Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini instansi terkait, selalu waspada dan siaga. Potensi bencana banjir dimusim penghujan ini sangat besar, mengingat sistem drainase yang dinilai belum maksimal untuk menampung air hujan. Hal ini harus menjadi perhatian serius semua pihak.

“Ditambah dengan outlet atau buangan ke laut yang kurang, contohnya pusat Kota Bitung, hujan deras selama 1 jam saja bisa terjadi banjir,” pungkasnya.

Menyikapi kondisi ini, Kasubag Perlengkapab dan Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, Eduard Monangin, S. IK, mengatakan pihak BPBD Kota Bitung selalu stand by 1 x 24 jam dan terus memonitor daerah-daerah yang dianggap rawan banjir dan tanah longsor. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi, khususnya di daerah yang menjadi langganan banjir dan tanah longsor.

“Pengalaman yang terjadi beberapa waktu lalu, membuat BPBD Kota Bitung semakin mempersiapkan diri untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang akan terjadi akibat cuaca ekstrim yang melanda Kota Bitung akhir-akhir ini,” kata Monangin.

Ia juga menjelaskan, BPBD Kota Bitung telah memberlakukan piket 1 x 24 jam di Kantor, sehingga begitu ada kejadian langsung bergerak cepat untuk melakukan tindakan penanggulangan. Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, beberapa waktu lalu pihak BPBD Kota Bitung telah bekerjasama dengan TNI AL menggelar latihan untuk penanggulangan bencana.

“Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Bitung selalu siaga stand dan siap bergerak apabila terjadi bencana alam. Untuk itu kami menghimbau bagi masyarakat yang berada di titik-titik rawan bencana agar wasapada, jangan lengah dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, kadang panas kadang hujan deras. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” jelasnya. (Jones Mamitoho)

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan