Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dari 13, Hanya 9 Parpol Yang Lakukan Perbaikan Administrasi di KPU Minahasa

Dari 13, Hanya 9 Parpol Yang Lakukan Perbaikan Administrasi di KPU Minahasa
Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon
Tondano, Fajarmanado.com — Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa sementara melakukan penelitian administrasi terhadap berkas yang dimasukan partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Namun, dari 13 Parpol hanya sebulan Parpol yang wajib melakukan perbaikan.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon mengatakan, hingga batas waktu perbaikan berkas yakni 1 Desember 2017 pukul 24.00 Wita, hanya sembilan Parpol yang melakukan perbaikan. Sementara empat Parpol yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Berkarya tidak menyerahkan berkas perbaikan.

“Setelah penelitian berkas ini, baru akan kita ketahui mana Parpol yang memenuhi syarat (MS) dan mana yang tidak memenuhi syarat (TMS). Karena berkas perbaikan yang dimasukan Parpol ke KPU masik akan diteliti,” ujar Tinangon kepada wartawan di Tondano, baru-baru.

“Kalau nantinya dalam penelitian ini masih ada lagi Parpol yang tak melengkapi perbaikan yang seharusnya, maka bisa saja dari MS akan jadi TMS,” tambahnya.

Tinangon juga menjelaskan, apabila ada Parpol yang tidak melakukan perbaikan namun sudah cukup memenuhi syarat minimal, tidak akan memengaruhi hasil penelitian dan tetap akan dinyatakan MS.

“Misalnya, syarat minimalnya 100. Dari 500 syarat minimal yang dimasukkan Parpol waktu lalu, dalam penelitian awal ada sebanyak 400 syarat yang sesuai aturan. Parpol tersebut sudah bisa MS meski tak lagi melakukan perbaikan,” ungkapnya.

“Penelitian kali ini lebih difokuskan pada hasil perbaikan yang diserahkan sebelumnya oleh KPU untuk diperbaiki Parpol,” pungkasnya.

Penulis : Fiser Wakulu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan