Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Demi Angkat Pariwisata, Minsel Siap Bersaing Gaet Investor

Demi Angkat Pariwisata, Minsel Siap Bersaing Gaet Investor
Christiany Eugenia Paruntu SE
Amurang, Fajarmanado.com – Perlahan namun pasti, Pemkab Minsel sedang menggerakkan perekonomian serta mempersiapkan diri guna menggaet sejumlah investor. Apalagi, sudah terbukti Minsel memiliki sejumlah keunggulan dibanding daerah lain. Diantaranya, memiliki pelabuhan dan Sumber Daya Alam (SDA) sekaligus produsen listrik terbesar di Sulut.

Demikian kata Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE yang didampingi Wakil Bupati Franky Donny Wongkar saat membawakan sambutan dalam kegiatan di kecamatan Amurang. ‘”Sejumlah program telah dilaksanakan atau diluncurkan. Terutama, paket kemudahan dalam rangka pengurusan perizinan guna merangsang investor masuk di Minsel. Juga, didalamnya membantu bagi investor dalam rangka menyediakan lahan yang dibutuhkan,’”ujar bupati Tetty-sapaan familiarnya.

Lanjut kata bupati Tetty, sejak kepemimpinan pertama hingga kedua ini, Minsel dikenal memiliki banyak sumber daya alam. Selain itu, memiliki keuntungan geografis yang tak ada di daerah lain di Sulut. Namun, untuk mengubah menjadi ekonomis diperlukan investor untuk menata pembangunan Minsel tersebut.

‘’Artinya, saat ini, kita sedang mengandalkan masuknya investor. Pemerintah tak akan mampu melakukan sendiri tanpa ditopang investor. Oleh karena itu, kita berupaya mencari dan mendatangkan investor, baik lokal maupun nasional ataupun internasional. Yang pasti, kita akan gaet sebanyak-banyaknya investor masuk di Minsel,’’ungkap Ketua DPD II Partai Golkar Minsel tersebut.

Menurut anak sulung dari Alm Prof Dr Ir Joppy Paruntu dan Jenny J Tumbuan, SE ini bahwa selama ini banyak investor yang menyatakan siap masuk di Minsel. Bahkan, mereka sudah datang dan melihat potensi yang ada di Minsel.

‘’Hanya saja, ada beberapa hal sehingga belum terjalin. Seperti, soal kemudahan mengurus perizinan yang menjadi persoalan. Akibatnya, Pemkab Minsel mendorong hal diatas tak berlarut-larut dan menjadikan program tercepat agar investor juga tak dipersulit. Sebagai contoh, Lion Air Group, pengusaha papan atas milik Candra Kirana telah menyiapkan anggaran untuk membangun kawasan wisata di Pantai Moinit Indah, Tawaang Raya,’’jelasnya.

Untuk itu, bupati Tetty meminta siapapun investor yang siap masuk di Minsel harus dipermuda pengurusan perizinannya. Jangan persulit, bila kedapatan maka kepala dan staf akan diganti. Kedepan Minsel akan menonjolkan pembanguna sektor pariwisata dan industri pertanian serta perikanan.

“Selain investor dalam rangka pembangunan pariwisata, ada juga investor dari Jepang yang siap masuk dan mengolah pertanian dan perikanan. Jadi, kami yakin beberapa tahun kedepan kita akan melampaui pertumbuhan ekonomi provinsi dan nasional,’’pungkasnya.

 

Penulis: Andries Pattyranie

Editor   : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan