Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dibuka Menteri Agama RI, Seminar Nasional dari KGPM Untuk Indonesia

Dibuka Menteri Agama RI, Seminar Nasional dari KGPM Untuk Indonesia
Manado, Fajarmanado.com — Menteri Agama Republik Indonesia Hi. Lukman Hakim Saiffudin memberikan apresiasi kepada Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM), yang konsisten menjaga serta memelihara Toleransi di Indonesia. KGPM yang dikenal sebagai Gereja Nasionalis tetap memegang teguh komitmen kebangsaan dalam perspektif ke-Indonesian.

“Baru kali ini ada lembaga keagamaan (Gereja) yang menggelar Seminar Nasional Kebangsaan dengan mengangkat tema ‘Merawat Toleransi Satukan Nusantara’,” ujar Menteri Agama RI, saat membuka Seminar Nasional kebangsaan yang digelar oleh Panitia HUT KGPM ke-84 (29 Oktober 1933 – 29 Oktober 2017), Kamis (26/10/2017), bertempat di Graha Gubernuran Bumi Beringin.

“Di tengah kesibukan, Saya berusaha menyiapkan waktu khusus untuk menghadiri acara Seminar Nasional Kebangsaan yang digelar oleh KGPM, apa yang dilakukan adalah hal yang sangat luar biasa. Kokoh dalam keimanan, satu dalam kebangsaan. Pemerintah RI memberikan apresiasi kepada KGPM,” ungkap Lukman Hakim Saiffudin.

Ia berharap, lewat seminar ini akan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia. Ada pokok-pokok pikiran dan ide-ide yang konstruktif dalam membangun toleransi di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dikenal sebagai negara Pluralisme di mana ada beberapa agama serta ratusan suku dan bahasa. Agama sebagai lembaga spiritual yang mengajar umatnya untuk saling menghargai dan menghormati harus bisa menjadi alat pemersatu bangsa di tengah Pluralisme, bukan sebaliknya.

Usai memberikan sambutan, Menteri Agama RI didampingin Ketua Umum MPH PGI Pdt. Henrietta Hutabat – Lebang, Pdt. A. A. Yewangoe Pengarah unit Kerja Presiden RI, Steven Kandouw Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, DR. S. H. Sarundajang Ketua Majelis Pertimbangan KGPM yang juga Anggota Dewan Pers Nasional, Ketua Umum Pucuk Pimpinan (PP) KGPM Gbl. Fetricia Aling, MTh, Ketua Majelis Gembala PP KGPM Gbl. Teddius K. Batasina, STh, Sekretaris Umum PP KGPM Gbl. Francky Londa, STh, MA, dan Ketua Panitia HUT KGPM ke-84 Pnt. Ivanri Matu, melanjutkan dengan memukul Tetengkoreng sebagai tanda Seminar Nasional resmi dibuka.

Sementara itu, Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM Gbl. Fetricia Aling, MTh, kepada Fajarmanado.com mengatakan bahwa komitmen menjaga toleransi tidak berhenti sampai di Seminar Nasional Kebangsaan, tetapi akan ada tindaklanjut oleh KGPM.

“Sejak berdirinya sampai kapan pun, KGPM akan tetap konsisten menjadi pioner pemersatu bangsa di tengah perbedaan. Ini sudah menjadi harga mati bagi KGPM yang juga dikenal sebagai gereja perjuangan reformasi sesuai dengan tema kGPM ‘Yesus Kristus dalam Kebangsaan, Kebangsaan dalam Yesus Keistus’, jelas Aling.

Ditambahkannya, KGPM tetap komitmen menjadi saluran berkat Tuhan di manapun berada dan berkarya. Panji Injil terus dikibarkan, semangat pelayanan terus berkobar dalam setiap gerak juang KGPM agar tetap menjadi saluran berkat Tuhan bagi Indonesia.

“Menjadi saksi Tuhan, menjaga keutuhan sengan spirit Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai ke-Indonesian. Dalam situasi dan kondisi apapun KGPM tetap maju terus kabarkan Injil Kristus, hadirkan damai sejahtera bagi Bumi Pertiwi,” pungkasnya.

Penulis :Jones Mamitoho

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan