Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dibuka Menteri Polhukam Wiranto, Plt Bupati Mitra Ronald Kandoli Hadiri Rakornas di Jakarta

Dibuka Menteri Polhukam Wiranto, Plt Bupati Mitra Ronald Kandoli Hadiri Rakornas di Jakarta

Jakarta, Fajarmanado.com – Plt Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ronald Kandoli menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2018. yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Rakornas yang dibuka oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto ini, dihadiri oleh para bupati wali kota dan para kepala Kesbangpol se tanah air.

Ketua Panitia Penyelenggara, Sordarmo menjelaskan, Rakor bertujuan untuk menciptakan sinergitas antara pemerintah pusat, Daerah dan instansi terkait dalam penanganan konflik sosial secara konfrehensif, integritas, efektif, efisien, akuntable, dan transparan serta tepat sasaran dan adanya kesiapsiagaan dalam menghadapi Pilkada 2018.

Sementara itu Menkopolhukam Wiranto ketika memberi arahan menekankan akan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan terutama dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah, Pemilihan Umum dan Pilpres tahun 2019.

Wiranto mengingatkan, masing-masing pihak harus menyadari akan pentingnya menjaga situasi yang aman dan kondusif dalam menjaga sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, Wiranto berharap sekiranya Rakornas ini akan semakin memperkuat kesiapan seluruh daerah dalam menghadapi kontestasi Pilkada, Pemilu dan Pilpres.

“Setiap pimpinan di daerah baik propinsi maupun kabupaten/kota harus sering berkoordinasi dengan jajarannya maupun instansi vertikal yang ada didaerah masing-masing sehingga bilamana konflik sosial itu akan muncul bisa teratasi dengan cepat dan baik,”kata Wiranto mengingatkan.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan Penghargaan bagi 3 Provinsi yang dinilai berhasil dalam membangun Koordinasi dalam rangka Penanganan Konflik Sosial di daerahnya. Yakni, Provinsi Lampung, Jawa Timur dan DI Yogyakarta.

Turut hadir juga MendagriTjahyo Kumolo, Dirjen dilingkungan Kemendagri, Serta para undangan yang terdiri dari Kabinda se Indonesia, karo ops Polda dan As Intel Kajati se indonedia, Sekda Provinsi se Indonesia, kaban Kesbangpol Provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia dan bupati/wali kota se Indonesia.

Sementara itu, Plt Bupati Mitra Ronald Kandoli disela-selah kegiatan menyampaikan Rapat Koordinasi Nasional yang diselenggarakan ini sangat penting yang mempertemukan berbagai elemen untuk menyamakan persepsi dalam mengantisipasi ancaman konflik baik di tingkat nasional maupun daerah.

“Musuh bersama kita sekarang bukan lagi ancaman militer dari luar. Musuh kita sekarang adalah ancaman baru dalam bentuk terorisme, radikalisme, serta maraknya ujaran kebencian dan hoax,” terang Kandoli.

Kandoli menambahkan, dalam pesta demokrasi Pilkada di Kabupaten Mitra sangat perlu ada kerjasama semua elemen masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

”Untuk itu Saya berharap tidak ada konflik, fitnah, gesekan-gesekan yang bisa mengakibatkan pertikaian ditenga-tenga masyarakat,” harap Kandoli.

Penulis : Didi Gara

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan