Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dinas Dukcapil Minahasa Pacu Perekaman e-KTP dan KIA

Dinas Dukcapil Minahasa Pacu Perekaman e-KTP dan KIA
Kadis Dukcapil Minahasa, Riviva Maringka
Tondano, Fajarmanado.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa terus memacu perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Kepada Fajarmanado.com, Kadis Dukcapil Minahasa, Riviva Maringka mengatakan bahwa saat ini ketersediaan blangko e-KTP masih memadai. Namun apabila ketersedian tinggal sedikit, maka pihaknya akan langsung melakukan permintaan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sekarang tidak lagi kekurangan blangko. Jadi yang sudah ada dalam data untuk dilakukan pencetakan, sudah bisa memiliki KTP elektronik,” ujar Marigka di Tondano.

Dari total jumlah penduduk Kabupaten Minahasa wajib KTP, yang sudah melakukan perekaman data untuk e-KTP berada di angka 95 persen jika diprosentasikan. Hal ini juga karena peran mobil operasional keliling milik Dinas Dukcapil yang cukup maksimal.

Mobil operasional tersebut, kata dia, menjangkau sampai di wilayah pelosok Kabupaten Minahasa. Meski demikian, Maringka tak membantah bahwa tidak semua wajib KTP di wilayah yang dijangkau mobil operasional sudah melakukan perekaman, apalagi warga yang genap berusia 17 tahun.

“Setiap hari pasti ada yang akan berusia 17 tahun di Minahasa. Dan kalau tidak sempat melakukan perekaman di mobil operasional, langsung saja datang di kantor Dinas Dukcapil Minahasa di Tondano,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat untuk aktif dalam pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). “Ada KIA untuk anak dari usia 0-5 tahun. Itu tidak menggunalan foto. Hanya simbol laki-laki atau perempuan. Kemudian KIA untuk anak usia 5-16 tahun. Setelah itu jika sudah berusia 17 tahun, akan diganti dengan KTP-el,” jelas Maringka.

Penulis : Fiser Wakulu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan