Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dinas Perdagangan Minut Butuh Fasilitas Metrologi

Dinas Perdagangan Minut Butuh Fasilitas Metrologi
BENNY Mengko

Airmadidi,Fajarmanado.com – Meski sudah masuk kategori kabupaten yang sedang berkembang, namun Kabupaten Minahasa Utara (Minut) ternyata belum memiliki fasilitas metrologi sendiri untuk mengawasi alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan (UTTP). Padahal, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 1985 tentang wajib dan pembebasan untuk ditera ulang, serta syarat-syarat bagi alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya.

Hal ini diakui Kepala Dinas Perdagangan (Disper) Minut Drs Benny Mengko. Menurutnya, fasilitas metrologi untuk Minut sampai saat ini belum ada.

“Karena belum memiliki itu, makanya kita masih melakukan koordinasi dengan Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) milik Makassar. Padahal kalau dilihat penggunaannya, kepemilikan alat UTTP bagi Minut sangat dibutuhkan dan penting. Karena ini dapat melindungi kepentingan umum di sektor industri dan perdagangan, sehingga ada jaminan dalam kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan UTTP,” beber Mengko, Senin (19/6/2017).

Dijelaskan Mengko, pihaknya saat ini baru berencana untuk mengusulkan pengadaan peralatan dari metrologi. Tentunya itu dibarengi dengan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita sudah harus terlebih dahulu mempersiapkan SDM yang betul-betul mengerti tentang ini. Sehingga SDM tersebut dapat dimanfaatkan oleh industri yang saat ini sangat membutuhkan tenaga-tenaga dengan keahlian khusus di bidang kemetrologian, karena secara nasional, untuk kebutuhan SDM kemetrologian di pemerintah pusat dan daerah di masa mendatang diperkirakan mencapai 3.000 orang. Hal tersebut dapat diprediksi, seiring tingkat penambahan penggunaan alat UTTP yang sangat signifikan dengan pertumbuhan ekonomi secara nasional melalui transaksi perdagangan baik di dalam maupun luar negeri,” terang Mengko.

Penulis : Rusdiyanto Rantesalu

Editor : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan