Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dinas Pertanian dan TNI, Cetak Sawah Baru 20 Hektar di Desa Sawangan

Dinas Pertanian dan TNI, Cetak Sawah Baru 20 Hektar di Desa Sawangan
Peninjauan Lokasi Pencetakan Sawah Baru Oleh Kepala dinas pertanian Jan Sinaulan, bersama aparat TNI dan Hukum Tua Desa Sawangan, Stendry Wangke

Airmadidi,Fajarmanado.com – Dinas pertanian kabupaten Minahasa Utara, bekerja sama dengan Kodim 1310 Bitung akan membuka lahan baru areal persawahan seluas 20 hektare pada tahun 2017 ini di desa Sawangan kecamatan Airmadidi. Program cetak sawah baru ini dilaksanakan untuk menjaga ketahanan pangan di Minahasa Utara.

Kepala dinas pertanian Minahasa Utara (Minut), Jan Sinaulan mengatakan, pencetakan sawah baru di desa Sawangan akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pihaknya bersama TNI telah melakukan survey dilapangan untuk memastikan kelayakan lokasi yang akan dicetak sawah baru.

“Rencananya kita akan cetak sawah baru seluah 20 hekar di desa Sawangan. Kita tinggal menunggu peralatan dari TNI yang akan diturunkan ke lokasi untuk pencetakan sawah baru.”kata Sinaulan, Rabu (22/11).

Sinaulan menjelaskan, pemerintah kabupaten Minahasa Utara melalui dinas pertanian telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk pencetakan sawah baru seluas 300 hektar. Target tersebut menurutnya belum tercapai namun sudah ada beberapa desa yang saat ini sedang mengerjakan pencetakan sawah baru.

“Memang capaian kita sampai saat ini untuk pencetakan sawah baru masih minim, untuk itu pihak TNI akan menurunkan alat sebanyak mungkin untuk mengejar target tersebut sebab sawah baru yang dicetak belum mencapai 100 hektar.”terang Sianulan.

Hukum tua desa Sawangan, Stendry Wangke menyambut baik program pencetakan sawah baru di desa Sawangan. Pihaknya optimistis program yang baru pertama kali di desa Sawangan itu bisa membuka pintu kesejahteraan bagi warga, sekaligus mendukung Minahasa Utara menuju swasembada beras ditahun 2018 mendatang.

“Kami sangat berterima kasih kepada TNI dan dinas pertanian yang akan membuka lahan sawah baru di desa Sawangan. Saya telah berkoordinasi dengan masyarakat sebagai pemilik lahan untuk menyukseskan program cetak sawah baru di desa Sawangan.”ujar Wangke.

Ia berharap, program ink dapat berhasil dan membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

 

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan