Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dinilai Pekan Depan, Puskesmas Kawangkoan Siap Diakreditasi

Dinilai Pekan Depan, Puskesmas Kawangkoan Siap Diakreditasi
Kepala Puskesmas Kawangkoan, dr Maya Rumimper-Rambitan MKes memimpin langsung bakti sosial pengobatan gratis dalam rangka HUT Minahasa ke-589 dan Hari Kesehatan Nasional 2017 di Kelurahan Sendangan Selatan, Kecamatan Kawangkoan, Jumat (03/11/2017) lalu.
Kawangkoan, Fajarmanado.com – Manajemen Puskesmas Kawangkoan, Minahasa kini menyatakan siap diakreditasi nasional. Menyambut tim yang akan turun pekan depan, berbagai persiapan pun semakin dimatangkan.

Jumat (01/12/2017), hari ini, tampak dilakunan persiapan lokasi, terutama kian mempersolek perfomance puskesmas yang berada di Kelurahan Uner, Kecamatan Kawangkoan Utara ini.

Pembersihan dan penataan lingkungan tampak terlibat warga sekitar, bahkan pemerintah Kelurahan Uner yang dipimpin langsung Lurah Julia Sarayar. “Kami peduli, Puskesmas ini bahkan ditingkatkan jadi rumah sakit,” katanya ketika ditemui Fajarmanado.com di halaman Pukesmas Kawangkoan, pagi tadi.

Kepala Puskesmas Kawangkoan dr Maya Rumimper-Rambitan MKes mengungkapkan, pihaknya telah memberdayakan dan membiasakan semua masyarakat menjadikan pelayanan puskesmas layaknya rumah sakit.

“Semua sudah kami sosialisasikan. Saya bersyukur masyarakat sudah memahami, begitupun dengan dokter dan paramedis, telah terbiasa sesuai dengan bertugas di rumah sakit,” papar dr Maya.

Ia pun menyatakan keyakinannya bahwa semua jajaran Puskesmas Kawangkoan telah siap dinilai atau diakreditasi tim Kementerian Kesehatan RI. “Kapan pun, kami sudah siap,” tandas isteris Ketua PAC Kawangkoan, Denny Rumimper, SE ini.

Jauh sebelum penilaian, dr Maya telah melakukan berbagai terobosan untuk menyukseskan akreditasi nasional terhadap Puskesmas Kawangkoan. Task heran, awal Mei 2017 lalu, dukungan masyarakat Kawangkoan dan Kawangkoan Utara telah diwujudkan dalam bentuk penandatanganan komitmen bersama saat Mini Lokakarya Lintas Sektoral Puskesmas Kawangkoan di Aula Kelurahan Kinali, Kecamatan Kawangkoan, Selasa (09/05/2017).

Gerakkan moral itu diawali Camat Dra Meyke Margo Rantung, diikuti Wakapolsek Aiptu Anthon Tumbelaka, Ketua BKSAUA Kawangkoan Pdt Helly Meily Pontoh, STh, Gbl Joike Rambitan, STh, Gbl Simon Petrus Ramapolii, para lurah, hukum tua, pengurus LPMK dan BPD serta tokoh masyarakat Kawangkoan.

“Kita patut bersyukur, penunjukkan Puskesmas Kawangkoan ikut akreditasi nasional ini bukan karena usulan pihak manapun tetapi berdasarkan hasil penilaian dan ditunjuk langsung oleh Kementerian Kesehatan,” jelas dr Maya.

Ia mengatakan, sukses akreditasi ini amat bergantung peranserta semua pihak, terutama masyarakat yang menggunakan jasa Puskesmas Kawangkoan. “Selain tentunya para dokter, paramedis dan pegawai Puskesmas sendiri,” ungkapnya.

Ada beberapa faktor layanan yang harus dipatuhi dan diberlakukan sesuai SOP (Standar Operasional Pelayanan) Pukesmas terakreditasi. Antara lain, jam buka pelayanan pengambilan karcis hanya bisa dilayani selang jam 8 sampai 11 siang setiap hari.

“Lewat 5 menit jam 11 siang, tidak bisa dilayani lagi sebagaimana yang diterapkan di rumah-rumah sakit selama ini. Jadi masyarakat juga diajarkan untuk membiasakan diri tepat waktu bila ingin berobat di Puskesmas,” jelasnya. Namun, lanjut dia, UGD tetap buka seperti biasanya, 1×24 jam.

Di pihak lain, mental pelayanan pegawai, paramedis dan dokter juga dibenahi. “Semua dituntut harus senantiasa bersikap ramah, tidak angkuh, apalagi membentak-bentak pasien,” ungkap, wanita simpatik ini.

Penulis: Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan