Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Disnaker Ingatkan Perusahaan, Bayar THR Satu Minggu Sebelum Natal

Disnaker Ingatkan Perusahaan, Bayar THR Satu Minggu Sebelum Natal
Kadis Tenaga Kerja Minut, Arnold Fredrik

Airmadidi,Fajarmanado.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Minahasa Utara, Arnold Fredrik menghimbau kepada seluruh perusahaan di Minahasa Utara untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambat satu minggu sebelum perayaan natal. Dan untuk memperjuangkan hak para kerja, Disnaker akan membuka pos pengaduan THR.

Arnold Fredrik mengatakan, pembayaran THR merupakan suatu keharusan yang harus dilaksanakan oleh pengusaha dalam setiap perayaan hari raya, untuk itu tidak ada alasan bagi pengusaha atau perusahaan yang tidak membayar THR, dan pendirian pos pengaduan THR bertujuan untuk memperjuangkan hak para pekerja yang tidak dibayarkan oleh pihak perusahaan. Ia mengingatkan bahwa perusahan yang tidak membayar THR akan dikenakan sangsi administrasi hingga pembekuan kegiatan usaha.

“Bagi perusahaan yang terlambat membayar THR akan dikenakan sanksi berupa denda 5 persen dari total THR. Pengenaan denda tidak menghilangkan kewajiban untuk tetap membayar THR, untuk itu kami mendirikan pos pengaduan THR agar para pekerja bisa melaporkan perusahaan yang tidak menunaikan kewajibannya kepada pekerja, dan kami tidak segan-segan untuk memberikan sangsi kepada perusahaan tersebut.”Tegas Fredrik, Selasa (5/12).

Adapun besaran THR lanjut Fredrik, akan disesuakan dengan masa kerja, untuk pekerja dengan masa kerja 12 bulan secara terus-menerus atau lebih mendapat THR setara 1 bulan upah. Sementara, jika masa kerjanya kurang dari 12 bulan maka dihitung secara proporsional. Cara menghitungnya, masa kerja dibagi 12 dikalikan upah per bulan.

“Sanksi itu diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang tata cata pemberian sanksi administratif dan peraturan pemerintah nomor 78 Tahun 2015. Sanksi ini berupa teguran tertulis dan pembatasan kegiatan usaha.”terangnya.

Berdasarkan data, jumlah pekerja di Minut sebanyak 10.303 dengan jumlah perusahaan sebanyak 326. Jumlah tenaga kerja asing (TKA) sebanyak 79 orang.

 

Penulis :Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan