Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Divisi Humas Polri: Hantam Hoax Dengan Baca, Tanya, Cek, dan Pastikan - Fajar Manado

Divisi Humas Polri: Hantam Hoax Dengan Baca, Tanya, Cek, dan Pastikan

Divisi Humas Polri: Hantam Hoax Dengan Baca, Tanya, Cek, dan Pastikan
AKBP Iwan Permadi, SE., (kiri) saat membawakan materi dalam kegiatan Literasi Media yang dilaksanakan oleh Divisi Humas Polri, Kamis (22/11/2018), bertempat di Hotel Grand Puri Manado
Manado, Fajarmanado.com — Berdasarkan data statistik ada 800.000 jumlah situs berita hoax di Indonesia, 120.000.000 jumlah berita hoax perbulan, dan ada sekitar 90% pengguna media sosial dan online yang tidak pernah  cross check.

Hal ini dikatakan oleh Kasubdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulut AKBP Irwan Permadi, SE., dalam diskusi panel Literasi Media ‘Edukasi Bicara Baik dan Bijak Bermedia Sosial’ yang dilaksanakan oleh Divisi Humas Polri Wilayah Hukum Polda Sulut, Kamis (22/11/2018), bertempat di Hotel Gran Puri Manado.

Baca Juga :  Hebat..! Dua Polres di Sulut Ini Masuk Daftar Terbaik Pelayanan SKCK

“Di Sulut, ada beberapa akun tanpa pemilik dan dipergunakan untuk menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian, dan sara, antara lain akun Tim Polresta Manado dan Berita Bitung yang memiliki pengikut mencapai puluhan ribu,” jelas Iwan Permadi.

Dilanjutkannya, untuk ‘menghantam’ berita hoax, pengguna medaos dan online pada saat menerima atau membaca sebuah informasi/berita, harus Baca, Tanya, Cek, dan Pastikan.

Baca informasi secara utuh, lihat lebih detail dan teliti isinya. Tanya kepada penyebar informasi, konfirmasi dari mana asal informasinya. Cek sumber informasi apakah dari media yang kredibel. Pastikan melalui search engine apakah ada berita yang sama,” jelas Permadi.

Baca Juga :  Hebat..! Libatkan Peserta Terbanyak, Sulut Juara POPWIL V 2018

Sementara itu, Kompol Makung Ismoyo Jati, SIK, M.Si, Kasubag Medsos Bag Diseminasi Info Digital Biro Multimedia Divisi Humas Polri, dalam kesempatan tersebut menjelaskan teori ‘Gunung Es’ Kepolisian Proaktif.

Selain dari pihak Kepolisian, pembicara dalam panel diskusi Literasi Media dari Dinas Kominfo Provinsi Sulut dan Mewakili Akademisi Unsrat Manado.

 

(Jones Mamitoho)

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan