Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Dukung Program Sejuta Rumah, Pemerintah Permudah Izin Pembangunan Perumahan

Dukung Program Sejuta Rumah, Pemerintah Permudah Izin Pembangunan Perumahan
Kabid Penyelenggara Perizinan dan Non Perizinan Dinas PMPTSP Minut, Charles. y Panambunan

Fajarmanado.co – Untuk mendukung program sejuta rumah dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) berupaya memudahkan perizinan guna mempercepat program satu juta rumah terlaksana di Minahasa Utara.

Kepala bidang penyelenggaraan perizinan dan non perizinan dinas PMPTSP Minut, Charles Panambunan menuturkan pemberian kemudahan dalam pengurusan izin pembangunan perumahan sesuai dengam Permendagri Nomor 55 Tahun 2017. Dalam Permen tersebut mengatur agar pemerintah daerah dapat memberi kemudahan dalam pengurusan perizinan dan non perizinan kepada pengembang yang melaksanakan pembangunan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Permendagri 55 tahun 2017 mengatur agar pemerintah daerah bisa mengambil peran dalam program sejuta rumah melalui penyederhanaan pelayanan seperti penghapusan perizinan, percepatan waktu pengurusan perizinan, dan penggabungan perizinan,”kata Panabunan, Rabu (6/12).

Panambunan menjelaskan, realisasi program sejuta rumah di Minahasa Utara belum menggembirakan karena sejumlah kendala, diantaranya menyangkut perizinan, penyediaan lahan, atau ketersediaan anggaran dan skema pembiayaan. Ada pun Permendagri Nomor 55 Tahun 2017 yang sudah diundangkan sejak 20 Juli lalu mengatur agar dinas PMPTSP memberi kemudahan dalam pengurusan perizinan dan non perizinan kepada pengembang yang akan melaksanakan pembangunan perumahan bagi MBR.

“Dengan adanya kemudahan ini, pengurusan izin pembangunan perumahan menjadi simpel dan mudah. Para pengembang perumahan MBR cukup mengurus SPPL, pengesahan side plan dan pengecekan tataruang. Namun hal ini hanya berlaku untuk pembangunan perumahan tipe 36 kebawah.”jelasnya.

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan