Fajar Manado http://fajarmanado.com Media Informasi Publik Mon, 16 Sep 2019 02:36:11 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 http://fajarmanado.com/wp-content/uploads/2016/08/cropped-favicon-32x32.png Fajar Manado http://fajarmanado.com 32 32 Yang Anak Zaman Now, Bisa Kenang dari BJ Habibie http://fajarmanado.com/2019/09/16/yang-anak-zaman-now-bisa-kenang-dari-bj-habibie/ http://fajarmanado.com/2019/09/16/yang-anak-zaman-now-bisa-kenang-dari-bj-habibie/#respond Mon, 16 Sep 2019 02:36:11 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56443 Oleh : Yan Okhtavianus Kalampung Dosen di IAKN Manado. TEPAT tanggal 11 September 2019, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan berita meninggalnya salah seorang mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) pada usia 83 tahun. Ruddy Habibie, sapaan familiar putra kelahiran Pare Pare ini, sempat melewati perawatan di Rumah Sakit dan bahkan sempat juga oleh netizen dikabarkan […]

The post Yang Anak Zaman Now, Bisa Kenang dari BJ Habibie appeared first on Fajar Manado.

]]>
Oleh : Yan Okhtavianus Kalampung
Dosen di IAKN Manado.

TEPAT tanggal 11 September 2019, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan berita meninggalnya salah seorang mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) pada usia 83 tahun.

Ruddy Habibie, sapaan familiar putra kelahiran Pare Pare ini, sempat melewati perawatan di Rumah Sakit dan bahkan sempat juga oleh netizen dikabarkan meninggal dunia pada beberapa hari yang lalu.

Ibarat ramalan, akhirnya berita hoax itu jadi kenyataan. Kita kehilangan salah satu tokoh kebanggaan Indonesia.

Ruddy Habibie dikenal luas sebagai sosok yang sederhana diiringi dengan bentuk tubuh yang tidak tinggi rupanya tidak sebanding dengan pemikirannya yang tinggi menjulang di dunia.Ia dikenal sebagai seorang jenius Indonesia.

Dalam bukunya yang berjudul The True Life of B. J. Habibie, A. Makmur Makka menjelaskan serentetan penghargaan tingkat dunia yang pernah direngkuh oleh Habibie dari berbagai negara, seperti Jerman, Inggris, Swedia dan Amerika Serikat. Ia sendiri memang sudah memiliki pengalaman tingkat dunia sejak muda.

Beberapa tahun belakangan ini, Habibie mulai diperbincangkan kembali setelah ia menuliskan buku autobiografi Habibie dan Ainun.

Di dalamnya berkisah tentang bagaimana ia berjumpa dan menjalani kehidupan bersama almarhumah istrinya sejak mereka masih remaja hingga kemudian berjumpa kembali saat Habibie menyelesaikan studi S2 di Jerman.

Kemudian, ia menjalani hidup di Jerman sambil melanjutkan studi doktoral dan akhirnya menjadi Profesor di sana.

Buku ini kemudian digubah menjadi film layar lebar dengan judul sama yang membuat Habibie dan Ainun dikenang oleh anak muda zaman Now sebagai simbol dari cinta sejati.

Film tersebut kemudian berlanjut ke sekuelnya yang berjudul Rudy Habibie yang berkisah mengenai kiprahnya saat menjadi mahasiswa Indonesia di Jerman.

Saat ini sebenarnya sementara persiapan untuk meluncurkan Film yang ketiga dengan tokoh Ainun yang diperankan oleh Maudy Ayunda, namun belum juga film itu ditayangkan, sang tokoh sudah duluan dipanggil pulang Tuhan.

Kuliah dan Nasionalisme yang tak terpisahkan
Perhimpunan Pelajar Indonesia atau sering disingkat PPI adalah organisasi kemahasiswaan yang termasuk paling mewawancarai Habibie.

Dalam jejak virtual Youtube, tercatat sebagian besar organisasi PPI di seluruh dunia pernah mewawancarainya. Seperti PPI Belanda, PPI Jerman dan beberapa PPI di kota-kotanya, PPI Turki dll.

PPI sendiri adalah organisasi perhimpunan mahasiswa dan pelajar yang sementara menuntut ilmu di seluruh dunia.

Habibie menjadi teladan bagi seluruh pelajar Indonesia terutama soal bagaimana bisa sukses selama studi di luar negeri.

Tak bisa dipungkiri, studi hingga tingkat pascasarjana merupakan salah satu trend dari anak zaman now.

Dengan akses berlimpah di internet, tiap anak muda bisa mengupayakan agar bisa studi sampai tingkat tertinggi bahkan di luar negeri.

Inilah kemudahan yang bisa dengan mudah diakses oleh anak zaman now. Sehingga tidak heran jumlah anak muda Indonesia yang sementara studi di luar negeri terbilang banyak jika dibandingkan dengan zaman Habibie kuliah dulu.

Salah satu persoalan yang dimiliki oleh anak zaman now adalah bagaimana memilliki visi yang mumpuni demi masa depan Indonesia.

Berbagai teori sudah mengatakan bahwa generasi milenial seringkali disebut sebagai generasi malas dan suka berfoya-foya. Ini nampak dari persoalan di media sosial ketika para penerima beasiswa LPDP pernah dihujat oleh netizen karena sering pamer jalan-jalan di luar negeri.

Belajar ke luar negeri bukan untuk menggali ilmu sebanyak mungkin tapi hanya menjadi sarana untuk jalan-jalan.

B. J. Habibie menjadi sosok yang baik untuk ditinjau dalam hal ini.

Dari film Rudy Habibie, kita melihat bahwa semasa muda Habibie menganggap kuliah bukanlah hal yang remeh. Ia menghabiskan banyak waktu untuk belajar dengan serius di bangku kuliah sambil aktif di organisasi kemahasiswaan yang memiliki kepedulian besar bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Dalam posisi ini, Habibie bisa disejajarkan dengan para pendiri Negara Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Sam Ratulangie, dll yang menghabiskan waktu studinya bukan hanya untuk belajar tapi juga menyusun strategi sedemikian rupa untuk mengusahakan kemerdekaan Indonesia.

Inilah yang bisa terus diteladani oleh anak zaman now. Walaupun situasi dan zaman kita dengan Habibie sudah berbeda namun dengan berbagai kemudahan yang kita miliki sekarang seharusnya memberi kesempatan besar bagi kita untuk memberi sumbangsih bagi kemajuan bangsa.

Sosok Habibie memang punya kiprah dalam berbagai bidang entah itu politik, ilmu pengetahuan, dan kemanusiaan.

Dalam berbagai kiprahnya itu, banyak kontroversi yang muncul dari setiap tindak yang dimilikinya. Namun sebagai orang yang hidup di masa kemajuan teknologi.

Kisah hidup Habibie sebagai anak muda yang peduli dengan nasib bangsanya patut dicontoh oleh anak zaman Now.

Generasi Milenial sebagai penerus tongkat estafet kemajuan bangsa perlu meniru salah satu sosok kebanggaan rakyat Indonesia ini agar Indonesia Emas yang diidamkan itu bukan hanya menjadi isapan jempol belaka di masa depan.

Terima kasih untuk pengabdianmu Pak B. J. Habibie. Selamat Jalan. Auf Wiedersehen Profesor !

*****

The post Yang Anak Zaman Now, Bisa Kenang dari BJ Habibie appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/16/yang-anak-zaman-now-bisa-kenang-dari-bj-habibie/feed/ 0
Awas..! Uang Palsu Kembali Beredar di Sulut, Polisi Tangkap 1 Tersangka http://fajarmanado.com/2019/09/15/awas-uang-palsu-kembali-beredar-di-sulut-polisi-tangkap-1-tersangka/ http://fajarmanado.com/2019/09/15/awas-uang-palsu-kembali-beredar-di-sulut-polisi-tangkap-1-tersangka/#respond Sun, 15 Sep 2019 05:32:24 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56435 Kauditan, Fajarmanado.com — Ini harus diwaspadai. Uang palsu kembali ditemukan beredar di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Modus operandi peredarannya yang ditemukan kali ini dilakukan dengan membeli barang di pasar-pasar tradisional dan tak menutup kemungkinan di warung-warung. Faktanya, seorang tersangka berinisial IS, pria 53 tahun warga Kelurahan Wonasa, Kecamatan Singkil, Kota Manado berhasil diamankan Kanit […]

The post Awas..! Uang Palsu Kembali Beredar di Sulut, Polisi Tangkap 1 Tersangka appeared first on Fajar Manado.

]]>
Kauditan, Fajarmanado.com — Ini harus diwaspadai. Uang palsu kembali ditemukan beredar di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Modus operandi peredarannya yang ditemukan kali ini dilakukan dengan membeli barang di pasar-pasar tradisional dan tak menutup kemungkinan di warung-warung.

Faktanya, seorang tersangka berinisial IS, pria 53 tahun warga Kelurahan Wonasa, Kecamatan Singkil, Kota Manado berhasil diamankan Kanit SPKT Polsek Kauditan Aiptu Joudy Kusoy bersama personil Reskrim Aipda Jeter Pelasula di Kauditan, Jumat (13/9/2019).

Tersangka diduga mengedarkan uang palsu di pasar tradisional Kauditan Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Di tangan tersangka yang mengendarai mobil Avansa warna hitam tersebut ditemukan 29 lembar uang palsu pecahan Rp.100 ribu dan 41 lembar pecahan Rp.50 ribu.

Peristiwa penangkapan terhadap IS berawal dari saat tersangka belanja di tempat jualan milik pelapor bernama Suriyani Tanggomo. IS membeli cabe setengah liter dengan memberikan uang pecahan Rp.50 ribu.

Usai menyerahkan uang, tersangka langsung bergegas pergi.

Melihat gelagat IS, korban Suriyani curiga. Ia pun mengamati uang yang dibayarkan IS. Sadar kalau uang kertas pecahan 50 ribuan tersebut adalah uang palsu, Suryani bersama warga lainnya mengejar IS. Sementara warga lainnya bergegas melapor ke Polsek Kauditan.

Mendapat kabar ini, Aiptu Joudy Kusoy bersama Aipda Jeter Pelasula langsung berbegas menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP), kemudianm enjemput dan mengamankan tersangka bersama barang bukti, termasuk mobil yang digunakannya di Polsek Kauditan.

Kapolsek Kauditan Iptu Ahmad Bastari SSos membenarkan penangkapan IS. Ia juga membenarkan kalau dari tangan terdangka ditemukan uang kertas palsu pecahan 100 ribu sebanyak 29 lembar dan pecahan 50 ribu palsu sebanyak 41 lembar.

“Dan saat ini terlapor sudah diamankan di Polsek Kauditan dan sementara dalam proses penyidikan,” ujarnya.

Kapolsek Ahmad Bastari mengapresiasi kesigapan dan kesadaran maayarakat yang dengan cepat melaporkan hal-hal yang mengganggu Kamtibmas seperti ini.

Editor : Herly Umbas

The post Awas..! Uang Palsu Kembali Beredar di Sulut, Polisi Tangkap 1 Tersangka appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/15/awas-uang-palsu-kembali-beredar-di-sulut-polisi-tangkap-1-tersangka/feed/ 0
Syukuri HUT Pernikahan, Srikandi Banteng Ini “Adopsi” 15 Anak Panti Asuhan http://fajarmanado.com/2019/09/15/syukuri-hut-pernikahan-srikandi-banteng-ini-adopsi-15-anak-panti-asuhan/ http://fajarmanado.com/2019/09/15/syukuri-hut-pernikahan-srikandi-banteng-ini-adopsi-15-anak-panti-asuhan/#respond Sat, 14 Sep 2019 17:39:10 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56424 Tomohon, Fajaranado.com — Setiap orang  atau pun keluarga punya cara sendiri dalam mengucap syukur. Begitu pun dengan srikandi Banteng ini. Tanggal 9 September 2019, Sandra Rondonuwu, STh, SH memang layak bersyukur. Pasalnya, politisi PDI Perjuangan ini sah dilantik menjadi anggota DPRD Sulawesi Utara 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara (Minsel-Mitra). […]

The post Syukuri HUT Pernikahan, Srikandi Banteng Ini “Adopsi” 15 Anak Panti Asuhan appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajaranado.com — Setiap orang  atau pun keluarga punya cara sendiri dalam mengucap syukur. Begitu pun dengan srikandi Banteng ini.

Tanggal 9 September 2019, Sandra Rondonuwu, STh, SH memang layak bersyukur.

Pasalnya, politisi PDI Perjuangan ini sah dilantik menjadi anggota DPRD Sulawesi Utara 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara (Minsel-Mitra).

Keberhasilan Saron, sapaan familiar isteri Veldy Umbas, itu disyukuri dengan cara  seakan ‘mengadopsi’ anak-anak penghuni Panti Asuhan Gideon di Desa Popontolen, Kecamatan Tumpaan, Minsel pada Sabtu (14/9/2019).

Tanggal 14 September 2019 ternyata sengaja dipilih karena bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pernikahan  Keluarga Veldy Umbas-Rondonuwu yang ke 15.

“Ya, tentunya ini sangat istimewa dan patut di syukuri kepada Tuhan, kami merayakan hari ulang tahun pada 12 September, dan puncaknya hari ulang tahun pernikahan pada 14 September,” komentar Sandra.

Saron pun tak putus-putusnya memanjatkan syukur kepada Tuhan. Termasuk diwujudkan dengan cara berbagi sukacita dengan 15 anak panti asuhan Gideon milik Yayasan Waras Indonesia dibawah pimpinan Victor Palar.

Tak pelak, anak-anak panti ini pun sangat bersyukur. Apalagi ketika Saron secara spontan datang melayani anak-anak dan memeluk mereka satu persatu, layaknya memcurahkan kasih sayang kepada anak-anak penghuni panti.

Dengan penuh keakraban dan kebersahajaan, Saron nampak sedang berada di tengah-tengah anak-anaknya sendiri.

“Anak-anak, mulai saat ini kalian semua adalah anak-anak mami. Dan kalian boleh memanggil mami Sandra. Kapan pun dan di manapun kalian bertemu saya, panggil saja saya mami. Karena kalian semua sudah saya anggap seperti anak saya sendiri maka saya secara rutin akan mengunjungi kalian,” ujar Sandra.

Ucapan Saron itu langsung disambut tepuk tangan sukacita.

Menurut Sandra Rondonuwu, dalam kapasitasnya sebagai anggota DPRD Sulut berharap bisa melakukan yang terbaik bagi mereka karena ditangan merekalah bangsa ini kelak akan sangat ditentukan.

“Sabagai orang yang beriman, kita mempercayai mereka adalah wujud asli dari kehadiran Tuhan dimuka bumi ini sementara dalam dasar negara kita disebutkan mereka harus dipelihara negara. Karena itu, tugas saya adalah memastikan semua anak-anak ini terfasilitasi dengan baik apakah itu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan mereka,” tandas Saron.

Penulis: Prokla Mambo

The post Syukuri HUT Pernikahan, Srikandi Banteng Ini “Adopsi” 15 Anak Panti Asuhan appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/15/syukuri-hut-pernikahan-srikandi-banteng-ini-adopsi-15-anak-panti-asuhan/feed/ 0
Usai Dilantik,ADR Sebut Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat http://fajarmanado.com/2019/09/14/usai-dilantikadr-sebut-siap-perjuangkan-aspirasi-rakyat/ http://fajarmanado.com/2019/09/14/usai-dilantikadr-sebut-siap-perjuangkan-aspirasi-rakyat/#respond Sat, 14 Sep 2019 12:23:12 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56417 Ratahan,Fajarmanado.com – Usai dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Rabu(11/9/2019) di Sporthall, Arter Dotulong  Runturambi,S,IP (ADR) mengaku siap memperjuangkan aspirasi masyarakat, Politisi Muda dari PDI Perjuangan Mitra yang  meraih suara terbanyak ke Empat dari daerah pemilihan (Dapil) Minahasa Tenggara Tiga , dari partai PDI Perjuangan , yang akan melaksanakan […]

The post Usai Dilantik,ADR Sebut Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat appeared first on Fajar Manado.

]]>
Ratahan,Fajarmanado.com – Usai dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Rabu(11/9/2019) di Sporthall, Arter Dotulong  Runturambi,S,IP (ADR) mengaku siap memperjuangkan aspirasi masyarakat,

Politisi Muda dari PDI Perjuangan Mitra yang  meraih suara terbanyak ke Empat dari daerah pemilihan (Dapil) Minahasa Tenggara Tiga , dari partai PDI Perjuangan , yang akan melaksanakan tugas selama 5 tahun kedepan periode 2019-2024.

“Saya dari rakyat dan dipilih oleh rakyat. Jadi, saya siap mengawal dan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi rakyat di DPRD nanti,” ucap Arter.

Tak hanya itu,Arter menuturkan akan membangun sinergitas bersama rekan-rekan anggota DPRD dengan Pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara , demi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Membangun sinergitas itu penting. Sebab itu juga untuk mengawal setiap program pemerintah yang pasti akan dijalankan nanti,” pungkas Arter.

Penulis : Didi Gara

The post Usai Dilantik,ADR Sebut Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/14/usai-dilantikadr-sebut-siap-perjuangkan-aspirasi-rakyat/feed/ 0
Material Pengerjaan Drainase di Tontalete Resahkan Warga http://fajarmanado.com/2019/09/14/material-pengerjaan-drainase-di-tontalete-resahkan-warga/ http://fajarmanado.com/2019/09/14/material-pengerjaan-drainase-di-tontalete-resahkan-warga/#respond Sat, 14 Sep 2019 11:41:39 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56412 Airmadidi,Fajarmanado.com – Proyek pengerjaan pembuatan drainase di Desa Tontalete, Kecamatan Kema, menjadi sorotan warga khususnya pengguna jalan. Bahkan para pengedara roda dua maupun roda empat saat melintasi area proyek tersebut merasa resah dengan tumpukan material proyek yang telah memakan hampir 1/2 bahu jalan. “Sisa-sisa pengerjaan material proyek tersebut di biarkan berserakan tidak beraturan di bahu- […]

The post Material Pengerjaan Drainase di Tontalete Resahkan Warga appeared first on Fajar Manado.

]]>
Airmadidi,Fajarmanado.com – Proyek pengerjaan pembuatan drainase di Desa Tontalete, Kecamatan Kema, menjadi sorotan warga khususnya pengguna jalan. Bahkan para pengedara roda dua maupun roda empat saat melintasi area proyek tersebut merasa resah dengan tumpukan material proyek yang telah memakan hampir 1/2 bahu jalan.

“Sisa-sisa pengerjaan material proyek tersebut di biarkan berserakan tidak beraturan di bahu- bahu jalan sekitaran proyek itu. Seperti, pasir, dan batu batu dan batu-batuan krikil. Ini sangat membahayakan para pengendara,” kritik warga setempat

Demikian juga tumpukan tanah bekas galian masih menumpuk, ini sangat berpengaruh juga terhadap kesatahatan warga diarae pengerjaan.

“Kan ini lagi musim panas dan musim angin. Jadi tanah hasil galian itu menghasilkan debu, dan debu ini dikonsumsi masyarakat dia area pegerjaan dan para pengendara saat melintasi area proyek. Bagai mana tidak, debu itu diangkat oleh angin. Ini mengancam warga untuk kena ISPA,” keluh sejumlah warga pada wartawan.

Beberapa pengendara juga mengeluhkan pengerjaan tersebut. Dimana, material proyek itu dapat mengancam keselamatan para pengendara.

“Ia kondisi jalan tidak terlalu besar, sementara material proyek sudah di badan jalan. Belum lagi saya lihat tadi, sisah-sisah material seperti bebatuan kecil. Ini sangat berbahaya terutama pengendara roda 2 seperti kami, jika ini terjadi siapa yang bertanggung jawab. Pihak perusahan atau kontraktor harus bertanggung jawab soal ini, ini sangat berbayah,” tegas Semuel (38) salah satu pengendara roda dua.

Sementara itu, Andre Kansil sebagai pihak ke 3 (Kontraktor red) saat dikonfirmasi Via Telephon dengan Nomor kontak 0813 40XXXXXX terkait hal tersebut, dia enggan menerima telephon wartwan media ini, hingga berita ini diturunkan.

Diketahui, Proyek draenase tersebut merupakan proyek dari provinsi, dengan pagu anggaran 2 Miliar lebih yang diambil dari APBD tahun 2019. Sementara pemenang tender adalah CV Jaya Agung.

 

Penulis : Joel Polutu

The post Material Pengerjaan Drainase di Tontalete Resahkan Warga appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/14/material-pengerjaan-drainase-di-tontalete-resahkan-warga/feed/ 0
Lembong Berkomitmen Bangun Desa Buku Utara http://fajarmanado.com/2019/09/14/lembong-berkomitmen-bangun-bangun-desa-buku-utara/ http://fajarmanado.com/2019/09/14/lembong-berkomitmen-bangun-bangun-desa-buku-utara/#respond Sat, 14 Sep 2019 06:53:52 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56405 Belang, Fajarmanado.com – Pembangunan infrastruktur didesa buku selatan kecamatan Belang mulai genjot oleh pemerintah desa. Hukum Tua desa Buku Utara kecamatan Belang Rio Esto Lembong bertekad membangun desa tersebut dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (Dandes). Alhasil, infrastutkur serta sarana dan prasarana di desa tersebut nampak dan bisa digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikatakan […]

The post Lembong Berkomitmen Bangun Desa Buku Utara appeared first on Fajar Manado.

]]>
Belang, Fajarmanado.com – Pembangunan infrastruktur didesa buku selatan kecamatan Belang mulai genjot oleh pemerintah desa.

Hukum Tua desa Buku Utara kecamatan Belang Rio Esto Lembong bertekad membangun desa tersebut dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (Dandes). Alhasil, infrastutkur serta sarana dan prasarana di desa tersebut nampak dan bisa digunakan oleh masyarakat.

Hukum Tua Desa Buku Utara0

Hal ini dikatakan Lembong saat bersua dengan awak media, belum lama ini. Dia berujar selain membangun drainase yang bersumber dari anggaran Dandes tahap satu. Dia juga akan melanjutkan pekerjaam tersebut dengan anggaran Dandes tahap dua. Saat ini pemerintah desa sedang melakukan pembuatan Drainase Tertutup dengan anggaran Dandes bersumber dari tahap dua.

“Tentunya fasilitas yang sudah dibuat dan sementara dibangun, itu untuk kepentingan masyarakat. Saya harapkan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik,” ujar lembong.

Lanjut dijelaskan Lembong, selain program fisik atau infrastruktur, dandes juga digunakan untuk program pemberdayaan seperti insentif kader desa. Termasuk peningkatan kesehatan masyarakat seperti makanan tambahan bagi balita dan ibu menyusui serta pembayaran honor operator desa.

“Apa yang kami sudah lakukan, tentunya kami laporkan secara transparan ke masyarakat maupun pemerintah,” Lembong sembari berucap dia akan tetap membangun Desa Buku Utara untuk lebih maju lagi.

Lebih lanjut Lembong berharap kepada semua masyarakat untuk terus menopang semua program pemerintah.

“Ketertiban Masyarakat sangat diharapkan dalam melanjutkan pembangunan di yang ada di desa,”Tambah Lembong.

Lembong juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang selalu membantu pemerintah desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Peran serta masyarakat dalam membangun desa sangat diharapkan oleh pemerintah desa,” Harap Lembong.

Penulis : Didi Gara

The post Lembong Berkomitmen Bangun Desa Buku Utara appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/14/lembong-berkomitmen-bangun-bangun-desa-buku-utara/feed/ 0
Bantu Panti Asuhan Pasca Kebakaran, CEP: Saya Sering Kesini Sejak Adrian Masih Kecil http://fajarmanado.com/2019/09/13/bantu-panti-asuhan-pasca-kebakaran-cep-saya-sering-kesini-sejak-adrian-masih-kecil/ http://fajarmanado.com/2019/09/13/bantu-panti-asuhan-pasca-kebakaran-cep-saya-sering-kesini-sejak-adrian-masih-kecil/#respond Fri, 13 Sep 2019 15:32:04 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56352 Tomohon, Fajarmanado.com — Peristiwa kebakaran yang menimpah Panti Asuhan Nazaret di Kelurahan Matani 3, Lingkungan 8, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon mrndapat perhatian dari elemen warga Sulawesi Utara (Sulut). Tak heran, sekitar pukuk 18.30 Wita, Jumat (13/9/2019) malam, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany E. Paruntu merelakan waktu menyambangi lokasi kebakaran. Bupati cantik yang akrab di […]

The post Bantu Panti Asuhan Pasca Kebakaran, CEP: Saya Sering Kesini Sejak Adrian Masih Kecil appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Peristiwa kebakaran yang menimpah Panti Asuhan Nazaret di Kelurahan Matani 3, Lingkungan 8, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon mrndapat perhatian dari elemen warga Sulawesi Utara (Sulut).

Tak heran, sekitar pukuk 18.30 Wita, Jumat (13/9/2019) malam, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany E. Paruntu merelakan waktu menyambangi lokasi kebakaran.

Bupati cantik yang akrab di sapa CEP ini mengungkapkan kunjungannya tersebut karena dirinya merasa terbeban mendengar kejadian yang menimpa tempat para anak yatim itu.

“Sebenarnya sejak dulu saya sudah sering ke sini. Beberapa waktu lalu saya pernah membawa grup musik dari jakarta untuk menghibur anak anak di sini,” kata Bupati.

Tak hanya itu, bahkan sejak anaknya masih kecil ia sudah sering berkunjung dan membantu anak anak yatim di sini.

“Ya, sejak Adrian masih kecil kami sering datang. Untuk itu saat ini saya sangat senang bisa mengambil waktu walaupun ditengah kesibukan untuk membagi berkat di panti asuhan ini,” ujarnya.

Menurut Paruntu, sekilas ia melihat kondisi asrama yang terbakar cukup parah, untuk itu di harapkannya bantuan yang diberikan kiranya bisa sedikit membantu untuk pembuatan gedung baru.

Penulis: Prokla Mambo

The post Bantu Panti Asuhan Pasca Kebakaran, CEP: Saya Sering Kesini Sejak Adrian Masih Kecil appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/13/bantu-panti-asuhan-pasca-kebakaran-cep-saya-sering-kesini-sejak-adrian-masih-kecil/feed/ 0
Vocke Ompi Sebut Perjuangan Belum Selesai http://fajarmanado.com/2019/09/13/vocke-ompi-sebut-perjuangan-belum-selesai/ http://fajarmanado.com/2019/09/13/vocke-ompi-sebut-perjuangan-belum-selesai/#respond Fri, 13 Sep 2019 13:23:25 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56362 Ratahan, Fajarmanado.com — Pelaksanaa pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara Periode 2019 – 2024 berjalan dengan lancar dan aman serta terbilang sukses. Perkenankanlah saya Vocke J A Ompi bersama Istri dan anak- anak mengucapkan terimakasih atas kepercayaan, doa dan dukungan yang telah diberikan kepada saya serta PDI Perjuangan dalam Pemilu Legislatif […]

The post Vocke Ompi Sebut Perjuangan Belum Selesai appeared first on Fajar Manado.

]]>
Ratahan, Fajarmanado.com — Pelaksanaa pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara Periode 2019 – 2024 berjalan dengan lancar dan aman serta terbilang sukses.

Perkenankanlah saya Vocke J A Ompi bersama Istri dan anak- anak mengucapkan terimakasih atas kepercayaan, doa dan dukungan yang telah diberikan kepada saya serta PDI Perjuangan dalam Pemilu Legislatif tahun 2009 dan 2014 yang lalu.

“Dengan mengucap rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada tanggal 11 September 2009 yang lalu, secara resmi saya dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara Fraksi PDI Perjuangan periode 2009 – 2014, serta kembali lagi dilantik untuk periode ke-2, pd tanggal 11 September 2014 untuk periode 2014- 2019 untuk mewakili warga Minahasa Tenggara khususnya di Dapil Pasan, Ratahan, Ratahan Timur dan Pusomaen, serta masyarakat Minahasa Tenggara pada umumnya,” Ujar Vocke.

Lebih lanjut Ompi juga mengucapkan Terima Kasih unt Semua Masyarakat Dapil Pasan, Ratahan, Ratahan Timur dan Posumaen yang mempercayakan amanah SUARA RAKYAT di Pundak saya, selama 2 Periode menjd Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Terima Kasih Kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarno Putri, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara Bpk Olly Dondokambey,SE. Ketua DPC PDI Perjuangan Bpk James Sumendap,SH yang sudah memberikan Kesempatan kepada saya berjuang untuk rakyat dalam Rumah Rakyat di Partai PDI Perjuangan yang saya banggakan bersama seluruh PAC & anak ranting partai PDI Perjuangan Mitra yang menjadi Ujung Tombak Perjuangan saya,” ucap Ompi.

Tak lupa ompi berterima Kasih untuk Penguatan yang diberikan buat Istri yang Tercinta Meidy Dewiyanti Moeksim, bersama Anak- anak Divo,Vebbert, Rio dan Andrew di tengah tengah tugas dan kerja.

“Terima Kasih untuk Orangtua, kakak beradik dan saudara saudara Keluarga besar Ompi Moeksim atas Nasehat, Peringatan dan support yang selalu diberikan,”Kata Ompi.

Ompi jugs menambahkan dengan segala keterbatasan yang dia miliki, sekuat tenaga saya telah berusaha mengemban amanah dan kepercayaan ini, kiranya apa yg telah saya laksanakan dalam wujud pelaksanaan tugas perjuangan di DPRD Minahasa Tenggara serta keberpihakan kepada kepentingan masyarakat dapat berkenan bagi semua masyarakat.

“Saya juga menyadari, dalam proses penyerapan dan perjuangan aspirasi masyarakat serta pelaksanan tugas dan tanggung jawab sebagai “tukang suruh rakyat” banyak kekurangan dan dan kekhilafan yang saya lakukan untuk itu dari hati yang terdalam saya mohon maaf atas segala kekurangan dan hal lainnya yang kurang berkenan dihati seluruh masyarakat,” Tambah Ompi.

Ompi juga berharap kepada semua masyarakat minahasa tenggara untuk Senantiasa kita jaga kerukunan, baku baku bae, baku baku tongka, baku baku sayang.

“Perjuangan Belum Selesai Kiranya campur tangan Tuhan senantiasa beserta kita semua masyarakat Minahasa Tenggara,”Tutup Ompi.

Penulis : Didi Gara

The post Vocke Ompi Sebut Perjuangan Belum Selesai appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/13/vocke-ompi-sebut-perjuangan-belum-selesai/feed/ 0
Montolalu Jabat Ketua Dewan Sementara http://fajarmanado.com/2019/09/13/montolalu-jabat-ketua-dewan-sementara/ http://fajarmanado.com/2019/09/13/montolalu-jabat-ketua-dewan-sementara/#respond Fri, 13 Sep 2019 13:01:04 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56359 Ratahan, Fajarmanado.com – Dalam agenda Paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah janji Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Rabu (11/9/2019), Sekretaris Dewan Phieter Owu membacakan nama Ketua dan Wakil Katua Dewan Sementara masa jabatan 2019-2024. Hal ini dalam rangka kelancaran tugas DPRD Mitra dan mengingat serta memperhatikan UU Nomor 9 Tahun 2007 tentang pembentukan Kabupaten Minahasa […]

The post Montolalu Jabat Ketua Dewan Sementara appeared first on Fajar Manado.

]]>
Ratahan, Fajarmanado.com – Dalam agenda Paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah janji Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Rabu (11/9/2019), Sekretaris Dewan Phieter Owu membacakan nama Ketua dan Wakil Katua Dewan Sementara masa jabatan 2019-2024.

Hal ini dalam rangka kelancaran tugas DPRD Mitra dan mengingat serta memperhatikan UU Nomor 9 Tahun 2007 tentang pembentukan Kabupaten Minahasa Tenggara, UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, UU Nomor 23 Tahun 2014, PP Nomor 12 Tahun 2018.

Selain itu, berdasarkan juga Surat Komisi Pemilihan Umum tanggal 17 Juli, surat dari DPC PDI-P Mitra tanggal 7 September 2019, dan surat dari DPD Partai Golkar Mitra tanggal 2 September 2019, Owu mengumumkan Semuel Montolalu sebagai Ketua DPRD Sementara dan Tonny Hendrik Lasut sebagai Wakil Ketua DPRD Sementara.

Adapun tugas pimpinan DPRD sementara, yakni memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD, serta memproses penetapan Pimpinan DPRD definitif.

Sementara Semuel Montolalu tak lupa bersyukur kepada Tuhan dan berharap kerja sama dan dukungan dari seluruh anggota DPRD dalam menajalankan tugas sebagai pimpinan sementara.

Selanjutnya sesuai dengan peraturan pemerintah terkait kode etik DPRD maka dari itu, sebagai ketua dewan sementara dirinya siap laksanakan tugas dan tanggung jawab ini.

“Kami pimpinan sementara berharap dukungan dan kerjasama dari seluruh anggota DPRD agar proses pelaksanan tugas kita di DPRD berjalan lancar dan sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mitra James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja J.O Legi, beserta seluruh jajaran Forkopimda.

“Peran seluruh stakeholder dalam mensukseskan pemilu menjadi kunci hingga saat ini bisa dilangsungkan pelantikan. Terima kasih juga atas dukungannya sehingga paripurna hari ini bisa terlaksana,” ujar Montolalu dalam sambutan perdananya sebagai Ketua Dewan Sementara.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada ketua dewan sebelumnya atas tugas dan pengabdian yang telah ditunjukkan, bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Minahasa Tenggara menjadi lebih baik lagi.

Penulis : Didi Gara

The post Montolalu Jabat Ketua Dewan Sementara appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/13/montolalu-jabat-ketua-dewan-sementara/feed/ 0
Wali Kota Tomohon Hadiri Prayer Gathering Regional http://fajarmanado.com/2019/09/13/wali-kota-tomohon-hadiri-prayer-gathering-regional/ http://fajarmanado.com/2019/09/13/wali-kota-tomohon-hadiri-prayer-gathering-regional/#respond Fri, 13 Sep 2019 00:11:02 +0000 http://fajarmanado.com/?p=56381 Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE.Ak CA menghadiri Acara Prayer Gathering Regional Sulut Jaringan Doa Nasional, di kediaman keluarga Tumewu-Sumilat, Jalan Perlombaan Kakaskasen, Kamis (12/9/2019). Kegiatan ini merupakan wadah penyegaran bagi para fasilitator jaringan doa Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara dan sebagai keselarasan visi gerakan doa. Wali Kota Jimmy Eman mengatakan, selaku […]

The post Wali Kota Tomohon Hadiri Prayer Gathering Regional appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE.Ak CA menghadiri Acara Prayer Gathering Regional Sulut Jaringan Doa Nasional, di kediaman keluarga Tumewu-Sumilat, Jalan Perlombaan Kakaskasen, Kamis (12/9/2019).

Kegiatan ini merupakan wadah penyegaran bagi para fasilitator jaringan doa Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara dan sebagai keselarasan visi gerakan doa.

Wali Kota Jimmy Eman mengatakan, selaku pemerintah mendukung akan kegiatan-kegiatan seperti ini, dengan harapan para fasilitator doa untuk tidak jemu-jemu mendoakan masyarakat umum, Kota Tomohon bahkan Indonesia pada umumnya, sehingga menjadi Kota yang terus diberkati dan selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Untuk diketahui, dalam pertemuan tersebut dilakukan doa bersama, bahkan para fasilitator jaringan doa turut mendoakan Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon, Sulawesi Utara bahkan seluruh masyarakat Indonesia.

Tampak hadir Pdt Dr Andi Mulyadi Sapan sebagai fasilitator jaringan doa regional Sulawesi, Pdt Dra Rike Sumilat MSi sebagai fasilitator doa Sulut-menara doa kota, bersama para jajaran Tomohon ministry jaringan doa Kota Tomohon-menara doa kota.

Penulis: Prokla Mambo

The post Wali Kota Tomohon Hadiri Prayer Gathering Regional appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/09/13/wali-kota-tomohon-hadiri-prayer-gathering-regional/feed/ 0