Fajar Manado http://fajarmanado.com Media Informasi Publik Thu, 18 Jul 2019 14:11:55 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 http://fajarmanado.com/wp-content/uploads/2016/08/cropped-favicon-32x32.png Fajar Manado http://fajarmanado.com 32 32 Satpol PP Tomohon Diharapkan Memahami Tugas Agar Mampu Berperan Lebih Baik http://fajarmanado.com/2019/07/18/satpol-pp-tomohon-diharapkan-memahami-tugas-agar-mampu-berperan-lebih-baik/ http://fajarmanado.com/2019/07/18/satpol-pp-tomohon-diharapkan-memahami-tugas-agar-mampu-berperan-lebih-baik/#respond Thu, 18 Jul 2019 13:53:28 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55156 Tomohon, Fajarmanado.com — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tomohon menggelar Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan di GOR Babe Palar Tomohon, Kamis (17/7/2019). Wali Kota Tomohon diwakili Asisten Kesra Drs Octavianus DS Mandagi saat membuka kegiatan mengatakan, Satpol PP sebagai aparat Penegak Perda serta unjung tombak ketentraman dan ketertiban umum memiliki peranan yang […]

The post Satpol PP Tomohon Diharapkan Memahami Tugas Agar Mampu Berperan Lebih Baik appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tomohon menggelar Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan di GOR Babe Palar Tomohon, Kamis (17/7/2019).

Wali Kota Tomohon diwakili Asisten Kesra Drs Octavianus DS Mandagi saat membuka kegiatan mengatakan, Satpol PP sebagai aparat Penegak Perda serta unjung tombak ketentraman dan ketertiban umum memiliki peranan yang strategis dalam mengendalikan situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat serta perlindungan masyarakat, tentu bersama dengan unsur terkait.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh anggota Satpol PP di Kota Tomohon dapat memahami tugas, sehingga mampu berperan lebih baik lagi dalam proses pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kota Tomohon,” kata Mandagi.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Tomohon Syske Wongkar SPd menyatakan kegiatan ini sangat penting dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif, aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat di Kota Tomohon, sehingga dapat terwujudnya roda pemerintahan dan perekonomian yang lancar.

Oleh karena itu, Wongkar berharap agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan cermat agar memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Satpol PP sebagai pengawal Perda dan menjaga ketertiban masyarakat.

“Pahamilah Tupoksi, kemudian implementasikanlah semua itu dalam menjalankan tugas di lapangan,” paparnya.

Penulis: Prokla Mambo

The post Satpol PP Tomohon Diharapkan Memahami Tugas Agar Mampu Berperan Lebih Baik appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/18/satpol-pp-tomohon-diharapkan-memahami-tugas-agar-mampu-berperan-lebih-baik/feed/ 0
Hebat..! Dana BUMDes Kanonang Satu Bukukan Laba Lebih 100 Persen http://fajarmanado.com/2019/07/18/hebat-dana-bumdes-kanonang-satu-bukukan-laba-lebih-100-persen/ http://fajarmanado.com/2019/07/18/hebat-dana-bumdes-kanonang-satu-bukukan-laba-lebih-100-persen/#respond Thu, 18 Jul 2019 08:00:22 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55148 Kawangkoan Barat, Fajarmanado.com — Ini layak jadi contoh. Meski baru setahun mendapat suntikan modal dari Dana Desa, BUMDes Kanonang Satu, Kecamatan Kawangkoan Barat, Minahasa ternyata berhasil mencetak laba bersih lebih dari 100 persen. Kepala Desa (Kades) Kanonang Satu, Lucky Kasenda, SE mengatakan, berdasarkan kesepakatan bersama rapat pemerintah desa, BPD dan tokoh masyarakat, dana desa tahun […]

The post Hebat..! Dana BUMDes Kanonang Satu Bukukan Laba Lebih 100 Persen appeared first on Fajar Manado.

]]>
Kawangkoan Barat, Fajarmanado.com — Ini layak jadi contoh. Meski baru setahun mendapat suntikan modal dari Dana Desa, BUMDes Kanonang Satu, Kecamatan Kawangkoan Barat, Minahasa ternyata berhasil mencetak laba bersih lebih dari 100 persen.

Kepala Desa (Kades) Kanonang Satu, Lucky Kasenda, SE mengatakan, berdasarkan kesepakatan bersama rapat pemerintah desa, BPD dan tokoh masyarakat, dana desa tahun 2018 dihibahkan sebesar Rp.70 juta untuk modal usaha BUMDes.

“Saat ini, modal mereka (BUMDes sudah menjadi 120 juta, selain 24 juta sudah disetor masuk pada pos pendapatan desa,” jelas Lucky, sapaan akrab Hukum Tua, sebutan khas Kades di Minahasa ini.

Lantas, bagaimana sampai berhasil mencatat laba bersih total bernilai Rp.74 juta atau 100 persen lebih dari modal usaha, menurut dia, dikelola sebagai usaha simpan pinjam, layaknya koperasi.

Finishing jalan konstruksi rabat beton menuju perkebunan Lalan Weru yang berintegrasi dengan program pembangunan infrastruktur Desa Kanonang Lima pada Kamis, 4 Juni 2019 lalu.

“Ya, kebetulan, pengelola BUMDes kami adalah mantan karyawan koperasi. Jadi, dia sangat tahu persis bagaimana mengelola simpan pinjam,” ujarnya.

Berdasarkan kesepakatan bersama pengelola dan Kumtua selaku komisaris BUMDes, hasil usaha BUMDes Kanonang Satu setiap bulan dialokasikan untuk tiga pos. Yakni, 5 persen untuk penguatan modal, 3 persen pendapatan asli desa (PAD) dan 2 persen operasional pengelola BUMDes.

“Ini setelah dipotong dengan honor pengelola unit usaha. Gaji mereka sangat lumayan, bahkan lebih besar dari honor kumtua,” jelas alumni Fakultas Ekonomi Unsrat Manado, yang mantan bankir itu.

Kumtua Lucky mengatakan, melihat keberhasilan ini maka dana desa tahun 2019 disepakati disisihkan tambahan dana hibah sebesar Rp.49 juta untuk penguatan modal BUMDes.

“Kami sepakati mengarahkan pengelolaan dana BUMDes untuk kegiatan mengejar profit sesuai dengan nama badan usahanya. Kalau negara mendapat subsidi pemdapatan dari BUMN, pemerintah daera dari BUMD maka desa dari BUMDes,” katanya didampingi Sekretaris Desa, Heppy Walangitan dan Tim Pelaksana Kegiatan Pembangunan Desa, Mario DM Rattu.

Di masa datang, kata dia, BUMDes Kanonang Satu ditargetkan mengelola beberapa unit usaha.

“Target saya, kalau modal sudah mencukupi akan membeli Dump Truck dan membuka unit usaha Saprodi,” ungkap Kumtua, yang dikenal dialogis dan familiar itu.

Kumtua Lucky Kasenda, SE saat diterima Presiden Jokowi di Istana Negara, beberapa waktu lalu. Foto: Koleksi Pribadi/Istimewa.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur dengan dana desa, diarahkan untuk sanitasi pemukiman dan lanjutan pembangunan jalan perkebunan Lalan Weru yang melintas di kawasan pekuburan umum Kanonang raya.

“Khusus sanitasi pemukiman, merenovasi drainase jalan Drs AJ Sondakh. Karena, drainase yang ada tidak mampu lagi menampung air saat hujan,” imbuh suami dr Deysi Pantow, Kepala Puskesmas Kawangkoan Barat ini.

Sesuai APBDes, sepanjang 200 meter drainase di Desa Kanonang Satu yang akan direnovasi. Selain diperlebar menjadi 1,3 meter, juga dibuatkan plat deuker yang juga berfungsi sebagai trotoar.

Penulis: Herly Umbas

The post Hebat..! Dana BUMDes Kanonang Satu Bukukan Laba Lebih 100 Persen appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/18/hebat-dana-bumdes-kanonang-satu-bukukan-laba-lebih-100-persen/feed/ 0
Irup di Apel Korpri, Ini Pesan Sekkot Harold Lolowang http://fajarmanado.com/2019/07/18/irup-di-apel-korpri-ini-pesan-sekkot-harold-lolowang/ http://fajarmanado.com/2019/07/18/irup-di-apel-korpri-ini-pesan-sekkot-harold-lolowang/#respond Thu, 18 Jul 2019 07:05:35 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55162 Tomohon, Fajarmanado.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Apel Korpri di Stadion Babe Palar, dipimpin Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc pada Kamis (17/7/2019) pagi. Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE.Ak CA dalam sambutannya yang dibacakan Sekkot Harold Lolowang, menjelakan, Korpri adalah unsur yang sangat penting dalam menunjang kegiatan pelaksanaan kebijakan […]

The post Irup di Apel Korpri, Ini Pesan Sekkot Harold Lolowang appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Apel Korpri di Stadion Babe Palar, dipimpin Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc pada Kamis (17/7/2019) pagi.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE.Ak CA dalam sambutannya yang dibacakan Sekkot Harold Lolowang, menjelakan, Korpri adalah unsur yang sangat penting dalam menunjang kegiatan pelaksanaan kebijakan pemerintah dan sebagai anggota Korpri diharapkan dapat mengikuti serta terus berinovasi dalam mencari solusi untuk pemecahan masalah

“Laksanakanlah tugas yang diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga kita dapat melaksanakan TIFF 2019 dengan baik dan sukses,” pesan Lolowang.

Lebih lanjut Lolowang mengatakan, sebagai agenda tahunan tentunya kita harus mempromosikan Tomohon International Flower Festival 2019 melalui media sosial sebagai bentuk kontribusi kita dalam mensukseskan event ini.

Apel ini di ikuti oleh Jajaran Pemerintah Kota Tomohon serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kota Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

The post Irup di Apel Korpri, Ini Pesan Sekkot Harold Lolowang appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/18/irup-di-apel-korpri-ini-pesan-sekkot-harold-lolowang/feed/ 0
Segera Dibangun dan Serap 30 Ribu Pekerja, Blok Masela Berproduksi 2027 http://fajarmanado.com/2019/07/18/segera-dibangun-dan-serap-30-ribu-pekerja-blok-masela-berproduksi-2027/ http://fajarmanado.com/2019/07/18/segera-dibangun-dan-serap-30-ribu-pekerja-blok-masela-berproduksi-2027/#respond Thu, 18 Jul 2019 00:23:08 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55144 Jakarta, Fajarmanado.com — Pembangunan lapangan proyek LNG di Blok Masela, Maluku dipastikan segera dimulai. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan, total biaya pengembangan lapangan Proyek LNG Lapangan Abadi ini mencapai 18,5 miliar–19,8 miliar dollar AS. “Ini adalah investasi asing terbesar sejak 1968 dan simbol pembangunan di Indonesia Timur yang berskala global […]

The post Segera Dibangun dan Serap 30 Ribu Pekerja, Blok Masela Berproduksi 2027 appeared first on Fajar Manado.

]]>
Jakarta, Fajarmanado.com — Pembangunan lapangan proyek LNG di Blok Masela, Maluku dipastikan segera dimulai. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan, total biaya pengembangan lapangan Proyek LNG Lapangan Abadi ini mencapai 18,5 miliar–19,8 miliar dollar AS.

“Ini adalah investasi asing terbesar sejak 1968 dan simbol pembangunan di Indonesia Timur yang berskala global setelah Freeport Indonesia,” kata Jonan kepada wartawan di Jakarta.

Menteri Jonan memaparkan hal tersebut usai melaporkan persetujuan Rencana Pengembangan (Plan of Development/PoD) Proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Pada saat pembangunan, menurut Jonan, Proyek Blok Masela dapat menyerap 30 ribu tenaga kerja langsung maupun pendukung, dan saat beroperasi akan menyerap tenaga kerja antara 4.000–7.000 orang termasuk pembangunan industri petrokimia.

Ia mengatakan, ketika bertemu, Presiden Jokowi menekankan 3 pesan penting untuk proyek ini.

Pertama, komitmen Inpex Corporate sesuai dengan apa yang tertuang di PoD dan arahan pemerintah lewat Kementerian ESDM.

Kedua, memaksimalkan lokal konten, dan ketiga adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) lokal.

“Persetujuan atas revisi PoD oleh pemerintah ini merupakan tonggak sejarah yang sangat penting bagi Proyek LNG Abadi,” tegas Jonan.

Sebelum menggelar konprensi pers, Menteri Jonan bersama Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengantar delegasi Inpex Corporation yang dipimpin oleh President/CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda menghadap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyambut gembira tercapainya persetujuan pembangunan Blok Masela antara pemerintah yang diwakili oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dengan investor pengelola blok tersebut Inpex Corporation.

Presiden Jokowi juga ingin agar Inpex Corp dapat memaksimalkan konten lokal dalam mengelola Blok Masela.

Tak hanya itu, Kepala Negara juga berharap tenaga kerja lokal bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Jadi nanti ada training-training untuk bisa meningkatkan kapabilitas dari SDM setempat,” ujar Dwi.

Sementara itu, President & CEO Inpex Takayuki Ueda mengatakan, konsep pengembangan proyek telah mengalami perubahan dari skema kilang terapung menjadi skema LNG darat.

“Lapangan Gas Abadi yang mempunyai produktivitas reservoir sangat bagus menumbuhkan harapan untuk mengembangkannya secara efisien dan menjadikan lapangan ini beroperasi secara stabil dalam memproduksi gas alam cair (LNG) untuk jangka waktu yang panjang,” kata Takayuki.

Sebagai tambahan atas persetujuan revisi PoD, Pemerintah juga menyetujui permohonan untuk alokasi tambahan waktu selama 7 tahun dan perpanjangan Production Sharing Contract (PSC) Wilayah Kerja atau Blok Masela selama 20 tahun hingga 2055.

Selanjutnya, Inpex akan terus bekerja bersama Shell sebagai mitra kerja untuk memulai aktivitas persiapan yang diperlukan dalam rangka melaksanakan kegiatan Front End Engineering Design (FEED).

Dengan mulainya proyek ini, sebagaimana dilansir dari Setkab.go.id, Pemerintah Indonesia akan menerima investasi sekitar 39 miliar dollar AS dan Inpex sekitar 37 miliar dollar AS. Angka tersebut sudah termasuk 10% milik daerah, sehingga Inpex dan Shell hitungannya bisa terima 33,3 miliar dollar AS. Potensi ini masih bisa dioptimalkan dari dampak multiplier seperti industri petrokimia dan potensi investasi 5 miliar dollar AS di daerah tersebut.

Proyek Lapangan Abadi ini adalah proyek pengembangan LNG skala besar terintegrasi pertama yang dioperasikan oleh Inpex di Indonesia sebagai operator, sesudah Proyek LNG Ichthys di Australia.

Jumlah output gas alam di Lapangan Abadi sebesar 10,5 juta ton per tahun, mencakup sekitar 9,5 juta ton gas alam cair/LNG per tahun, dan memasok penyediaan gas untuk lokal melalui jalur pipa. Untuk kondensatnya, mencapai sekitar 35.000 barel kondensat per hari. SKK sendiri menargetkan blok Masela akan mulai produksi pada 2027.

Editor : Herly Umbas

The post Segera Dibangun dan Serap 30 Ribu Pekerja, Blok Masela Berproduksi 2027 appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/18/segera-dibangun-dan-serap-30-ribu-pekerja-blok-masela-berproduksi-2027/feed/ 0
Eman Ajukan Rancangan KUA PPAS APBD dan PPAS TA 2020 http://fajarmanado.com/2019/07/17/eman-ajukan-rancangan-kua-ppas-apbd-dan-ppas-ta-2020/ http://fajarmanado.com/2019/07/17/eman-ajukan-rancangan-kua-ppas-apbd-dan-ppas-ta-2020/#respond Wed, 17 Jul 2019 13:56:08 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55159 Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak CA mengajukan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran  dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon pada Paripurna DPRD Kota Tomohon, Rabu (17/7/2019). Dalam sambutannya, Wali Kota Jimmy Eman menjelaskan KUA PPAS APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2020 merupakan dokumen […]

The post Eman Ajukan Rancangan KUA PPAS APBD dan PPAS TA 2020 appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak CA mengajukan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran  dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon pada Paripurna DPRD Kota Tomohon, Rabu (17/7/2019).

Dalam sambutannya, Wali Kota Jimmy Eman menjelaskan KUA PPAS APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2020 merupakan dokumen perencanaan anggaran yang digunakan sebagai dasar PPAS APBD tahun anggaran 2020.

Selanjutnya, katanya, KUA PPAS APBD merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD Kota Tomohon disusun dengan mengacu pada dokumen perencanaan pembangunan daerah.

” Yang dimaksud di sini, dokumen rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD), rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2016-2021 dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kota Tomohon tahun 2020,” tandas Eman.

Paripurna yang berjalan lancar dan kondusif tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon, Ir Miky Junita Linda Wenur, MAP dan dihadiri mayoritas anggota legislatif Kota Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

The post Eman Ajukan Rancangan KUA PPAS APBD dan PPAS TA 2020 appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/17/eman-ajukan-rancangan-kua-ppas-apbd-dan-ppas-ta-2020/feed/ 0
Ketua LPM Bersyukur Dapat Dana Hibah dari Pemkot Tomohon http://fajarmanado.com/2019/07/17/ketua-lpm-bersyukur-dapat-dana-hibah-dari-pemkot-tomohon/ http://fajarmanado.com/2019/07/17/ketua-lpm-bersyukur-dapat-dana-hibah-dari-pemkot-tomohon/#respond Wed, 17 Jul 2019 13:15:12 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55133 Tomohon, Fajarmanado.com — Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pimpinan di Wale Syalom Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah, Rabu (17/7/2019). Ketua DPD LPM Kota Tomohon Dr Rooije RH Rumende SSi MKes melaporkan, peserta Bimtek berasal dari pengurus LPM Kota, pengururus inti kecamatan dan pengurus inti kelurahan. ”Kita patut bersyukur karena tahun […]

The post Ketua LPM Bersyukur Dapat Dana Hibah dari Pemkot Tomohon appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pimpinan di Wale Syalom Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah, Rabu (17/7/2019).

Ketua DPD LPM Kota Tomohon Dr Rooije RH Rumende SSi MKes melaporkan, peserta Bimtek berasal dari pengurus LPM Kota, pengururus inti kecamatan dan pengurus inti kelurahan.

”Kita patut bersyukur karena tahun ini kita memperoleh dana hibah dari Pemerintah Kota Tomohon. Termasuk membiayai Bimtek hari ini,” kata Rumende yang juga menjadi salah satu narasumber.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak CA.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jimmy Eman membawakan materi. Ia pun mengapresiasi Ketua DPD LPM Kota Tomohon Dr Rooije RH Rumende SSi MKes beserta jajaran yang melaksanakan Bimtek Pimpinan.

”Sebagai mitra kerja pemerintah, LPM memegang peranan sangat penting dalam menunjang pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon,” ujar wali kota.

Eman berharap kemitraan dan sinergitas antara pemerintah dan LPM terus terjalin. Tahun 2019 LPM memperoleh dana hibah dari Pemerintah Kota Tomohon, dilihat dari program LPM di 44 kelurahan, tiga ratus juta rupiah memang terbilang kecil.

“Kami berharap ini bisa efektif dan pertanggungjawabannya harus jelas. APBD memang telah terbagi di program-program pemerintah lainnya. Jadi dibagi-bagi,” jelas Eman.

Turut hadir pada Bimtek dan menjadi narasumber, Ketua LPM Sulawesi Utara Drs Ferdy Suoth, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP, Kaban Kesbangpol Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi, Ketua DPD LPM Manado, Minahasa, Sitaro serta Minahasa Selatan dan pengurus LPM Sulawesi Utara.

Penulis: Prokla Mambo

The post Ketua LPM Bersyukur Dapat Dana Hibah dari Pemkot Tomohon appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/17/ketua-lpm-bersyukur-dapat-dana-hibah-dari-pemkot-tomohon/feed/ 0
Dikbud Tomohon Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD http://fajarmanado.com/2019/07/17/dikbud-tomohon-tingkatkan-kompetensi-tenaga-pendidik-paud/ http://fajarmanado.com/2019/07/17/dikbud-tomohon-tingkatkan-kompetensi-tenaga-pendidik-paud/#respond Wed, 17 Jul 2019 12:48:55 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55124 Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman, SE.Ak, CA diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Ir Harold Lolowang menghadiri Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di AAB Guest House, Selasa (16/7/2019). Kegiatan ini digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon sampai 20 Juli mendatang. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota […]

The post Dikbud Tomohon Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman, SE.Ak, CA diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Ir Harold Lolowang menghadiri Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di AAB Guest House, Selasa (16/7/2019).

Kegiatan ini digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon sampai 20 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur M Kes MSi, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tiga tingkatan pendidik PAUD yakni pengasuh, guru, pendamping dan guru PAUD secara berkesinambungan dan berjenjang.

Menurut Karwur, kegiatan berupa pendidikan dan pelatihan (Diklat) dasar ini ditujukan untuk mempersiapkan pendidik sebagai pengasuh dengan kompetensi minimal,.

Diklat lanjutan merupakan peogran mempersiapkan pendidik yang kompeten sebagai guru pendamping, sedangkan Diklat mahir ditujukan untuk mempersiapkan guru kompeten sebagai guru PAUD.

“Jadi dengan adanya kegiatan Diklat ini, tuntutan standar kompetensi PTK PAUD dapat dipenuhi sehingga layanan PAUD di Kota Tomohon semakin bermutu,” kata Karwur.

Sementaraitu, Wali Kota Tomohon melalui Sekkot Harold Lolowang saat membuka kegiatan mengatakan bahwa Pendidikan anak usia dini merupakan program prioritas pertama dan utama dalam fokus pembangunan pendidikan di Indonesia.

“Keberhasilan PAUD tidak lepas dari peran pendidik, mengingat peran utamanya dalam mengasuh, merawat, mendidik dan melindungi. Salah satu tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga pendidik didalamnya orang tua anak, yakni menyiapkan generasi dari sisi integritas anak-anak mulai usia dini,” ungkapnya.

Lolowang juga berharap dengan adanya Diklat ini dapat memberi dampak positif bagi para tenaga pendidik, terlebih berdampak baik untuk anak-anak didik mulai usia dini.

Penulis: Prokla Mambo

The post Dikbud Tomohon Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/17/dikbud-tomohon-tingkatkan-kompetensi-tenaga-pendidik-paud/feed/ 0
Cekoki Miras dan Diduga Cabuli Siswi Manado, Sopir Ini Diamankan di Tenga http://fajarmanado.com/2019/07/17/cekoki-miras-dan-diduga-cabuli-siswi-manado-sopir-ini-diamankan-di-tenga/ http://fajarmanado.com/2019/07/17/cekoki-miras-dan-diduga-cabuli-siswi-manado-sopir-ini-diamankan-di-tenga/#respond Wed, 17 Jul 2019 08:43:28 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55121 Tenga, Fajarmanado.com — MM alias Maikel, sopir warga Desa Tenga, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terpaksa berurusan dengan polisi. Pria 29 tahun itu diamankan Piket Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Tenga, Selasa (16/7/2019) malam. Maikel ditangkap polisi karena diduga melakukan tindak pidana perbuatan cabul terhadap korban Mawar (nama disamarkan), 16 tahun, seorang siswi sekolah […]

The post Cekoki Miras dan Diduga Cabuli Siswi Manado, Sopir Ini Diamankan di Tenga appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tenga, Fajarmanado.com — MM alias Maikel, sopir warga Desa Tenga, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terpaksa berurusan dengan polisi.

Pria 29 tahun itu diamankan Piket Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Tenga, Selasa (16/7/2019) malam.

Maikel ditangkap polisi karena diduga melakukan tindak pidana perbuatan cabul terhadap korban Mawar (nama disamarkan), 16 tahun, seorang siswi sekolah menengah, warga Kota Manado.

Sesuai keterangan korban di hadapan polisi, Maikel mencekoki dirinya dengan minuman keras dan diduga disusul dengan mencabuli korban.

Peristiwa ini sendiri, menurut Mawar, berawal saat ia bersama teman perempuannya pesiar di salah satu rumah yang ada di Desa Tenga.

Di rumah itu, korban diajak oleh temannya untuk minum minuman keras (miras) jenis Cap Tikus yang dicampur sprite. Tak berselang lama, korban merasa pusing dan tertidur di kursi.

Ketika korban sadar dan terbangun, lanjut dia, kaget melihat Maikel sedang terbaring tidur disampingnya.

Saat mencermati bagian tubuhnya, korban mendapati ada bekas cupang di bagian leher dan dada korban. Karena itulah, Mawar melaporkan peristiwa tersebut kepada Polsek Tenga.

Kapolsek Tenga Iptu Ronal Mawuntu, saat dikonfirmasi membenarkan tentang adanya laporan tersebut.

“Korban merasa keberatan karena dirinya merasa dicabuli dengan cara disetubuhi oleh terduga pelaku,” jelasnya.

“Laporanya telah kami terima, sudah dibuatkan laporan polisi dan permintaan VER ke pihak medis. Untuk terduga pelaku saat ini sudah diamankan untuk dimintai keterangannya,” sambung Kapolsek Iptu Ronal Mawuntu.

Editor : Herly Umbas

The post Cekoki Miras dan Diduga Cabuli Siswi Manado, Sopir Ini Diamankan di Tenga appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/17/cekoki-miras-dan-diduga-cabuli-siswi-manado-sopir-ini-diamankan-di-tenga/feed/ 0
Melalui Rapat Epra Dapat Mengevaluasi Kegiatan PD Dalam Hal Penyerapan Anggaran http://fajarmanado.com/2019/07/16/melalui-rapat-epra-dapat-mengevaluasi-kegiatan-pd-dalam-hal-penyerapan-anggaran/ http://fajarmanado.com/2019/07/16/melalui-rapat-epra-dapat-mengevaluasi-kegiatan-pd-dalam-hal-penyerapan-anggaran/#respond Tue, 16 Jul 2019 12:49:45 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55127 Tomohon, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui BPKPD Tomohon menggelar rapat koordinasi (Rakor) evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (Epra) APBD Kota Tomohon periode Januari-Juni Tahun Anggaran 2019 di Aula Rumah Dinas Walikota, Selasa (16/7/2019). Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak CA dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menjelaskan bahwa rapat koordinasi Epra […]

The post Melalui Rapat Epra Dapat Mengevaluasi Kegiatan PD Dalam Hal Penyerapan Anggaran appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui BPKPD Tomohon menggelar rapat koordinasi (Rakor) evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (Epra) APBD Kota Tomohon periode Januari-Juni Tahun Anggaran 2019 di Aula Rumah Dinas Walikota, Selasa (16/7/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak CA dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menjelaskan bahwa rapat koordinasi Epra ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menjawab tantangan serta kebutuhan dalam menjalankan siklus pembangunan di daerah.

“Melalui rakor Epra ini kita dapat mengukur sejauh mana realisasi anggaran belanja oleh masing-masing perangkat daerah sampai dengan periode bulan Juni kemarin,” jelasnya.

Wali Kota Jimmy Eman melanjutkan, disisi lain melalui pelaksanaan Rakor Epra ini, juga mengevaluasi seluruh pelaksanaan kegiatan oleh perangkat daerah dari sisi penyerapan anggarannya dan juga dapat mengidentifikasi segala kendala serta permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing perangkat daerah sehingga dapat diambil langkah-langkah strtegis kedepan.

“Pada kesempatan yang baik ini juga, saya mengajak kita semua untuk turut berpartisipasi dalam persiapan perhelatan akbar Tomohon International Flower Festival yang sudah tentu akan menyita banyak waktu dan perhatian kita bersama, sehingga pelaksanaan kegiatan TIFF yang ke-9 tahun 2019 ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Eman.

Turut hadir, Sekretris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, Kepala BPKPD Drs Gerardus Mogi dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon serta para camat dan lurah se Kota Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

The post Melalui Rapat Epra Dapat Mengevaluasi Kegiatan PD Dalam Hal Penyerapan Anggaran appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/16/melalui-rapat-epra-dapat-mengevaluasi-kegiatan-pd-dalam-hal-penyerapan-anggaran/feed/ 0
Bulutangkis dan Berbagai Lomba Seru Bakal Meriahkan Hut Desa Tumani Utara http://fajarmanado.com/2019/07/16/bulutangkis-dan-berbagai-lomba-seru-bakal-meriahkan-hut-desa-tumani-utara/ http://fajarmanado.com/2019/07/16/bulutangkis-dan-berbagai-lomba-seru-bakal-meriahkan-hut-desa-tumani-utara/#respond Tue, 16 Jul 2019 11:56:23 +0000 http://fajarmanado.com/?p=55105 Maesaan, Fajarmanado.com — Memeriahkan HUT ke-9 Desa Tumani Utara, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), berbagai lomba akan digelar mulai Kamis (18/7/2019). Aneka lomba yang bakal tersaji dampai 26 Juli depan, diyakini akan meriah, unik dan pastinya sangat seru. Karena, selain bulu tangkis dan lomba kebersihan antarjaga, juga lomba dangdut balon dan merias wajah suami […]

The post Bulutangkis dan Berbagai Lomba Seru Bakal Meriahkan Hut Desa Tumani Utara appeared first on Fajar Manado.

]]>
Maesaan, Fajarmanado.com — Memeriahkan HUT ke-9 Desa Tumani Utara, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), berbagai lomba akan digelar mulai Kamis (18/7/2019).

Aneka lomba yang bakal tersaji dampai 26 Juli depan, diyakini akan meriah, unik dan pastinya sangat seru. Karena, selain bulu tangkis dan lomba kebersihan antarjaga, juga lomba dangdut balon dan merias wajah suami isteri.

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Tumani Utara 2019, Iko Mantiri mengungkapkan, berbagai lomba tersebut bakal dikemas semeriah mungkin, sebab panitia bertekad menjadikan perayaan tahun kali ini akan terselenggara lebih baik dan berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Ya tentunya selain memperingati HUT Desa Tumani Utara ke-9, tujuannya juga untuk meramaikan dan diharapkan kegiatan positif ini mampu menghibur penonton atau masyarakat yang menyaksikan,” ujarnya kepada Fajarmanado.com di Maesaan, Selasa (16/7/2019).

Ia menambahkan, lomba yang rencananya berlangsung sembilan hari in mendapat dukungan dari pemerintah setempat bersama seluruh masyarakat desa.

“Jadi sebelumnya seluruh anggota panitia sudah melakukan rapat untuk membicarakan pelaksanaan kegiatan ini bersama pemerintah dan tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Meski begitu, Mantiri tetap berharap agar kegiatan tersebut mendapat suport dari masyarakat umum untuk suksesnya kegiatan.

“Apabila ada masukan positif segera menyampaikan ke pihak panitia untuk segera di bahas lebih lanjut,” pinta Mantiri.

Mengenai peserta lomba, menurut dia, hanya akan diikuti lomba oleh anggota masyarakat Desa Tumani Utara,. Khusus hadiah bulu tangkis, berupa raket.

Penulis: Prokla Mambo

The post Bulutangkis dan Berbagai Lomba Seru Bakal Meriahkan Hut Desa Tumani Utara appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/07/16/bulutangkis-dan-berbagai-lomba-seru-bakal-meriahkan-hut-desa-tumani-utara/feed/ 0