Fajar Manado http://fajarmanado.com Media Informasi Publik Wed, 22 May 2019 07:49:38 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 http://fajarmanado.com/wp-content/uploads/2016/08/cropped-favicon-32x32.png Fajar Manado http://fajarmanado.com 32 32 Pekerjaan Drainase Tertutup Di Molompar Satu Sudah Mulai Action http://fajarmanado.com/2019/05/22/dana-desa-molompar-satu-sudah-mulai-action/ http://fajarmanado.com/2019/05/22/dana-desa-molompar-satu-sudah-mulai-action/#respond Wed, 22 May 2019 07:42:29 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53748 Ratahan,Fajarmanado.com — Pembangunan drainase tertutup di desa molompar satu kecamatan Tombatu Timur sementara dikerjakan. Pekerjaan drainase tertutup sepanjang 52 meter akan dikerjakan dalam satu minggu ini. “Target pekerjaan untuk minggu ini Sekitar 52 Meter namun melihat pekerjaan yang dikerjakan oleh masyarakat kelihatannya pekerjaan untuk minggu ini akan bertambah,” Ujar Hukum Tua Molompar Satu Feri Lumintang. […]

The post Pekerjaan Drainase Tertutup Di Molompar Satu Sudah Mulai Action appeared first on Fajar Manado.

]]>
Ratahan,Fajarmanado.com — Pembangunan drainase tertutup di desa molompar satu kecamatan Tombatu Timur sementara dikerjakan.

Pekerjaan drainase tertutup sepanjang 52 meter akan dikerjakan dalam satu minggu ini.

“Target pekerjaan untuk minggu ini Sekitar 52 Meter namun melihat pekerjaan yang dikerjakan oleh masyarakat kelihatannya pekerjaan untuk minggu ini akan bertambah,” Ujar Hukum Tua Molompar Satu Feri Lumintang.

Sementara itu Bendahara Desa Oldy Kawulusan mengatakan untuk anggaran dana desa yang di tarik untuk pembiayaian pekerjaan yang dialokasikan oleh dana desa sebesar Rp 80.200.00.

“Pembiayaan Drainase tertutup sepanjang minggu Pertama dan Biaya Pemberian makanan tambahan serta Teken listrik,”ujar Kawulusan.

Kawulusan juga menambahkan untuk Transparansi pengelolaan dan pemanfaatan keuangan dana desa (Dandes) di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) layak diapresiasi. Betapa tidak, seluruh Hukum Tua untyk pengelolaan dandes diwajibkan untuk melaporkan pemanfaatannya ke kepolisian sektor (polsek) di wilayah masing-masing dan wajib melaporkan di setiap ibadah minggu di gereja bahkan di Masjid.

Terpantau salah satu desa di wilayah Kecamatan Tombatu Timur yakni Desa molompar satu yang akan melaporkan penggunaan dana desa di tempat tempat ibadah bahkan akan membuat laporan ke pihak kepolisian.

“Ini menjadi kewajiban kami setiap desa di Mitra untuk melaporkan realisasi pemanfaatan dana desa ke pihak kepolisian. Dan kebetulan kami salah satu desa di Tombatu Timur yang akan membawanya di Polsek,” ujar Hukum Tua Molompar Satu Fery Lumintang di dampingi Bendahara Desa Oldy Kawulusan.

Menurut dia, pelaporan ini dilakukan setiap Minggunya. Dokumen yang dimasukan berupa laporan rekapan penggunaan dana desa yang sudah digunakan setiap Minggu. Hal ini juga menjadi salah satu syarat pencairan untuk Dana Desa tahap lanjutan.

“Sekarang penerapan pelaporan keuangan dari pemkab sudah sangat ketat. Akan tetapi itu baik dan kami harus menyesuaikan sebagai bagian dari transparansi,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkab Mitra, Jotce Wawointana melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dani Wahongan mengungkapkan, kewajiban pelaporan pemanfaatan dana desa ke pihak kepolisian dilakukan sebagaimana kebijakan Bupati James Sumendap. Tujuannya untuk menerapkan sistem transparansi keuangan dan upaya pencegahan penyalahgunaan keuangan.

“Setiap desa memang diwajibkan. Jadi selain pelaporan mingguannya ke PMD dan Inspektorat, juga harus ke Polsek di masing-masing wilayah,” terang Wahongan.

Lanjut dia, jika kemudian dalam penerapannya desa tidak melaporkan pelaporannya ke aparat kepolisian, maka akan mempengaruhi proses pencairan selanjutnya.

“Harus diketahui juga bahwa sistem pencairan dana desa tidak sembarangan. Itu bisa dilakukan setiap minggu dan bukan secara gelondongan,” Tandasnya.

Penulis : Didi Gara

The post Pekerjaan Drainase Tertutup Di Molompar Satu Sudah Mulai Action appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/22/dana-desa-molompar-satu-sudah-mulai-action/feed/ 0
Molompar Dua Manfaatkan Dana Desa Untuk Pembangunan Drainase Tertutup http://fajarmanado.com/2019/05/22/molompat-dua-manfaatkan-dana-desa-untuk-pembangunan-drainase-tertutup/ http://fajarmanado.com/2019/05/22/molompat-dua-manfaatkan-dana-desa-untuk-pembangunan-drainase-tertutup/#respond Wed, 22 May 2019 02:01:47 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53743 Molompar, Fajarmanado.com – Pemerintah Desa Molompar Dua kecamatan Tombatu Timur sementara melaksanakan pekerjaan pembuatan Drainase Tertutup. Pembuatan Drainase Tertutup ini yang di danai oleh Dana Desa tahap pertama tahun 2019. Hukum Tua Desa Molompar Dua Ryan Brian Kawulusan mengatakan untuk pembuatan Drainase Tertutup ini dikerjakan oleh masyarakat yang ada di desa molompar dua. “Untuk tahap […]

The post Molompar Dua Manfaatkan Dana Desa Untuk Pembangunan Drainase Tertutup appeared first on Fajar Manado.

]]>
Molompar, Fajarmanado.com – Pemerintah Desa Molompar Dua kecamatan Tombatu Timur sementara melaksanakan pekerjaan pembuatan Drainase Tertutup.

Pembuatan Drainase Tertutup ini yang di danai oleh Dana Desa tahap pertama tahun 2019.

Hukum Tua Desa Molompar Dua Ryan Brian Kawulusan mengatakan untuk pembuatan Drainase Tertutup ini dikerjakan oleh masyarakat yang ada di desa molompar dua.

“Untuk tahap pertama ini, ada beberapa item yang akan di biayai oleh Dana Desa berupa drainase tertutup, Pemberian Makanan Tambahan bagi balita ibu hamil dan pemberian insentif bagi kader Posyandu,”Ujar Kawulusan kepada Fajarmanado.com selasa (21/5/2019) kemarin di Molompar.

Lebih lanjut Kawulusan menjelaskan dirinya bertekad untuk membangun desa molompar dua.

“Keinginan untuk melakukan hal-hal yang positif untuk menuju desa molompar dua yang Hebat dan Jelas sejahtera,”Kata Kawulusan.

Sementara itu tokoh masyarakat Mitra Semuel Montolalu menegaskan kepada aparat desa agar menggunakan dana desa dengan baik agar memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dana desa harus memberikan manfaat ke pertumbuhan ekonomi masyarakat, dana desa jangan sebatas sambilalu, prosesual, teatrikal sebatas menghabiskan dana saja,ada output tapi tidak ada outcome, peruntukannya harus jelas,” tegas Montolalu.

Ia menambahakan bahwa para hukum tua harus pahami substansi diadakanya dana desa dimana untuk memotong alur birokrasi, agar dana tersebut dapat cepat sampai ke masyarakat, sesuaikan dengan program pembangunan Presiden RI dimana dana harus digunakan untuk kemakmuran desa. Idealnya adalah dana desa harus bergulir sustainable, harus jelas peruntukan dan dirasakan efeknya berjangka panjang bagi masyarakat.
“Untuk itu agar pemerintahan berjalan sukses dan penggunaan dana desa tepat sasaran para perangkat desa harus terus membenah diri untuk bersaing.

Seluruh penyelenggara pemerintahan harus memberikan diri bergerak maju demi pembangunan daerah yang baik dan bersih. Para penyelenggara pemerintahan harus memiliki integritas, loyalitas dan prestasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara,” tandasnya.

Penulis : Didi Gara

The post Molompar Dua Manfaatkan Dana Desa Untuk Pembangunan Drainase Tertutup appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/22/molompat-dua-manfaatkan-dana-desa-untuk-pembangunan-drainase-tertutup/feed/ 0
Hebat..! Polres Tomohon Bekap Jaringan Narkoba dari Sulteng http://fajarmanado.com/2019/05/21/hebat-polres-tomohon-bekap-jaringan-narkoba-dari-sulteng/ http://fajarmanado.com/2019/05/21/hebat-polres-tomohon-bekap-jaringan-narkoba-dari-sulteng/#respond Tue, 21 May 2019 13:43:51 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53731 Tomohon, Fajarmanado.com — Sulawesi Utara terus menjadi target pasar narkoba. Buktinya, Polres Tomohon kembali membekap tersangka pemasok narkotika jenis sabu di wilayah daerah Nyiur Melambai ini. Diam-diam, Satresnarkoba Polres Tomohon ternyata menangkap seorang tersangka pengedar bersama barang bukti sabu seberat 19,36 gram pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 lalu. Polisi mengamankan tersangka berinisial R alias Ulin, […]

The post Hebat..! Polres Tomohon Bekap Jaringan Narkoba dari Sulteng appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Sulawesi Utara terus menjadi target pasar narkoba. Buktinya, Polres Tomohon kembali membekap tersangka pemasok narkotika jenis sabu di wilayah daerah Nyiur Melambai ini.

Diam-diam, Satresnarkoba Polres Tomohon ternyata menangkap seorang tersangka pengedar bersama barang bukti sabu seberat 19,36 gram pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 lalu.

Polisi mengamankan tersangka berinisial R alias Ulin, pria Desa Siavu, Parigi Mountong, Sulawesi Selatan bersama barang bukti sabu 19,36 gram di Kecamatan Tombariri.

Ulin dicegat di Desa Borgo, Kecamatan Tombariri sekitar pukul 15.40 hari Sabtu, dua pekan lalu ketika melintas menuju Kota Manado menumpang kendaraan angkutan umum Gorontalo-Manado.

Berdasarkan informasi yang diperoleh jajaran Polres Tomohon, ketika mobil yang ditumpanginya dicegat dan dilakukan penggeledahan, polisi pun berhasil menemukan bungkusan berisi sabu di saku celana Ulin.

Kapolres AKBP Raswin Bachtiar Sirait, SIK, SH, MSi saat menggelar konfrensi pers di Mapolres Tomohon pada Selasa (21/5/2019) mengungkapkan, penangkapan tersebut berhasil dilakukan atas kerjasama bersama masyarakat.

“Adanya informasi di lapangan, ada narkotika hendak dibawa melintas di wilayah hukum Polres Tomohon. Saat ditemukan dan diinterogasi petugas, yang bersangkutan mengakui barang tersebut miliknya,” kata Sirait.

Kapolres Raswin Sirait mengungkapkan bahwa Ulin bukan merupakan bagian dari jaringan pengedar narkoban  yang pernah ditangkap beberapa waktu lalu di Kota Tomohon.

“Kami sementara melakukan pengembangan untuk menguak jaringan tersangka ini,” ujarnya.

Akibat perbuatannya tersebut, pelaku Ulin akan dikenakan pasal 115 ayat 1 junto pasal 112 ayat 7 tentang narkotika. “Dengan ancaman hukuman paling singkat 4 tahun dan denda minimal 800j juta,” jelas Kapolres Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

Editor   : Herly Umbas

The post Hebat..! Polres Tomohon Bekap Jaringan Narkoba dari Sulteng appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/21/hebat-polres-tomohon-bekap-jaringan-narkoba-dari-sulteng/feed/ 0
Wah..! Setahun Lebih, Tugu Laka Lantas Sonder Tak Kunjung Dibangun http://fajarmanado.com/2019/05/21/wah-setahun-lebih-tugu-laka-lantas-sonder-tak-kunjung-dibangun/ http://fajarmanado.com/2019/05/21/wah-setahun-lebih-tugu-laka-lantas-sonder-tak-kunjung-dibangun/#respond Tue, 21 May 2019 13:15:38 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53725 Tomohon, Fajarmanado.com — Kendati sudah lebih setahun dilakukan peletakan batu pertama, namun Tugu Laka Lantas di ruas jalan Sonder, Minahasa, Sulawesi Utara tak kunjung dibangun hingga saat ini. Ironisnya, peletakan batu pertama pembangunan tugu laka lantas yang digagas Kapolsek Sonder Iptu Stenly Korua itu melibatkan elemen pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat pada […]

The post Wah..! Setahun Lebih, Tugu Laka Lantas Sonder Tak Kunjung Dibangun appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Kendati sudah lebih setahun dilakukan peletakan batu pertama, namun Tugu Laka Lantas di ruas jalan Sonder, Minahasa, Sulawesi Utara tak kunjung dibangun hingga saat ini.

Ironisnya, peletakan batu pertama pembangunan tugu laka lantas yang digagas Kapolsek Sonder Iptu Stenly Korua itu melibatkan elemen pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat pada 9 Maret 2018.

Bahkan, kalangan tokoh agama dari berbagai denominasi gereja hadir dan membacakan doa berantai di kawasan perkebunan Karis, antara Desa Kolongan Atas Satu dan Desa Leilem, lokasi pembangunan tugu laka lantas, pagi itu.

Pantauan Fajarmanado.com, sampai hari ini belum ada tanda-tanda tugu Laka Lantas di ruas jalan rawan kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) yang berdekatan dengan jembatan, belum ada tanda-tanda segera dibangun.

Beberapa waktu lalu, terlihat material batu berada di sekitar lokasi. Namun ternyata bukan untuk membangun tugu melainnya bronjong di alur sungan seputaran jembatan.

Kapolres Tomohon AKBP Raswin B. Sirait SIK SH MSi melalui Kasat Lantas Polres Tomohon AKP Dodi Yudianto Arruan SIK tak menampik realita ini.

Menurut dia, pembangunan tugu laka lantas di ruas jalan antara Desa Sonder dan Leilem itu masih akan dikoordinasikan dengan Kapolsek Sonder.

“Nanti kami akan menghubungi Kapolsek Sonder untuk mempertanyakan kesiapan masyarakat di sana dan kami tentunya akan siap membantu apabila harus ada keterlibatan Satlantas Polres Tomohon,” katanya ketika dikonfirmasi di Mapolres Tomohon, Senin (21/5/2019).

Yudianto Aruan menjelaskan, pihaknya tetap akan mengkoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Minahasa karena wilayah tersebut sudah masuk pemerintahan Minahasa.

“Kami tinggal menunggu kesiapan masyarakat dan pihak Polsek Sonder untuk melakukan pembangunan tugu laka lantas itu,” ujarnya.

Rencana pembangunan tugu yang didesain akan diletakkan sepeda motor rinsek di atasanya tersebut dimaksudkan untuk memperingatkan masyarakat agar berhati hati dalam mengendarai kendaraan di jalan Sonder-Leilem ini  karena sangat rawan terjadi laka lantas.

“Tidak sedikit korban jiwa di ruas jalan itu,” tandasnya.

Penulis: Prokla Mambo

Editor   : Herly Umbas

The post Wah..! Setahun Lebih, Tugu Laka Lantas Sonder Tak Kunjung Dibangun appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/21/wah-setahun-lebih-tugu-laka-lantas-sonder-tak-kunjung-dibangun/feed/ 0
Gubernur Olly Cek Jalur 11,4 Km Bakal Lokasi Ruas Jalan Winangun-Malalayang http://fajarmanado.com/2019/05/21/gubernur-olly-cek-jalur-114-km-bakal-lokasi-ruas-jalan-winangun-malalayang/ http://fajarmanado.com/2019/05/21/gubernur-olly-cek-jalur-114-km-bakal-lokasi-ruas-jalan-winangun-malalayang/#respond Tue, 21 May 2019 07:53:24 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53719 Manado, Fajarmanado.com — Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE turun mengecek kesiapan jalur 11,4 Kilometer yang bakal jadi lokasi pembangunan ruas jalan Winangun-Malalayang, Kota Manado, Selasa (21/5/2019) siang. Turun didampingi Sekdaprov Edwin Silangen, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Gubernur Olly mendapat penjelasan kesiapan ruten proyek yang dikenal dengan sebutan Manado Outer Ring Road (MORR) III […]

The post Gubernur Olly Cek Jalur 11,4 Km Bakal Lokasi Ruas Jalan Winangun-Malalayang appeared first on Fajar Manado.

]]>
Manado, Fajarmanado.com — Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE turun mengecek kesiapan jalur 11,4 Kilometer yang bakal jadi lokasi pembangunan ruas jalan Winangun-Malalayang, Kota Manado, Selasa (21/5/2019) siang.

Turun didampingi Sekdaprov Edwin Silangen, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Gubernur Olly mendapat penjelasan kesiapan ruten proyek yang dikenal dengan sebutan Manado Outer Ring Road (MORR) III dari pihak BPN, BPJN XV dan instansi teknis terkait.

Gubernur Oly mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut akan terus menggenjot pembangunan MORR III Winangun-Malalayang sepanjang 11,4 kilometer untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Manado.

Seperti diketahui, awal bulan Mei ini Gubernur Sulut bertemu dan menyerahkan proposal usulan pembangunan MORR III kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas RI Bambang Brodjonegoro di Jakarta.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menjelaskan bahwa pembangunan MORR III sangan urgen diwujudkan untuk mengurai kemacetan dalam Kota Manado selama ini.

Kemacetan panjang kerap kali tak bisa dihindarkan mulai dari jalur Malalayang-Bahu dan pusat kota sampai di Winangun, ujung barat Ring Road.

Sebagai contoh, dari arah Malalayang akan ke bandara, arah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Tomohon selama ini harus melintasi pusat kota.

Begitu juga sebaliknya, dari arah Mapanget, Paal Dua, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Tomohon yang hendak ke Malalayang dan Tateli.

Namun, apabila MORR III sudah dibangun maka semua tidak lagi terpaksa melintasi jalan di pusat kota, tapi dapat menggunakan jalur cepat MORR III.

Ketika melakukan peninjauan kembali, Gubernur Olly memberi sinyal apabila pembangunan MORR III telah mendapat green light segera direalisasikan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Karena itulah, Gubernur mengharapkan dukungan dan peranserta seluruh masyarakat Sulut, terutama para pemilik tanah yang masuk dalam jalur MORR III sepanjang 11,4 kilometer agar proyek ini dapat berjalan lancar.

“Saya ajak semua pihak untuk selalu mendukung pelaksanaan program pembangunan Sulut di tahun 2019 ini,” pinta Olly.

Penulis: Herly Umbas

The post Gubernur Olly Cek Jalur 11,4 Km Bakal Lokasi Ruas Jalan Winangun-Malalayang appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/21/gubernur-olly-cek-jalur-114-km-bakal-lokasi-ruas-jalan-winangun-malalayang/feed/ 0
Pekerjaan Dana Desa Towuntu Sudah Mulai Di Kerjakan Dan Penggunaan Semakin Transparan http://fajarmanado.com/2019/05/21/pekerjaan-dana-desa-towuntu-sudah-mulai-di-kerjakan-dan-penggunaan-semakin-transparan/ http://fajarmanado.com/2019/05/21/pekerjaan-dana-desa-towuntu-sudah-mulai-di-kerjakan-dan-penggunaan-semakin-transparan/#respond Tue, 21 May 2019 05:36:25 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53711 Pasan, Fajarmanado.com — Pembangunan infrastruktur di desa towuntu kecamatan pasan terus digenjot oleh pemerintah desa, melalui pembangunan drainase tertutup yang di biayai oleh dana desa tahap Satu tahun 2019. Hukum tua desa towuntu kecamatan Pasan Jolly Engka menjelaskan pekerjaan drainase tertutup di desa towuntu sudah mulai dengan pekerjaan. “Untuk pekerjaan pembuatan drainase tertutup dimulai pekerjaan […]

The post Pekerjaan Dana Desa Towuntu Sudah Mulai Di Kerjakan Dan Penggunaan Semakin Transparan appeared first on Fajar Manado.

]]>
Pasan, Fajarmanado.com — Pembangunan infrastruktur di desa towuntu kecamatan pasan terus digenjot oleh pemerintah desa, melalui pembangunan drainase tertutup yang di biayai oleh dana desa tahap Satu tahun 2019.

Hukum tua desa towuntu kecamatan Pasan Jolly Engka menjelaskan pekerjaan drainase tertutup di desa towuntu sudah mulai dengan pekerjaan.

“Untuk pekerjaan pembuatan drainase tertutup dimulai pekerjaan hari ini selasa (21/5/2019) dan ibadah peletakan batu pertama di pimpin oleh Ketua jemaat Moria Towuntu wilayah Pasan Pdt.Jein Kimbal Mangkey Mth,” Ujar Engka.

Lebih lanjut Engka Mengatakan untuk pekerjaan drainase tertutup di desa towuntu direncanakan selesai pekerjaan ini akan selesai 3 minggu.

“Untuk pekerjaan drainase tertutup ini dikerjakan oleh masyarakat yang di jaga 1 sampai 4.setiap jaga 15 orang dilibatkan dalam pekerjaan ini,” Kata Engka.

Engka juga menambahkan Penggunaan Dana Desa (Dandes) Tahap 1 di Tahun 2019, sudah mulai pengerjaannya.Baik membangun drainase maupun trotoar. Penggunaan Dandes juga semakin transparan. Masyarakat tidak perlu bertanya-tanya berapa total pemasukan Dandes dan untuk apa.

Engka juga membeberkan pihaknya akan melaporkan penggunaan Dandes dalam pelaksanaan ibadah di rumah gereja.

“Penggunaan Dandes akan terus kita laporkan, baik dalam peribadatan maupun dalam pertemuan rapat jaga, atau pertemuan yang melibatkan banyak orang,” ungkap Engka kepada sejumlah awak media selasa (21/5/201).

Laporan tersebut diinstruksikan langsung oleh Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap kepada seluruh hukum tua di daerah yang dipimpinnya. “Setiap pemimpin desa wajib melaporkan penggunaan anggaran di rumah-rumah ibadah. Baik di mesjid maupun di gereja. Sehingga masyarakat tahu dan tidak bertanya-tanya terkait penggunaan Dandes,” ungkap Sumendap.

Bukan hanya itu, Bupati James Sumendap juga menempatkan tim inspektor di masing-masing desa, untuk mengawasi anggaran desa yang tidak sedikit.

“Selain masyarakat yang harus menjadi pengawas di setiap desa, saya juga menempatkan tim inspektor di setiap desa untuk mengawasi, dan melaporkan hasil pengawasannya langsung kepada saya,” ungkapnya.

Penulis : Didi Gara

The post Pekerjaan Dana Desa Towuntu Sudah Mulai Di Kerjakan Dan Penggunaan Semakin Transparan appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/21/pekerjaan-dana-desa-towuntu-sudah-mulai-di-kerjakan-dan-penggunaan-semakin-transparan/feed/ 0
Olly Yakin TPID Mampu Kendalikan Inflasi Sulut Hadapi Idul Fitri Berkat Ini http://fajarmanado.com/2019/05/21/olly-yakin-tpid-mampu-kendalikan-inflasi-sulut-hadapi-idul-fitri-berkat-ini/ http://fajarmanado.com/2019/05/21/olly-yakin-tpid-mampu-kendalikan-inflasi-sulut-hadapi-idul-fitri-berkat-ini/#respond Mon, 20 May 2019 17:42:01 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53700 Manado, Fajarmanadi.com — Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE optimis Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulut mampu mengendalikan inflasi utamanya dalam pengendalian ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga menghadapi haei raya Idul Fitri 2019. Gubernur Olly mengatakan, deflasi pada bulan April sebesar 1,27 persen merupakan tabungan yang baik menghadapi Idul Fitri nanti. “Angka ini […]

The post Olly Yakin TPID Mampu Kendalikan Inflasi Sulut Hadapi Idul Fitri Berkat Ini appeared first on Fajar Manado.

]]>
Manado, Fajarmanadi.com — Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE optimis Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulut mampu mengendalikan inflasi utamanya dalam pengendalian ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga menghadapi haei raya Idul Fitri 2019.

Gubernur Olly mengatakan, deflasi pada bulan April sebesar 1,27 persen merupakan tabungan yang baik menghadapi Idul Fitri nanti.

“Angka ini juga memotivasi kita meraih pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 hingga 6,7 persen dan inflasi 2,7 plus minus 1 persen pada tahun ini,” katanya saat menghadiri rapat koordinasi High Level Meeting (HLM) TPID Provinsi Sulut di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Manado, Senin (20/5/2019) siang.

Dikatakan, sejak dibentuknya TPID Sulut, tingkat inflasi dari tahun ke tahun di daerah Nyiur Melambai menunjukkan perkembangan sangat baik.

“Karena dapat menjaga inflasi, kita mendapatkan satu penghargaan inflasi terbaik se Sulawesi. Inilah yang harus dijaga. Karena, untuk apa pertumbuhan ekonomi tinggi, jika inflasi juga tinggi. Maka hal itu tidak ada nilainya,” tandas Olly.

Karena itulah, Olly kembali mengingatkan TPID untuk mewaspadai gejolak harga Barito (Bawang, Rica, Tomat) yang biasa terjadi menjelang Idul Fitri dan perayaan keagamaan lainnya.

“Komoditi Barito perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan inflasi. Saya yakin TPID mampu menjaga inflasi,” tandasnya.

Untuk membantu pengendalian harga rica (cabe), gubernur mengungkapkan bahwa Pemprov Sulut akan mendatangkan pasokan cabai dari Surabaya.

Langkah ini untuk menstabilkan harga cabai yang sempat menyentuh harga 120 ribu rupiah per kilogram di pasaran umum.

“Intervensi hanya untuk stabilitas harga. Artinya jangan sampai lebih dari 50 ribu rupiah per kilogram. Makanya pasokan dilakukan hanya sebesar 20 ton per hari,” imbuh Olly.

Olly berkeyakinan bahwa intervensi yang akan dilakukan tidak merugikan petani dan pedagang. Ketika harga sudah stabil maka pasokan akan distop.

HLM TPID Sulut turut dihadiri jajaran Forkopimda, Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Sekdaprov Edwin Silangen dan sejumlah bupati dan wali kota se Sulut.

Penulis: Herly Umbas

The post Olly Yakin TPID Mampu Kendalikan Inflasi Sulut Hadapi Idul Fitri Berkat Ini appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/21/olly-yakin-tpid-mampu-kendalikan-inflasi-sulut-hadapi-idul-fitri-berkat-ini/feed/ 0
Tebas Kepala Tetangga hingga Telinga Terbelah, Aswin Ngumpet http://fajarmanado.com/2019/05/20/tebas-kepala-tetangga-hingga-telinga-terbelah-aswin-ngumpet/ http://fajarmanado.com/2019/05/20/tebas-kepala-tetangga-hingga-telinga-terbelah-aswin-ngumpet/#respond Mon, 20 May 2019 15:24:15 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53697 Ratahan, Fajarmanado.com — AM alias Aswin, tersangka pelaku pembunuhan tetangganya sendiri, Ari Kongingi di Kelurahan Wawali, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara ini dikabarkan gemetaran seusai beraksi pada Sabtu (18/5/2019) malam. Aswin dikenal sebagai seorang yang tempramental. Pria berusia 52 tahun ini, dikenal suka buat keributan. Apalagi jika sudah menegak minuman keras. Kebiasaan […]

The post Tebas Kepala Tetangga hingga Telinga Terbelah, Aswin Ngumpet appeared first on Fajar Manado.

]]>
Ratahan, Fajarmanado.com — AM alias Aswin, tersangka pelaku pembunuhan tetangganya sendiri, Ari Kongingi di Kelurahan Wawali, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara ini dikabarkan gemetaran seusai beraksi pada Sabtu (18/5/2019) malam.

Aswin dikenal sebagai seorang yang tempramental. Pria berusia 52 tahun ini, dikenal suka buat keributan. Apalagi jika sudah menegak minuman keras.

Kebiasaan mengkonsumsi minuman keras dan perangai temperamental itulah yang membuat ayah dua anak perempuan ini beberapa kali berurusan dengan polisi.

“Tapi tak sempat diproses sampai sidang,” kata Kapolsek Ronny Tumalun kepada Fajarmanado.com, Senin (20/5/2019).

Malam berdarah itu terjadi berawal dari niatan Aswin untuk mengkonsumsi minuman keras. Saat itu, dia datang di rumah korban Ari Kongingi untuk membeli cap tikus, minuman keras tradisional ini.

Ketika menyampaikan niatnya, Ari meladeni. Sekadar basa basi, sambil menuangkan cap tikus, Ari bertanya kapan anak perempuan Aswin akan menikah.

Ari melontarkan pertanyaan itu karena tahu persis anak Aswin sudah kelihatan mengandung.

Mendengar pertanyaan tak terduga itu, Aswin bereaksi marah. Dia pun menegaskan supaya Ari tidak mencampuri urusan privasi rumah tangganya.

Tanpa menunggu captikus pesanannya yang tengah dituangkan, Aswin berbalik dan berjalan keluar dari warung Ari.

Melihat reaksi pria tetangga yang tinggal di seberang rumahnya itu, Ari pun menyusul dan bertanya kenapa Aswin tersinggung.

Adu mulut pun terjadi. Bahkan, ketika warga sekitar mencoba melerai, Aswin tidak menggubris. Termasuk, kepala lingkungan setempat yang datang kemudian.

Meski begitu, Aswin masuk ke dalam rumahnya. Sementara, korban Ari tak beranjak dari depan warungnya.

Tanpa ada yang menduga dan mengawasi, tiba-tiba terdengar benturan keras dan seorang pria telah tergelak bersimbah darah di jalan raya, depan warung.

Darah bercucuran dari pria yang diketahui tak lain adalah Ari, pemilik warung itu. Bagian kiri kepalanya tampak luka menganga mulai dari telinga yang terbelah dua secara horisontal.

Sementara Aswin berdiri di dekat korban sambil memegang parang jenis badung yang telah bersimbah darah.

Tak ada yang berani mendekati Aswin yang menurut saksi mata wajahnya saat itu terlihat pucat pasi. Ia pun kemudian, berjalan kembali masuk ke dalam rumahnya.

Tak berselang beberapa saat, sejumlah personil Polsek Ratahan tiba di lokasi.

Pencarian terhadap tersangka pun ramai dilakukan bersama dengan masyarakat karena Aswin tak berada lagi di dalam rumahnya.

Namun, parang yang digunakan tersangka menebas tetangganya telah ditinggal di dalam rumah.

“Pengakuan anak tersangka, ayahnya sudah ke luar rumah tapi tak bilang akan kemana. Kemungkinan, pergi ke kebun,” ujar Kapolsek Ronny Tumalun.

Beberapa saat kemudian, seorang anggota Polsek Ratahan yang menggunakan senter, melihat ada seseorang yang ngumpet di antara dua rumah penduduk yang berdempetan. Ia tak lain adalah Aswin.

“Ketika ditangkap, tersangka gemetaran dan tidak melakukan perlawanan,” kata Tumalun, yang mantan Kapolsek Langowan dan Kawangkoan ini.

Sementara itu, nyawa korban Ari tak bisa tertolong. Korban yang dirujuk dari Puskesmas Ratahan ke RSUD Noongan dikabarkan meninggal dunia pada pukul 00.30 Wita, Minggu (18/5/2019) dini pagi.

Penulis: Didi Gara

Editor   : Herly Umbas

The post Tebas Kepala Tetangga hingga Telinga Terbelah, Aswin Ngumpet appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/20/tebas-kepala-tetangga-hingga-telinga-terbelah-aswin-ngumpet/feed/ 0
Dibuka Gubernur Sulut, Eman Hadiri High Level Meeting http://fajarmanado.com/2019/05/20/dibuka-gubernur-sulut-eman-hadiri-high-level-meeting/ http://fajarmanado.com/2019/05/20/dibuka-gubernur-sulut-eman-hadiri-high-level-meeting/#respond Mon, 20 May 2019 14:13:29 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53690 Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie EmanSE.Ak CA mengahadiri kegiatan Hight Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Aula Bank Indonesia Sulawesi Utara, Manado, Senin (20/5/2019). Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubenur Provinsi Sulut Olly Dondokambey, SE, didampingi Ketua DPRD Sulut Andey Angouw dan Kepala Bank Indonesia Provinsi […]

The post Dibuka Gubernur Sulut, Eman Hadiri High Level Meeting appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie EmanSE.Ak CA mengahadiri kegiatan Hight Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Aula Bank Indonesia Sulawesi Utara, Manado, Senin (20/5/2019).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubenur Provinsi Sulut Olly Dondokambey, SE, didampingi Ketua DPRD Sulut Andey Angouw dan Kepala Bank Indonesia Provinsi Sulut.

Sementara itu, Wali Kota Jimmy Eman menjelaskan tentang ketersediaan dan stabilitas harga Barito (Bawang, Rica, Tomat), Roadmap pengendalian inflasi daerah Sulawesi utara 2019- 2021, pencanangan program barito 4.0 dengan tim penggerak PKK, perkembangan dan prospek inflasi, peran penting TPID Sulawesi Utara dalam pengendalian inflasi serta upaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulut.

Turut hadir, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara, Walikota/Bupati se Provinsi Sulut.

Penulis: Peokla Mambo

The post Dibuka Gubernur Sulut, Eman Hadiri High Level Meeting appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/20/dibuka-gubernur-sulut-eman-hadiri-high-level-meeting/feed/ 0
Irup di Harkitnas, Jimmy Eman Bacakan Sambutan Menkominfo http://fajarmanado.com/2019/05/20/irup-di-harkitnas-jimmy-eman-bacakan-sambutan-menkominfo/ http://fajarmanado.com/2019/05/20/irup-di-harkitnas-jimmy-eman-bacakan-sambutan-menkominfo/#respond Mon, 20 May 2019 14:07:14 +0000 http://fajarmanado.com/?p=53686 Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Jimmy Feldie Eman SE.Ak CA menilai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 saat ini sangat relevan dengan makna teks Sumpah Palapa karena sumpah ini merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan bangsa Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi inspektur upacara (Irup) pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) […]

The post Irup di Harkitnas, Jimmy Eman Bacakan Sambutan Menkominfo appeared first on Fajar Manado.

]]>
Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Jimmy Feldie Eman SE.Ak CA menilai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 saat ini sangat relevan dengan makna teks Sumpah Palapa karena sumpah ini merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan bangsa Indonesia.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi inspektur upacara (Irup) pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 Tahun 2019, di Lapangan Babe Palar Tomohon, Senin (20/5/2018).

Mengutip sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara, Jimmy Eman mengatakan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang mampu menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad dengan cara gotong royong.

Ia mengatakan, semangat yang telah mengakar dan menyebar diseluruh Nusantara ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat diseluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia.

“Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional, sebagai sesama anak bangsa kita diajak untuk memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” ujar Jimmy Eman.

Selanjutnya, Wali Kota Jimmy Eman didampingi Ketua DPRD Ir Miky Junita Linda Wenur MAP dan Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc menyerahkan Surat Keputusan pensiun dan kenaikan pangkat kepada beberapa ASN di lingkup Pemkot Tomohon.

Turut hadir, para pejabat jajaran Pemkot Tomohon, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor, Danramil Tomohon Kapten Inf Sulistyo, bersama para tokoh agama dan masyarakat, serta peserta upacara dari unsur pegawai ASN bersama pegawai tenaga kontrak, BUMD, serta para siswa siswi perutusan sekolah di Kota Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

The post Irup di Harkitnas, Jimmy Eman Bacakan Sambutan Menkominfo appeared first on Fajar Manado.

]]>
http://fajarmanado.com/2019/05/20/irup-di-harkitnas-jimmy-eman-bacakan-sambutan-menkominfo/feed/ 0