Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Gubernur Olly Teken Pemberhentian Bupati Manalip, Hari Ini Tiba di Kantor Kemendagri - Fajar Manado

Gubernur Olly Teken Pemberhentian Bupati Manalip, Hari Ini Tiba di Kantor Kemendagri

Gubernur Olly Teken Pemberhentian Bupati Manalip, Hari Ini Tiba di Kantor Kemendagri
Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Manalip, SE. Foto: Ist.
Manado, Fajarmanado.com — Gelombang demo massal Aliansi aparatur sipil negara  dan tenaga harian lepas (ASN-THL) Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) terhadap kebijakan Bupati Sri Mahyumi Manalip memutasi besar-besaran ASN-THL, akhirnya berbuah manis.

Pasca demo damai di Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus Manado, Rabu (25/7/2018) kemarin, diam-diam Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, merespon keras dugaan pelanggaran undang-undang yang dilakukan Bupati Manalip.

Kabar santer beredar, Gubernur Olly sudah meneken surat usulan ke Kemendagri perihal pemberhentian Bupati wanita yang akrab disebut SWM ini.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas, Drs Jemmy Kumendong MSi tak menafikkan kabar ini. Ditemui wartawan di Manado, Kumendong membenarkan surat usulan Gubernur ke Kemendagri untuk memberhentikan Bupati SWM tersebut.

Baca Juga :  Di Depan Ketua MA, Olly Sebut Sulut Akan Bentuk Pengadilan Terpadu dan Pusat Pendidikan di Intim

Bahkan, meski tidak menyebut nomor surat sakti itu, ia mengungkapkan bahwa surat usulan pemberhentian itu siap dibawa langsung ke Jakarta.

“Surat usulan pemberhentian itu besok (hari ini) sudah sampai ke Kemendagri,” ujarnya, seperti dilansir dari laman  tribunmanado.co.id.

Kumendong menjelaskan, kesalahan SWM sudah lewat batas. Ddari sisi UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, Bupati SWM sudah melakukan pelanggaran terhadap UU karena mutasi yang dilakukannya terakhir ini tidak mendapat izin Mendagri.

Baca Juga :  Gubernur Olly Ajak Bantu dan Doakan Korban Bencana Alam Palu dan Donggala

“Kepala daerah bisa diberhentikan jika melanggar UU,” kata Kumendong.

Seperti diberitakan, Bupati SWM yang kalah bertarung di Pilkada serentak 2018, melakukan mutasi besar-besaran pada Kamis, 19 Juli 2018. Tak hanya guru-guru dan THL yang kena mutasi, para pejabat eselon II, IIi dan IV juga ikut diberhentikan dan diserahterimskan jabatan mereka.

Tak heran, dua kali demo damai di Melongguane, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Talaud dan sekali di Kantor Gubernur Sulut di Manado, selalu dipimpin oleh para mantan pejabat eselon II.

Penulis: Briet Maga

Editor   : Herly Umbas

 

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan