Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Jelang Natal, Pemkot Tomohon Gelar Operasi Pasar dan Sweeping Bapok

Jelang Natal, Pemkot Tomohon Gelar Operasi Pasar dan Sweeping Bapok
Asisten Administrasi Pemkot Tomohon, Ronni S Lumowa, SSos, MSi
Tomohon, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2017 akan rutin memantau ketersediaan bahan kebutuhan pokok (Bapok) menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Termasuk, melakukan sweeping di semua pasar, tak terkecuali pasar swalayan dan toko-toko terhadap kemungkinan menjual barang-barang yang sudah kedaluarsa atau expired,” kata Wali Kota Jimmy Feldie Eman SE Ak.

Penegasan ini disampaikan Wali Kota, diwakili Asisten II, Bidang Perekonomian, Ronni S Lumowa SSos MSi ketika memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tahun 2017 bertempat di Gedung Ex DPPKBMD Kota Tomohon, Kamis (07/12/2017).

Untuk menggendalikan harga Bapok, katanya, Pemkot telah mempersiapkan operasi melalui pasar murah agar para spekulan tidak leluasa memainkan harga, terutama atas bahan-bahan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Dalam sambutan yang dibacakan Lumowa, Wali Kota Eman kembali menjelaskan bahwa TPID di kabupaten kota telah diberikan tugas berdasarkan Keputusan Mendagri No 500.05.8135 tahun 2017 untuk melakukan pengumpulan data dan informasi, termasuk perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan penting serta jasa pada tingkat kabupaten kota.

TPID diberi tugas menyusun kebijakan pengendalian inflasi di daerah yang arah kebijakannya berpedoman dan memperhatikan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah melalui tim pengendalian inflasi nasional (TPIN) dan pada level provinsi.

TPID juga diharapkan mampu melaksanakan tugas dalam upaya memperkuat sistem logistik di daerah bersama dengan instansi dan lembaga dan senantiasa melakukan fungsi koordinasi dengan TPIN dan provinsi dalam melakukan langkah-langkah strategis terhadap penyelesaian hambatan dan permasalahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi di daerah agar supaya inflasi di daerah dapat terkendali dengan baik.

Seiring dengan itu, lanjut dia, di setiap daerah TPID memiliki Pokja (Kelompok Kerja). “Khusus di Kota Tomohon dalam penjabaran struktur permendagri ini, telah mengalami perubahan susunan Tim yang dilengkapi dengan Pokja ketersediaan dan distribusi pangan, Pokja informasi dan komunikasi serta Pokja kerjasama. Masing-masing Pokja memiliki tugas berbeda-beda,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Harni Korompis SE melaporkan bahwa kegiatan tersebut untuk mengkoordinasikan pelaksanaan TPID Kota Tomohon dan merumuskan mekanisme dan tata kerja TPID Kota Tomohon.

Tampak hadir para narasumber Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri pada Disperindah Sulut Ir Hanny Wajong MSi, Mewakili Bank Indonesia Zulham Effendy, Kepala BPS Kota Tomohon Hirsfeid Manullang SSi MSi, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Tomohon Sugandi Mokoagouw SH dan para peserta.

Penulis: Prokla Mambo

Editor   : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan