Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Jelang Pilkada, Dinas Dukcapil Pacu Perekaman e-KTP - Fajar Manado

Jelang Pilkada, Dinas Dukcapil Pacu Perekaman e-KTP

Jelang Pilkada, Dinas Dukcapil Pacu Perekaman e-KTP
Tondano, Fajarmanado.com – Jelang pesta demokrasi Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 dan tahalan proses Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Minahasa memacu perekaman dan penerbitan  Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Pasalnya, kepemilikan identitas KTP berbasis online ini adalah syarat mutlak bagi masyarakat untuk bisa menyalurkan hak konstitusi sebagai pemilih. Untuk itulah, memacu perekaman e-KTP merupakan instruksi langsung dari perintah tingkat pusat.

Hal itu dibeber Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Minahasa, Drs Riviva Maringka MSi. “Kami sementara memacu perekaman dan penerbitan KTP-el. Ini adalah instruksi dari Presiden RI kepada Menteri Dalam Negeri dan ditindaklanjuti semua jajaran di daerah,” ujar Maringka kepada wartawan di Tondano, Senin (16/4/2018).

Baca Juga :  ROR-RD Bakal Programkan Pengadaan Peralatan Darurat di 25 Kecamatan

Kantor Disdukcapil mencatat, dari total jumlah penduduk Kabupaten Minahasa, masih ada enam persen atau 13.000 penduduk yang belum memiliki e-KTP.

“Karena itu pula, selain melakukan pelayanan di kantor Dinas Dukcapil, kami juga terus mengoptimalkan mobil operasional keliling yang terus mobile di 25 Kecamatan yang ada di daerah ini,” jelasnya.

Maringka pun mengharapkan para Hukum Tua (Kumtua) yang merasa kalau di desanya masih banyak warga yang belum melakukan perekaman data e-KTP untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan kemudian dilanjutkan ke pihaknya.

Baca Juga :  Tiba di Kota Palu, Relawan Pemkab Minahasa Segera Sebar Bantuan

“Jadi Kumtua atau pihak kecamatan bisa langsung menghubungi  kami jika wilayahnya butuh pelayanan mobil operasional Dinas Dikcapil. Akan segera kami jadwalkan untuk diti daklanjuti,” tegas Maringka.

“Untuk ketsrsediaan blangko KTP-el masih memadai. Jadi kalau stok tinggal sedikit maka kami melakukan permintaan ke Kementerian Dalam Negeri supaya tidak terjadi kekosongan blangko,” sambung pamong yang familiar dan akrab dengan wartawan ini.

Penulis: Fiser Wakulu

Editor   : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan