Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Kadis PMD Minahasa Bantah Isu Kongkalikong Penyusunan APBDes - Fajar Manado

Kadis PMD Minahasa Bantah Isu Kongkalikong Penyusunan APBDes

Kadis PMD Minahasa Bantah Isu Kongkalikong Penyusunan APBDes
Kadis PMD Minahasa, Djefry Sayow SH
Tondano, Fajarmanado.com — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Minahasa, Djefry Sajow SH menepis isu kongkalingkong atau isu miring yang menerpa instansi yang dipimpinya. Isu tersebut terkait penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Dikatakanya, isu tersebut tidak benar karena dalam aturan, APBDes memang harus dievaluasi oleh pihaknya.

“Dari 227 Desa yang ada di Minahasa, saat ini kami sementara mengevaluasi APBDes dari 61 Desa,” kata Sajow pada Selasa (15/5/2018) tadi dalam evaluasi terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018 di ruang sidang kangor bupati Minahasa.

Baca Juga :  Belum Genap Seminggu, Kebakaran Rumah Terjadi Lagi di Minahasa, Ini Sikap ROR-RD

“Tidak benar bahwa APBDes disusun oleh staf saya di Dinas PMD kemudian dibayar,” tambahnya.

Evaluasi tersebut menurutnya dilakukan untuk melihat sejauh mana penyusunan APBDes apakah sesuai dengan aturan yang berlaku atau tidak.

“Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Desa dan Transmigrasi nomor 19 tahun 2017, tentang Skala Prioritas Penggunaan Dana Desa. Dan turunannya juga sudah dituangkan dalam peraturan bupati,” jelasnya.

Baca Juga :  Banyak Keluhan, Pemkab Minahasa Gelar Rakor Dengan BPJS Kesehatan

Lanjut dikatakanya, evaluasi tersebut juga melibatkan isntansi terkait seperti Inspektorat, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Keuangan, Badan Pengembangan dan Penelitian Pembangunan Daerah, Tenaga Ahli atau Pendampingan Desa dan PMD sendiri.

“Supaya APBDes yang dihasilkan ini benar-benar memenuhi syarat. dimana didalamnya harus ada 30 persen program Padat Karya tunai, yang merupakan program dari dari Presiden. Sedangkan sisanya untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Fiser Wakulu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan