Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Kerjasama Proses Penetapan APBD, SAS Apresiasi Pimpinan dan Anggota DPRD Tomohon - Fajar Manado

Kerjasama Proses Penetapan APBD, SAS Apresiasi Pimpinan dan Anggota DPRD Tomohon

Kerjasama Proses Penetapan APBD, SAS Apresiasi Pimpinan dan Anggota DPRD Tomohon
Tomohon, Fajarmanado.com — DPRD Kota Tomohon menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan penjelasan wali kota mengenai rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Tahun anggaran 2018, di Kantor DPRD Tomohon, Jumat (13/7/2018).

Paripirna dipimpin Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur didampingi Wakil Ketua Caroll Senduk dan Youddy Moningka, sementara Pemerintah Kota (Pemkot) dihadiri Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan.

Wawali syerly memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota Dewan atas kerjasamanya dalam proses penetapan peraturan daerah (Perda).

Proses penetapan Perda perubahan APBD tahun anggaran 2018 ini, katanya, tentu akan melalui beberapa tahapan, dimulai dari tahapan penyampaian rancangan kebijakan umum perubahan APBD serta prioritas dan plafon anggaran sementara perubahan APBD tahun anggaran 2018 kepada DPRD dan akan diikuti dengan tahapan penadatanganan nota kesepakatan antara Wali Kota dan DPRD nantinya.

Baca Juga :  JFE Buka Kegiatan Penyusunan Rancangan KUA dan PPAS

“Perlu diketahui bahwa dalam penyusunannya kami mengedepankan norma-norma, prinsip anggaran, asumsi-asumsi serta arah kebijakan umum dan anggaran yang mengacu pada Permendagri No 59 tahun 2007 tentang perubahan atas Permendagri No 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah dan Permendagri No 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Permendagri No 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah,” jelasnya.

“Secara garis besar kami sampaikan bahwa dalam rancangan kebijakan umum perubahan APBD serta prioritas dan plafon anggaran sementara perubahan APBD 2018 ini, pada sisi pendapatan mengalami kenaikan,” katanya.

Menurut Sompotan, kenaikan bersumber dari komponen lain-lain pendapatan daerah yang sah pada rincian bantuan keuangan dari Provinsi atau pemerintah daerah lainnya.

“Hal ini sesuai dengan dengan yang tertera pada peraturan Gubernur No 2 tahun 2018 tentang pengelolaan dana bantuan keuangan khusus pada pemerintah daerah Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara tahun anggaran 2018,” jelas SAS, sapaan akrab Wawali Tomohon ini.

Baca Juga :  Gelar Rakorev Kecamatan Tomohon Selatan, Wongkar Dorong Kinerja Aparat Menagih Pajak dan Retribusi

Ia menambahkan, meskipun terjadi kenaikan pada komponen belanja tidak langsung, pemerintah tetap mengedepankan prioritas dalam rangka peningkatan infrastruktur di daerah, seperti halnya peningkatan akses menuju rumah sakit daerah serta objek wisata, peningkatan sarana pendidikan dan kesehatan serta prioritas daerah lainnya yang tertata dalam komponen belanja langsung.

Mengakhiri sambutannya, Wawali SAS menyampaikan selaku Pemkot Tomohon berharap kepada pimpinan dan segenap anggota Dewan yang terhormat agar selanjutnya dapat melakukan pembahasan terhadap rancangan kebijakan umum perubahan APBD serta prioritas dan plafon anggaran sementara perubahan APBD tahun anggaran 2018 ini sesuai dengan tahapan dan jadwal serta berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penulis: Prokla Mambo

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan