Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats KIA Sudah Beredar di Minahasa Sejak Awal Bulan Ini - Fajar Manado

KIA Sudah Beredar di Minahasa Sejak Awal Bulan Ini

KIA Sudah Beredar di Minahasa Sejak Awal Bulan Ini
Kadis Dukcapil Minahasa, Riviva Maringka
Tondano, Fajarmanado.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa sudah mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) sejak awal bulan November tahun 2017 ini.

KIA tersebut diperuntukan bagi anak-anak yang masih berusia dibawah 17 tahun. Dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Minahasa, Riviva Maringka, KIA ada berapa jenis.

Jika untuk anak dibawah 5 tahun, saat akan membuat akte kelahiran, akan langsung dibuatkan KIA. Namun KIA tersebut belum menggunakan foto. “Meski belum menggunakan foto, KIA tersebut menggunakan sketsa yang menandakan perempuan atau laki-laki,” ujar Maringka kepada wartawan di Tondano, akhir pekan kemarin.

Baca Juga :  Curi Motor di Langowan, Lelaki Tompaso Baru Dirungkus Polisi

Lanjutnya, jika untuk anak diatas lima tahun, KIA yang akan dibuatkan sudah menggunakan foto. Entah itu langsung difoto di kantor Dinas Dukcapil atau menggunakan pas foto.

“Kemudian bagi anak yang telah memiliki akte kelahiran namun belum punya KIA, bisa langsung membuatnya. Dengan menyiapkan kelengkapan berkas seperti foto copy akte kelahiran, kartu keluarga serta Kartu Tanda Penduduk orang tua,” jelasnya.

Kelebihan anak yang memiliki KIA antaranya, anak sudah punya indentitas yang menjadi hak warganegara, juga sejak kecil anak sudah tahu bahwa mereka sudah punya Nomor Induk Keluarga (NIK) yang melekat sepanjang hayat yang akan dipaki kapanpun dan dimana pun.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Kepada Pemkab Minahasa

Dalam KIA yang berwarna merah muda tersebut tertera nomor induk kependudukan, nomor induk KK, dan nomor induk akte kelahiran, bahkan nama orang tua.

“Di dunia pendidikan juga bisa digunakan untuk data base saat menempuh pendidikan, data tour travel, imigrasi, perbankan, sudah bisa register nomor hp dan beberapa manfaat lainnya,” tegas Maringka.

“Untuk anak diatas 5 tahun, KIA akan digunakan sampai usia 17 tahun kemudian beralih ke KTP elektronik,” tambahnya.

Penulis : Fiser Wakulu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan